Modal Usaha Apotek K-24, Apa Saja yang Dibutuhkan?

Modal Usaha Apotek K-24, Apa Saja yang Dibutuhkan?

  • Feb 17, 2023

Modal merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk disiapkan ketika ingin membuka sebuah usaha. Sebab, apabila Anda tidak memiliki modal, maka sebuah bisnis atau usaha pun tidak bisa berdiri. Lalu kira-kira berapa sih modal usaha apotek jika ingin membuka sebuah bisnis di bidang kesehatan atau farmasi ini?

Berbicara mengenai modal, yang dimaksud ini tidak hanya modal dalam bentuk uang atau dana saja. Sebab, membangun sebuah apotek memerlukan banyak sekali jenis modal, seperti modal ekonomi, modal sosial, modal budaya, dan modal simbolik. Artinya, memerlukan persiapan yang matang untuk bisa mendirikan apotek.

Jenis-jenis Modal Usaha Apotek secara Umum

Banyak orang mengira jika mendengar kata modal maka yang terpikirkan adalah dana, uang, kekayaan, atau investasi. Padahal modal ini banyak sekali bentuknya dan memang penting untuk mendapatkan apa yang diinginkan, seperti memulai sebuah usaha.

Ada beberapa modal yang perlu dipersiapkan jika Anda ingin membuka bisnis dalam bidang apotek. Semakin banyak Anda memiliki modal-modal ini, semakin mudah pula untuk bisa memulai dan mengelola apotek. Berikut beberapa jenis modal yang belum banyak diketahui orang tetapi sangat penting untuk kehidupan sehari-hari:

a. Modal Ekonomi

Kapital ekonomi adalah modal yang tidak asing di telinga karena ada bentuknya dan mudah untuk dikonversikan. Jenis modal ini berupa tingkat kepemilikan Anda terhadap pendapatan atau kekayaan yang bersifat material.

Selain itu, modal ekonomi bersifat independen dan fleksibel karena bisa bertransformasi ke bentuk modal lainnya.Contoh dari modal ekonomi adalah alat-alat produksi (tanah, tenaga kerja, mesin, peralatan), materi (pendapatan, aset), dan uang.

b. Modal Sosial

Selanjutnya, Anda memerlukan modal usaha apotek dalam bentuk jaringan sosial atau hubungan dengan orang lain. Singkatnya, modal sosial termanifestasikan dalam bentuk hubungan Anda dengan orang lain yang dirasa memiliki sebuah kuasa.

Seperti yang telah dijelaskan dalam ulasan usaha apotek untuk pemula, Anda memerlukan supplier obat dan beberapa orang ahli untuk membuka usaha. Adanya hubungan sosial dengan berbagai pihak memungkinkan Anda untuk saling bertukar manfaat atau keuntungan.

Oleh karena itu, melalui hubungan sosial ini Anda bisa menjalankan kerja sama yang saling menguntungkan.

c. Modal Budaya

Kapital yang satu ini tidak bisa Anda dapatkan begitu saja, memerlukan waktu yang panjang untuk memperolehnya. Sebab, modal budaya termanifestasikan dalam bentuk kepintaran, kreativitas, keahlian, dan kapasitas akan pengetahuan.

Modal budaya sebenarnya terbentuk sejak Anda masih kecil dan dibangun oleh keluarga serta institusi pendidikan. Dalam kasus ini, pengetahuan mengenai farmasi, bisnis, hukum, serta keahlian dalam mengelola usaha dan mengambil keputusan berperan penting.

d. Modal Simbolik

Ketika sudah mendapatkan ketiga jenis modal di atas, maka Anda memiliki modal simbolik sebagai modal usaha apotek yang terakhir. Seseorang yang sudah memiliki modal simbolik berarti memiliki kuasa atau kekuatan sosial.

Modal ini ditunjukkan dengan derajat akumulasi prestise, kehormatan, dan ketersohoran. Artinya, Anda mempunyai power atas apa yang akan Anda bangun, dalam kasus ini usaha apotek.

Modal Usaha Apotek K-24 dengan Sistem Waralaba

Dari banyaknya modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha apotek, Anda bisa menemukannya lewat waralaba Apotek K-24. Menggunakan franchise Apotek K-24 dapat mempermudah untuk memulai usaha di bidang farmasi ini.

Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk investasi paling tidak Rp 1,2 miliar. Melalui dana tersebut, Anda sudah bisa menggunakan brand Apotek K-24 sebagai modal simbolik. Selain itu, Anda tidak perlu mempersiapkan modal ekonomi, modal sosial, dan modal budaya di atas jika bergabung dengan waralaba Apotek K-24.

Sebab, berbagai kebutuhan seperti rekrutmen staff, supplier obat, logistik, kebutuhan tempat, hingga perizinan akan dibantu oleh pihak franchise. Tidak hanya itu saja, masih ada pemeliharaan bisnis sehingga usaha tetap bisa berlangsung dalam waktu lama.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha bersama Apotek K-24, segera hubungi Hotline waralaba: 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 karena masih ada promo menarik dari waralaba apotek.  

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat