Tidak Melulu tentang Usaha Makanan, Inilah Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

Tidak Melulu tentang Usaha Makanan, Inilah Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

  • Feb 23, 2023

Secara skema kerja sama dan kemitraan, usaha waralaba atau franchise kini menjadi primadona dan banyak disukai. Istilah waralaba atau franchise sendiri sudah ada sejak tahun 1840. Hal ini pun selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Lalu sebenarnya apa sih pengertian waralaba menurut para ahli?

Mungkin masih banyak orang yang hanya mengetahui franchise itu bisnis dalam bentuk makanan atau minuman saja. Padahal tidak hanya makanan dan minuman, usaha waralaba atau franchise ini dapat masuk dalam bidang apa saja, kesehatan contohnya. Sebab, istilah franchise sendiri memiliki arti yang sangat luas, tidak hanya sekadar bisnis makanan atau minuman.

Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

Secara umum, waralaba adalah hubungan kerja sama yang kontraktual antara pemberi waralaba (franchisor) dengan penerima waralaba (franchisee). Kerja sama ini dalam bentuk pemberian hak lisensi, di mana menekankan pada kewajiban untuk menggunakan sistem, tata cara, strategi pemasaran, dan metode yang telah ditentukan.

Perkembangannya yang sudah lebih dari 1 abad, pastinya sudah banyak para ahli yang meneliti atau berpendapat mengenai waralaba. Berikut ini beberapa pendapat para ahli mengenai sebenarnya apa itu waralaba atau franchise:

Charles L. Vaughn

Seorang pemikir bernama Charles L. Vaughn mengatakan bahwa waralaba atau franchise adalah bentuk kegiatan pemasaran hingga distribusi, di mana suatu perusahaan memberi hak untuk menjalankan bisnis dengan tempat tertentu terhadap individu atau perusahaan yang relatif lebih kecil.

Douglas J. Queen

Melalui bukunya, Douglas J. Queen menyebutkan bahwa franchise adalah sebuah metode perluasan pemasaran dan bisnis. Pemegang waralaba yang membeli usaha menarik keuntungan dari kesadaran pelanggan akan nama dagang (brand), sistem, dan pelayanan lain yang sudah disediakan pemilik waralaba.

Dominique Villemont

Pengertian waralaba menurut para ahli yang bernama Dominique Villemont menyatakan bahwa waralaba adala cara melakukan kerja sama di bidang bisnis antara dua atau lebih perusahaan. Satu pihak akan bertindak sebagai franchisor dan pilah lainnya sebagai franchisee.

Di dalam kerja sama itu pun diatur bahwa franchisor sebagai pemilik brand akan memberikan haknya kepada franchisee untuk melakukan usaha.

Harjowidigdo

Menurut Harjowidigdo, waralaba merupakan kerja sama di bidang perdagangan atau jasa yang dipandang sebagai cara untuk mengembangkan usaha di lokasi lainnya. Di mana franchisor akan mendapatkan keuntungan secara ekonomi karena mendapat management fee dan barang produksinya bisa tersebar luas

International Franchise Association

Organisasi untuk franchisor ini mengatakan bahwa franchise adalah hubungan kontraktual antara franchisee dengan franchisor yang berkewajiban untuk menjaga minat dan melanjutkan usaha di tempat lain.

Penawaran waralaba ini berisikan bagaimana usaha berjalan, pelatihan untuk tenaga kerja, format atau prosedur pengendalian franchisor, dan lain sebagainya.

Apotek K-24 sebagai Waralaba Apotek di Indonesia

Melalui penjelasan pengertian waralaba menurut para ahli di atas, dapat Anda ketahui bahwa franchise bukan hanya usaha untuk makanan dan minuman saja. Artinya, waralaba juga bisa masuk ke bidang lainnya, seperti Apotek K-24 di bidang kesehatan, penyediaan obat dan alat kesehatan tepatnya.

Jika tertarik untuk membuka usaha waralaba, Anda bisa bergabung dengan Apotek K-24. Caranya mudah sekali, hubungi saja Hotline waralaba: 081212012424 atau akun instagram @franchisek24.

  

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat