Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan Waralaba dengan Detail!

Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan Waralaba dengan Detail!

  • Feb 25, 2023

Banyak pengusaha pemula yang memulai usahanya dengan cara membeli dan mengelola waralaba. Tentu tidak semua usaha akan berjalan dengan lancar, ada yang memang sukses ada juga yang justru gulung tikar. Oleh karena itu, jelaskan kelebihan dan kekurangan waralaba ini sangat penting diketahui sebelum memutuskan untuk memilih usaha.

Secara singkat, waralaba merupakan kerja sama dalam bentuk pemberian hak lisensi yang menekankan pada kewajiban untuk menggunakan sistem, tata cara, hingga strategi pemasaran. Kerja sama ini bersifat kontraktual antara pemberi waralaba (franchisor) dengan penerima waralaba (franchisee).

Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan Waralaba

Mempunyai usaha sendiri pasti menjadi impian banyak orang. Namun, terdapat beberapa kendala dalam memulai sebuah usaha bagi sebagian orang, seperti sumber daya, ide, dan strategi pemasaran. Oleh karena itu, waralaba sebenarnya bisa menjadi jalan bagi pengusaha yang masih pemula.

Namun, setiap sistem bisnis yang sedang dijalankan pasti mempunyai keuntungan dan kekurangan masing-masing. Begitu pula dengan waralaba, ada kekurangan maupun kelebihan yang harus diketahui sebelum memilihnya.

Apa saja? Berikut jelaskan kelebihan dan kekurangan waralaba:

a. Kelebihan Waralaba

Secara umum, kelebihan waralaba ini datang dari kemudahan dalam memulai usaha. Sebab, Anda hanya perlu menyiapkan modal uang yang diperlukan untuk membayar waralaba. Setelahnya, Anda akan mendapatkan keperluan yang dibutuhkan. Di bawah ini adalah kelebihan waralaba lebih jauhnya:

  • Manajemen bisnis yang telah terbangun dan rapi sehingga mudah untuk dijalankan. Selain itu, waralaba ini memiliki pasar yang stabil, strategi pemasaran yang matang, dan juga reputasi yang baik.

  • Brand atau nama yang sudah dikenal masyarakat luas karena sudah mendapatkan pasarnya. Artinya, beberapa waralaba sudah memiliki konsumen sehingga pembeli waralaba tidak perlu memikirkan strategi pemasaran dan analisis pesaing.

  • Kerja sama dengan pihak lain sudah otomatis terbangun. Sebab, franchisor berkewajiban memberikan dukungan berupa persediaan sumber daya, manajemen finansial, dan pemasaran.

  • Memiliki peluang sukses yang lebih cepat karena sudah mendapatkan liputan dari berbagai media. Selain itu, perhitungan antara biaya modal dengan kebutuhan usaha sudah terhitung dengan matang.

  • Pengaturan keuangan menjadi lebih mudah karena sistem sudah diberikan oleh franchisor.

b. Kekurangan Waralaba

Usaha dengan waralaba memang mempunyai banyak keuntungan. Namun, setiap sistem pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan apa saja kekurangan yang mungkin dibawa oleh waralaba.

Berikut adalah beberapa kekurangan dalam menjalankan usaha waralaba:

  • Pihak yang membeli waralaba akan memiliki kekurangan dalam mengendalikan bisnisnya. Sebab, sistem sudah ditentukan oleh franchisor sehingga ruang gerak menjadi terbatas.

  • Bagi produk yang hanya mengikuti tren, maka pembeli waralaba akan terjebak dalam tren pasar. Hal ini membuat perilaku konsumen berubah-ubah.

  • Memiliki ketergantungan dengan reputasi waralaba yang lainnya.

  • Membutuhkan modal awal yang mungkin lebih banyak.

  • Adanya pemotongan keuntungan karena pembeli waralaba harus membayar royalti kepada pemberi waralaba.

Berwaralaba dengan Apotek K-24

Itulah beberapa penjelasan atau jelaskan kelebihan dan kekurangan waralaba. Walaupun waralaba mempunyai keuntungan dan kekurangan masing-masing, tapi jangan sampai memadamkan semangat untuk membuka usaha dengan waralaba.

Anda pun dapat memulai usaha waralaba bersama Apotek K-24, usaha yang tidak akan pernah sepi karena menyediakan kebutuhan primer dari masyarakat. Apabila Anda tertarik, segera hubungi Hotline waralaba: 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat