Bagaimana Cara Membeli Franchise yang Baik?

Bagaimana Cara Membeli Franchise yang Baik?

  • March 02, 2023

Memulai usaha dengan waralaba atau franchise mungkin bisa menjadi cara terbaik bagi para wirausaha yang tidak ingin susah dalam membangun brand. Selain sistemnya sudah tertata dengan rapi, franchise juga memberikan beberapa kemudahan bagi pembelinya atau orang yang ingin memulai usaha. Namun, bagaimana sih cara membeli franchise yang tepat?

Walaupun terbilang mudah untuk dikelola, memilih dan membeli franchise ini tidak sesederhana yang Anda lihat. Seperti jika ingin membeli suatu barang, Anda pasti harus mempertimbangkan apa saja kelebihan dan kekurangan dari satu produk dengan produk lainnya. Hal ini salah satu usaha dalam meminimalisir kerugian yang mungkin akan Anda dapatkan.

6 Cara Membeli Franchise

Merencanakan sebuah usaha dari nol memang membutuhkan waktu yang lama. Hal inilah yang membuat para pemula dalam dunia bisnis lari pada usaha waralaba karena kemudahan dalam memulainya.

Kendati demikian, membeli franchise juga membutuhkan pertimbangan yang baik. Berikut beberapa tips dalam membeli waralaba yang baik:

a. Melakukan Riset

Riset sangat diperlukan karena bisa membantu Anda dalam memilih brand sehingga tidak gagal dalam mengelola franchise. Oleh karena itu, sebelum membeli franchise sebaiknya lakukan riset secara mendalam terhadap peluang usaha, persyaratan franchise, industri terkait franchise, hingga modal yang diperlukan.

Keempat poin tersebut sangat penting untuk Anda ketahui sebelum mulai untuk mengelola usaha. Selain mendapatkan informasi mengenai brand yang cocok, Anda juga bisa melihat bagaimana keadaan pasar.

b. Menghubungi Brand yang Diinginkan

Cara membeli franchise yang selanjutnya adalah menghubungi pihak brand yang sudah Anda pilih. Hal ini dilakukan setelah Anda selesai melakukan riset dan menemukan franchise mana yang mungkin menguntungkan.

Dengan menghubungi pihak brand, Anda berkesempa tan untuk menanyakan informasi lebih lanjut tentang franchise. Mulai dari promo, langkah-langkah untuk membeli franchise, apa saja yang harus dipersiapkan, dan informasi lainnya bisa Anda tanyakan kepada pihak brand sebelum melakukan pertemuan.

c. Pertemuan dengan Pengelola Franchise

Apabila cocok dengan pihak brand, maka cara membeli franchise yang selanjutnya Anda bisa mengajak untuk bertemu secara langsung atau online. Pertemuan secara tatap muka dapat digunakan untuk membicarakan franchise lebih jelas dan serius.

Artinya, melalui pertemuan ini Anda dapat mengonfirmasi informasi yang mungkin kurang jelas dan meluruskannya. Alhasil, tidak akan ada kesalahan yang mungkin terjadi ketika membuat perjanjian. Apabila sudah mendapatkan tawaran perjanjian, pastikan Anda mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan.

d. Tinjau Kembali Perjanjian antara Dua Pihak

Perjanjian antara dua belah pihak tidak bisa dibatalkan secara sepihak begitu saja. Oleh karena itu, sebelum menandatangani perjanjian, periksa kembali poin-poin apa saja yang ada di dalamnya. Pada langkah ini, Anda harus lebih teliti dalam membaca perjanjian, ya.

Anda juga bisa mengajak teman atau orang yang ahli dalam bidang hukum agar tidak ada informasi terselubung. Apabila terdapat poin yang tidak jelas segera minta penjelasan kepada pihak franchise agar tidak ada kesalahpahaman.

e. Menentukan Lokasi yang Cocok

Cara membeli franchise yang selanjutnya adalah menentukan lokasi yang cocok untuk membangun franchise. Lokasi sangatlah penting untuk mendapatkan jumlah konsumen yang diinginkan. Sebab, lokasi strategis adalah tempat yang mudah dijangkau oleh para konsumen sehingga bisa melakukan pembelian produk.

f. Gali Pengetahuan Lebih Dalam

Walaupun sudah mendapatkan deal dengan pihak franchise, Anda tetap harus membekali diri dengan pengetahuan. Selalu belajar lagi untuk mengelola usaha sangat penting untuk keberlangsungan bisnis yang akan dikelola.

Cara Membeli Franchise di Apotek K-24

Salah satu franchise yang dapat Anda pertimbangkan untuk menjadi pilihan memulai usaha adalah Apotek K-24. Tidak hanya memiliki nama yang besar, cara membelinya pun juga cukup mudah. Berikut beberapa langkah untuk membeli franchise Apotek K-24:

  1. Mengisi enquiry form atau hubungi hotline waralaba di 081212012424.

  2. Presentasi dari waralaba.

  3. Menandatangani MoU.

  4. Menentukan lokasi.

  5. Perjanjian tentang Waralaba.

  6. Pelatihan awal.

  7. Pra operasional.

  8. Pembukaan gerai.

 Itulah beberapa langkah atau cara membeli franchise yang harus Anda perhatikan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam memilih franchise yang Anda inginkan dan lancar dalam mengelola usaha.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat