Keuntungan dan Kerugian Franchise, Bisa Jadi Bahan Pertimbangan!

Keuntungan dan Kerugian Franchise, Bisa Jadi Bahan Pertimbangan!

  • March 04, 2023

Waralaba atau franchise dapat dikatakan sebagai bisnis yang dapat menjadi jalan pintas dalam memulai usaha dan mengelolanya. Sebab, Anda tinggal menyiapkan dan untuk modal awal, maka berbagai kebutuhan untuk usaha sudah disiapkan dari pemilik franchise. Walaupun demikian, Anda harus mengetahui keuntungan dan kerugian franchise lebih dalam.

Franchise menjadi populer di kalangan masyarakat karena bisa memberikan peluang sukses yang lebih besar daripada membuka bisnis sendiri. Sebelumnya pun usaha dalam bentuk franchise ini sudah terkenal di luar negeri, apalagi di Amerika Utara.

Apa yang Dimaksud Franchise?

Istilah franchise sebenarnya berasal dari bahasa Prancis “franchir” yang memiliki arti memberi kebebasan kepada para pihak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, franchise atau waralaba merupakan kerja sama antar dua pihak dengan adanya bagi hasil sesuai dengan kesepakatan.

Lebih lengkapnya, franchise adalah hubungan kontraktual di mana pemilik franchise memberikan hak untuk menggunakan nama, brand, lisensi, atau paten kepada pembeli franchise. Namun, pembeli waralaba harus menggunakan mengelola usaha sesuai dengan sistem dan aturan yang telah ditetapkan oleh pemilik waralaba.

Keuntungan dan Kerugian Franchise

Sebagaimana bentuk bisnis lainnya, franchise memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan tersendiri. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha dengan waralaba ini, Anda harus menimbang bagaimana kelebihan dan kekurangan dari franchise. Berikut adalah penjelasan lebih dalam mengenai hal tersebut:

Keuntungan Menggunakan Franchise

Banyak orang mengatakan bahwa franchise menjadi salah satu usaha yang mudah dijalankan bagi para pemula. Tentu saja terdapat alasan di balik kalimat tersebut. Berikut beberapa alasan mengapa waralaba cocok bagi pengusaha yang masih pemula:

  • Franchise memiliki sistem dan manajemen bisnis yang sudah terbentuk dan matang. Artinya, Anda tidak perlu repot untuk memikirkan nama brand, bagaimana memasarkan produk, dan sistem bisnis. Anda sebagai pembeli franchise tinggal mengelola usaha di lokasi yang telah ditentukan.

  • Umumnya, franchise memiliki nama brand yang sudah besar dan dikenal banyak orang. Hal ini tentu saja membuat Anda mudah untuk melakukan promosi dan mendapatkan konsumen. Alhasil, biaya promosi atau pemasaran pun lebih murah.

  • Mendapatkan dukungan dari franchisor dan kerja sama dengan pihak lain pun otomatis terbangun. Berbagai kebutuhan yang diperlukan untuk mengelola usaha akan diberikan oleh franchisor, seperti supply bahan baku, pelatihan khusus, dan lain sebagainya.

  • Memiliki sistem manajemen keuangan yang juga sudah teratur dengan baik. Hal ini bisa memudahkan Anda dalam mengatur keuangan usaha atau bisnis.

Kerugian Menggunakan Franchise

Keuntungan dan kerugian franchise yang selanjutnya adalah mengulas lebih jauh mengenai kelemahan dari waralaba. Sebab, tidak ada suatu sistem yang benar-benar sempurna hanya memberikan keuntungan saja. Berikut beberapa kelemahan franchise yang perlu Anda ketahui:

  • Sebagai franchisee, Anda harus membagi keuntungan kepada franchisor dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, hal ini dinamakan dengan royalty fee.

  • Kreativitas Anda mungkin menjadi terbatas karena pihak franchisor masih mempunyai beberapa kendali dan harus mengikuti sistem atau aturan yang ada.

  • Reputasi usaha Anda mudah terpengaruh dengan franchise yang lain. Misalnya saja salah satu mitra memiliki reputasi buruk, maka usaha Anda juga akan terkena dampaknya.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian franchise yang dapat menjadi pertimbangan Anda jika ingin menggunakan franchise. Jika sudah selesai mempertimbangkan antara kelebihan dan kelemahan, Anda bisa memulai usaha dengan waralaba Apotek K-24.

Selain sudah memiliki nama yang besar, melalui Apotek K-24 Anda bisa ikut membawa Indonesia untuk menuju lebih sehat. Caranya sangat mudah, Anda tinggal menghubungi hotline waralaba di 081212012424 atau ke akun instagram kami @franchisek24. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat