Perbedaan Waralaba Luar Negeri dan Dalam Negeri, Kenali Lebih Dalam!

Perbedaan Waralaba Luar Negeri dan Dalam Negeri, Kenali Lebih Dalam!

  • March 24, 2023

Terdapat beberapa jenis waralaba, di mana jenis ini terbagi berdasarkan sesuatu yang mendasari. Salah satu pembagian ini adalah jenis waralaba yang dibedakan berdasarkan negara asalnya, yaitu franchise luar negeri atau dalam negeri. Lalu apa saja perbedaan waralaba luar negeri dan dalam negeri?

Franchise atau waralaba menjadi salah sistem bisnis yang semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya merek dagang yang memperluas bisnisnya menggunakan cara waralaba.

Perbedaan Waralaba Luar Negeri dan Dalam Negeri

Waralaba ini banyak disukai karena cocok bagi para pengusaha yang masih baru dalam dunia bisnis. Sebab, Anda sebagai pengguna waralaba tidak perlu lagi membangun brand atau merek dari awal. Umumnya, produk atau jasa yang ditawarkan dengan franchise sudah memiliki nama yang besar dan dikenal masyarakat.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu membutuhkan biaya yang amat besar dalam melakukan promosi. Selain itu, apabila ingin mengambil waralaba, Anda tinggal menyiapkan modal saja, setelahnya seluruh kebutuhan akan diatur oleh pihak waralaba.

Kemudahan pengelolaan dan perkembangan franchise di Indonesia yang pesat ini membuat pemerintah dan pihak lain tertarik. Oleh karenanya, kini banyak sekali jenis franchise yang berdiri di Indonesia, mulai dari usaha yang menawarkan makanan hingga alat-alat kesehatan.

Selain itu, tidak hanya perusahaan lokal saja yang menggunakan waralaba, tetapi juga perusahaan luar negeri. Berikut adalah perbedaan waralaba luar negeri dan dalam negeri:

Waralaba Luar Negeri

Seperti namanya, waralaba luar negeri adalah perusahaan waralaba yang asalnya dari negara lain selain Indonesia. Pada umumnya, jenis waralaba ini telah mempunyai nama yang besar dan sangat terkenal. Tidak hanya mudah ditemukan di Indonesia, waralaba luar negeri juga sudah tersebar di berbagai negara lainnya.

Tidak hanya namanya saja yang besar, waralaba luar negeri juga memiliki sistem bisnis dan manajemen yang jelas dan baik. Contoh waralaba luar negeri yang dapat Anda temukan di Indonesia adalah Mixue, Pizza Hut, KFC, McDonalds, Burger King, dan Baskin Robbins.

Waralaba Dalam Negeri

Sedangkan waralaba dalam negeri merupakan waralaba yang asalnya asli dari dalam negeri atau Indonesia. Jenis waralaba ini tidak hanya menjanjikan, tetapi juga bisa membantu para pebisnis lokal dalam mengembangkan usahanya.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha tapi bingung dengan ide awal, maka Anda dapat memanfaatkan waralaba lokal ini. Sebab, tidak kalah dengan waralaba luar negeri, waralaba dalam negeri juga dapat menjadi investasi yang menjanjikan karena sistemnya yang baik.

Selain itu, sudah banyak waralaba dalam negeri yang sukses selama bertahun-tahun dan memberikan keuntungan. Salah satu contoh franchise asli Indonesia yang sukses ini adalah waralaba Apotek K-24.

 Apotek K-24 tidak hanya memiliki nama brand yang besar, tetapi juga sistem dan manajemen bisnis yang baik. Oleh karena itu, cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat