Apa itu Balik Modal? Adakah Manfaatnya untuk Bisnis?

Apa itu Balik Modal? Adakah Manfaatnya untuk Bisnis?

Apa itu Balik Modal? Adakah Manfaatnya untuk Bisnis?

  • April 11, 2023

Dalam dunia bisnis, terdapat istilah yang sangat dikenal oleh para pengusaha atau orang awam, yaitu balik modal. Dari namanya sendiri, balik modal merupakan kondisi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pengusaha, baik usaha mandiri atau usaha dengan waralaba. Lalu sebenarnya apa itu balik modal yang sangat ditunggu-tunggu ini?

Walaupun balik modal ini terdengar sesederhana namanya, tapi untuk mendapatkannya ini perlu analisis yang panjang. Anda sebagai pengusaha tentu harus mengerti dengan pasti dengan konsep balik modal ini, jangan sampai keliru dengan konsep lainnya.

Apa itu Balik Modal?

Mungkin bagi orang awam, balik modal dikenal sebagai usaha yang semua modalnya sudah tertutupi dan tinggal mendapatkan keuntungan. Namun, dalam dunia bisnis, balik modal ini juga sering disebut juga dengan ROI (Return on Investment).

Balik modal merupakan suatu keadaan di mana total keuntungan yang didapatkan setiap bulannya bisa menyentuh nilai investasi awal pada suatu usaha. Singkatnya, balik modal adalah keadaan ketika perusahaan atau pengusaha sudah bisa mengembalikan semua modalnya.

Pada hakikatnya, yang dimaksud dengan balik modal di sini adalah profit yang bisa menutupi modal. Artinya, balik modal ini menunjukkan bahwa modal dari sebuah usaha yang dikeluarkan akhirnya bisa kembali sepenuhnya.

Ketika membuka sebuah usaha, pastinya Anda memerlukan modal yang berguna untuk sewa tempat, peralatan, dan lain sebagainya. Modal yang disiapkan ini nantinya akan berfungsi sebagai biaya operasional agar usaha dapat berjalan.

Begitu pula dengan usaha franchise, hanya saja Anda tinggal menyiapkan biaya dan pihak waralaba lah yang menyiapkan kebutuhan operasional. Ada dua jenis biaya dasar yang sering digunakan dalam operasional bisnis, yaitu biaya tetap dan biaya tidak tetap.

Manfaat Analisis Balik Modal

Jika sudah mengetahui apa itu balik modal, Anda juga harus tahu bahwa balik modal ini bukan sebuah momen yang ditunggu dan dibiarkan begitu saja. Sebab, ada analisis yang membantu Anda untuk mendapatkan atau menghitung berapa lama bisa balik modal.

Menganalisis keadaan ini tentu memberikan manfaat untuk bisnis Anda. Manfaat dari analisis balik modal adalah:

  • Mengukur efisiensi dari penggunaan modal, produksi, dan setiap divisi penjualan.

  • Membandingkan efisiensi penggunaan modal dari perusahaan sendiri dengan perusahaan pesaing.

  • Mengukur efektivitas tindakan atau projek yang dilakukan oleh setiap divisi pada perusahaan.

  • Menjadi dasar atau acuan dalam mengambil keputusan bagi perusahaan yang ingin melakukan ekspansi.

  • Mengukur profitabilitas yang didapatkan dari setiap produk/jasa perusahaan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu balik modal dan kegunaan dari analisisnya. Jadi, sebelum Anda memulai sebuah usaha pastikan untuk mengerti dengan pasti cara-cara untuk mendapatkan momen balik modal ini, ya.

Namun, apabila Anda memilih waralaba Apotek K-24 sebagai usaha Anda, maka penghitungan dan cara sampai balik modal bisa dibantu dengan tim franchise. Artinya, Anda akan semakin mudah dalam mengelola usaha.

Maka dari itu, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk informasi lebih lanjut terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat