Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Usaha, Apa Saja?

Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Usaha, Apa Saja?

Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Usaha, Apa Saja?

  • April 14, 2023

Menentukan lokasi untuk bisnis tidak boleh sembarangan karena bisa mempengaruhi usaha di kemudian hari. Selain itu, lokasi usaha dapat menentukan seberapa besar efektif usaha yang sedang dijalankan. Salah langkah, Anda bisa mengalami kerugian yang tidak diinginkan. Jika demikian, apa saja faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha?

Lokasi adalah tempat beroperasinya perusahaan dalam menghasilkan barang atau jasa. Selain itu, lokasi juga dapat diartikan dengan tempat di mana konsumen datang untuk berbelanja dan bertemu dengan penjual. Tidak hanya itu saja, lokasi adalah salah satu kunci utama dalam menentukan keberhasilan suatu usaha.

Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi

Menurut beberapa ahli, memilih lokasi usaha harus dilakukan dengan matang dan tidak boleh setengah-setengah. Oleh karenanya banyak sekali hal-hal yang perlu untuk dipertimbangkan agar lokasi usaha masuk dalam kategori yang strategis dan bisa menguntungkan.

Tjiptono sebagai seorang yang ahli dalam strategi pemasaran mengatakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses dalam penentuan lokasi usaha. beberapa faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut:

a. Akses

Faktor pertama ini berhubungan dengan aksesibilitas pada lokasi usaha. Aksesibilitas diartikan sebagai derajat kemudahan orang dalam mencapai sebuah objek atau pelayanan. Artinya, lokasi usaha harus mudah dijangkau oleh sarana transportasi umum maupun pribadi.

b. Visibilitas

Menurut KBBI, visibilitas adalah keadaan yang dapat dilihat dan diamati, baik dalam cuaca apapun atau dari jarak jauh. Hal ini mengindikasikan bahwa lokasi usaha seharusnya dapat dilihat dengan jelas dari jarak jauh atau jarak pandangan normal.

c. Lalu Lintas

Faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha selanjutnya adalah trafik atau lalu lintas. Ada dua pertimbangan yang pada aspek yang satu ini. Pertama, lalu lintas yang padat bisa memberikan peluang besar untuk mendatangkan konsumen secara spontan.

Sebaliknya, kepadatan lalu lintas juga dapat menjadi hambatan untuk konsumen memasuki lokasi usaha Anda.

d. Tempat Parkir

Indonesia terkenal dengan negara yang masyarakatnya banyak menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, tempat parkir yang luas dan nyaman bisa menjadi faktor dalam menentukan lokasi usaha. Sebab, tanpa adanya tempat parkir, konsumen bisa saja malas untuk datang.

e. Ekspansi

Memikirkan usaha di masa depan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha. Sebab, bisa saja Anda sebagai pengusaha ingin memperluas tempat usaha Anda. Oleh karena itu, membutuhkan tempat yang cukup luas jika ingin memperbesar bisnis untuk kebutuhan ekspansi.

f. Lingkungan

Tidak hanya trafik, Anda juga harus melihat daerah di sekitar lokasi usaha, apakah ada sesuatu yang mendukung bisnis. Contohnya adalah apotek yang sebaiknya berdekatan dengan rumah-rumah warga, perkantoran, dan lain sebagainya.

g. Persaingan

Anda perlu memperhatikan jenis usaha yang ada di dekat lokasi usaha, apakah terdapat bisnis sejenis yang berada di daerah tersebut. Apabila terdapat bisnis sejenis yang berada di ruas jalan yang sama, maka Anda perlu mempertimbankannya kembali.

h. Peraturan Pemerintah

Faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha yang terakhir adalah memperhatikan peraturan dari pemerintah. Tidak hanya perkara menguntungkan atau tidak, Anda juga perlu melihat apakah ada larangan atau peraturan terhadap penempatan jenis usaha Anda.

Sebab, jika tidak melihat peraturan terlebih dahulu, bisa saja pemerintah menutup paksa bisnis Anda di masa depan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha dan menentukan lokasi Anda. Namun, jika tidak ingin terlalu rumit dalam menentukan lokasi tapi tetap ingin sukses, maka Anda bisa memilih franchise, khususnya waralaba Apotek K-24.

Dengan franchise ini, Anda akan dibantu oleh tim waralaba Apotek K-24 untuk menentukan lokasi yang strategis yang terbukti menguntungkan. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan lokasi usaha yang strategis. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat