Apa Akibatnya bila Salah dalam Memilih Lokasi Usaha?

Apa Akibatnya bila Salah dalam Memilih Lokasi Usaha?

Apa Akibatnya bila Salah dalam Memilih Lokasi Usaha?

  • April 18, 2023

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa lokasi usaha menjadi kunci penting dalam keberhasilan bisnis. Sebab, menentukan lokasi yang strategis dapat mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis di masa sekarang atau masa depan. Jika demikian, apa akibatnya bila salah dalam memilih lokasi usaha?

Menurut sebuah jurnal, lokasi sepenuhnya mempunyai kekuatan atau power dalam membuat strategi keberhasilan bisnis. Selain mendatangkan potensi konsumen, lokasi yang tepat juga bisa meminimalkan biaya produksi sehingga keuntungan dapat maksimal. Namun, dalam perjalanannya, masih banyak pengusaha pemula yang masih salah dalam menentukan lokasi usaha.

Apa Akibatnya bila Salah dalam Memilih Lokasi Usaha?

Lokasi memang sangat penting demi kesuksesan suatu bisnis, tapi juga sebaliknya, lokasi juga dapat menjadi kehancuran usaha. Keadaan tersebut dapat terjadi apabila Anda sebagai pengusaha salah dalam mempertimbangkan dan memilih lokasi usaha.

Sebab, dampak positif dari lokasi terhadap bisnis hanya bisa didapatkan bila Anda tepat sasaran dalam menentukannya. Artinya, ketika salah memilih lokasi, Anda justru hanya mendapatkan dampak negatifnya.

Berikut adalah beberapa akibat ketika Anda salah memilih tempat sebagai lokasi usaha:

a. Rendahnya Daya Jual

Daya jual merupakan sejauh mana produk cocok untuk diperjualbelikan dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan daya jual yang tinggi, Anda perlu untuk mencari target konsumen yang cocok. Hal ini bisa ditentukan dengan lokasi usaha.

Namun, apabila lokasi usaha Anda tidak sesuai dengan demografi dari lokasi bisnis Anda, maka produk/jasa yang ditawarkan pun akan lama untuk laku. Sebab, tidak hanya salah sasaran, tetapi konsumen sasaran juga mungkin kesulitan untuk mengakses lokasi usaha.

b. Menurunnya Pendapatan Usaha

Apa akibatnya bila salah dalam memilih lokasi usaha? Akibat yang kedua ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin sebelumnya, yaitu pendapatan usaha yang menurun. Jika barang tidak laku, maka pendapatan bisnis pun juga akan menurun.

Tentu saja jumlah barang yang terjual dengan pendapatan suatu usaha ini memiliki hubungan yang sangat erat.

c. Bisnis Mengalami Kerugian

Akibat dari salah pemilihan lokasi yang selanjutnya adalah bisnis dapat mengalami kerugian atau justru gulung tikar. Kesalahan dalam memilih lokasi usaha dapat menjadi penyebab utama sebuah bisnis gagal atau bangkrut.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika daya jual rendah, maka pendapatan juga kecil. Padahal agar bisnis berjalan, Anda memerlukan biaya operasi yang harusnya didapatkan dari penjualan. Apabila nilai penjualan tidak mampu menutupi biaya operasi, maka bisnis perlahan bisa bangkrut.

Nah, itu dia berbagai akibat jika salah memilih lokasi untuk bisnis Anda. Tidak hanya daya jual yang rendah, usaha Anda pun juga bisa gulung tikar.

Jika Anda sebagai pengusaha takut salah dalam memilih lokasi usaha, maka bisa memilih waralaba Apotek K-24. Sebab, bersama waralaba Apotek K-24, Anda akan diajak dalam memilih lokasi yang sudah tentu strategis untuk memulai usaha.

Artinya, Anda tidak perlu takut mengalami 3 akibat yang disebabkan dari salah memilih lokasi. Alhasil, bisnis bersama Apotek K-24 ini bisa sukses ke depannya. Tidak usah takut-takut lagi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan lokasi usaha yang strategis. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan mengenai apa akibatnya bila salah dalam memilih lokasi usaha, semoga dapat bermanfaat dan menghindari dari kerugian.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat