Faktor Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Lokasi

Faktor Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Lokasi

Faktor Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Lokasi

  • April 24, 2023

Lokasi yang strategis dapat mempengaruhi atau menentukan tercapainya tujuan dari sebuah bisnis. Oleh karenanya, pemilihan lokasi ini menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk usaha, khususnya bisnis ritel. Salah langkah saja, usaha yang Anda bangun dapat gagal seketika. Jika demikian, faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi bisnis ritel?

Melalui lokasi yang tepat, sebuah bisnis ternyata memiliki kemungkinan untuk sukses lebih besar daripada gerai lain dengan lokasi yang kurang strategis. Walaupun kedua gerai ini memperjualbelikan produk atau jasa yang sama, tetapi lokasi tetap menentukan prestasi bisnis di kemudian hari.

Faktor Apa Saja yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Lokasi Bisnis Ritel?

Namun, menentukan lokasi yang strategis ini sebenarnya gampang-gampang susah. Bagi yang sudah berpengalaman dalam mengelola bisnis, memilih lokasi terbilang mudah. Berbeda keadaan apabila Anda masih pemula dalam dunia bisnis.

Berikut adalah beberapa faktor yang penting untuk diperhatikan dalam menentukan lokasi bisnis ritel:

a. Akses Lokasi

Kemudahan untuk mencapai ke lokasi bisnis ritel Anda sangat penting untuk dipertimbangkan. Cara pelanggan dalam mengakses lokasi bisnis dapat mempengaruhi jumlah konsumen yang mungkin datang setiap hari.

b. Traffic

Lalu lalang atau keramaian orang yang melewati sebuah lokasi tentu akan berpengaruh pada banyak atau sedikitnya pengunjung. Selain itu, kemacetan kendaraan akibat traffic juga perlu untuk dipikirkan nantinya, apakah menghambat konsumen atau tidak.

c. Dekat dengan Target Konsumen

Faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi bisnis ritel? Faktor yang berikutnya adalah lokasi dengan dengan target dari konsumen produk atau jasa. Lebih dekat dengan konsumen, maka lebih hemat biaya dan waktu bagi konsumen juga.

d. Mudah Dilihat

Ketika seorang pelanggan mudah untuk melihat toko ritel Anda, maka pelanggan tersebut juga akan lebih tertarik untuk berkunjung. Apalagi jika gerai ritel yang dikelola memiliki nama dan logo yang eye-catching.

e. Lingkungan Sekitar

Anda jangan sampai mengabaikan bisnis atau toko apa saja yang ada di sekitar lokasi pilihan. Sebab, jenis usaha di sekitar lokasi bisa mendukung atau justru menyaingi bisnis Anda. Artinya, Anda harus melihat apakah jenis usaha di sekitar Anda bisa cocok dengan bisnis yang Anda kelola.

f. Legalitas

Persoalan regulasi dan perizinan untuk lokasi usaha juga sangat penting. Anda harus memastikan bahwa lokasi usaha sudah legal akan hukum. Sebab, jika tidak nantinya bisa menjadi permasalahan di masa depan.

g. Biaya Sewa

Lokasi strategis biasanya disertai dengan biaya sewa yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk melihat biaya sewa, apakah Anda mampu untuk membayar sewa tersebut atau perlu memilih lokasi lainnya.

Penentuan Lokasi Usaha untuk Apotek K-24

Secara umum, faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi bisnis ritel sudah terjawab melalui penjelasan di atas. Namun, apabila Anda menggunakan waralaba Apotek K-24 sebagai bisnis Anda, hanya ada beberapa faktor saja yang perlu diperhatikan untuk memilih lokasi gerai.

Berikut 3 poin yang menentukan lokasi potensial untuk gerai Apotek K-24:

  • Lokasi berada di akses jalan utama atau jalan besar.

  • Lokasi yang ramai dari pagi hingga malam pada pukul 10 malam.

  • Terdapat area pemukiman yang padat penduduk di sekitar lokasi usaha.

Nah, mudah bukan untuk menentukan lokasi gerai Apotek K-24, tidak perlu pusing-pusing. Selain itu, dalam memilih lokasi yang strategis ini, Anda juga akan dibantu dengan tim waralaba Apotek K-24, agar bisa tepat sasaran.

Jika menemukan lokasi dengan 3 poin di atas, Anda tidak perlu lagi untuk menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan lokasi usaha yang strategis. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat