Penipuan Bisnis Franchise, Inilah Ciri yang Harus Diwaspadai!

Penipuan Bisnis Franchise, Inilah Ciri yang Harus Diwaspadai!

Penipuan Bisnis Franchise, Inilah Ciri yang Harus Diwaspadai!

  • April 27, 2023

Dewasa ini, banyak sekali iklan yang lewat di media sosial menawarkan bisnis franchise atau kemitraan dengan keuntungan besar. Melihat nominal yang tidak biasa, tentu saja banyak orang tertarik karena modalnya yang sedikit tapi keuntungan sangat tinggi. Anda perlu berhati-hati, hal ini bisa saja menjadi salah satu penipuan bisnis franchise yang kini marak terjadi.

Franchise memang model bisnis yang populer karena menawarkan usaha yang sudah siap untuk dijalankan. Selain itu, perkembangan waralaba di Indonesia juga sangat pesat. Walaupun terbilang menguntungkan dan praktis, Anda tidak boleh terburu-buru atau asal dalam memilih franchise. Sebab, risiko tertipu oleh waralaba juga cukup besar.

Ciri-ciri Penipuan Bisnis Franchise

Bagi Anda yang mungkin masih pemula di dunia bisnis, menjalankan bisnis dari nol memang tidaklah mudah. Oleh karenanya, jika ada tawaran waralaba yang menggiurkan, Anda bisa saja langsung tertarik. Padahal, Anda tetap harus waspada karena banyak kasus penipuan bisnis yang berkedok franchise.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri waralaba yang harus Anda hindari karena bisa merugikan:

a. Jenis Usaha Masih Baru

Usaha yang masih tergolong baru ini biasanya belum terbukti atau mampu untuk menghasilkan pendapatan dalam jangka waktu panjang. Anda harus tahu bahwa salah satu syarat agar usaha bisa menjadi waralaba atau franchise adalah bisnis sudah berjalan selama minimal 5 tahun.

Melalui 5 tahun ini, sebuah usaha pasti sudah terbukti bisa memberi keuntungan dan pengalaman yang baik dalam mengatasi persoalan. Oleh karena itu, franchise yang menguntungkan biasanya sudah memiliki standar pelayanan dan penawaran barang/jasa secara tertulis.

Apabila Anda menemukan waralaba tetapi tidak menggunakan komputerisasi, tidak memiliki rencana bisnis, dan rencana anggaran, maka sebaiknya lupakan dan jauhi.

b. Sistem Money Game

Ciri-ciri penipuan bisnis franchise yang selanjutnya adalah menggunakan sistem money game atau penawaran waralaba yang kurang masuk akal. Misalnya, modal yang diperlukan hanya sedikit, tapi dapat menghasilkan untung yang tinggi.

Banyak oknum tidak bertanggung jawab yang ingin menyesatkan para calon franchisee dengan sistem tersebut. Keuntungan besar memang menjadi cita-cita semua pengusaha, tapi dalam mendapatkannya perlu cara yang jelas dan masuk akal.

c. Perizinan Tidak Jelas

Sebelum mengambil franchise, Anda perlu mengecek Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) dari produk franchise. Sebab, apabila perizinan ini saja tidak jelas, maka dipastikan Anda bisa mengalami permasalahan mengenai tuntutan merek di pengadilan.

Usaha waralaba yang terjamin keamanannya biasanya sudah memiliki perizinan yang jelas dan bisa dibuktikan. Anda dapat melihat dokumen legalitasnya, seperti STPW dan HaKI. Selain itu, Anda juga dapat meminta rencana anggaran dan bisnis untuk ke depannya.

d. Belum Ada Reputasi dan Kurang Terpercaya

Brand atau nama waralaba yang belum memiliki reputasi bisa menjadi ciri-ciri penipuan bisnis franchise. Membangun dan menjaga nama baik bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, waralaba yang bebas dari unsur penipuan biasanya sudah memiliki reputasi yang baik dan stabil dalam mendapatkan konsumen.

Hal tersebutlah yang menjadi keuntungan dari menggunakan bisnis waralaba, tidak perlu susah-susah dalam membangun reputasi. Artinya, Anda tinggal memberikan modal dan ke depannya bisa mendapatkan keuntungan usaha.

Itu dia beberapa hal yang perlu dihindari ketika memilih franchise. Jangan sampai karena tergiur dengan tawaran modal yang kecil tapi keuntungan setinggi langit, Anda justru bisa tertipu dengan bisnis yang berkedok franchise padahal sebenarnya bukan waralaba.

Jika Anda masih takut dalam memilih franchise, maka pilih saja waralaba Apotek K-24. Selain menguntungkan, Apotek K-24 merupakan waralaba yang sudah berjalan sejak 2005 lalu. Artinya, Anda dijamin tidak akan tertipu dengan penawaran yang diberikan dari K-24.

Bahkan, dalam perjalanannya, Apotek K-24 ini sudah mendapatkan penghargaan sebagai Waralaba Apotek Terbaik di Indonesia. Selain itu, Apotek K-24 juga memiliki tingkat kepuasan franchisee yang tinggi.

Jadi, tidak usah ragu-ragu lagi untuk menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk meminimalisir kesalahan dalam mengelola bisnis apotek. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat