3 Tips Memilih Franchise bagi Anda yang Bingung Memulai Bisnis

3 Tips Memilih Franchise bagi Anda yang Bingung Memulai Bisnis

3 Tips Memilih Franchise bagi Anda yang Bingung Memulai Bisnis

  • April 28, 2023

Dewasa ini, banyak yang tertarik untuk membuka usaha sendiri, apalagi melihat tidak sedikit perusahaan besar yang melakukan PHK besar-besaran. Bagi Anda yang mungkin masih pemula di dunia bisnis, usaha waralaba menjadi salah satu jalan keluarnya. Namun, mengingat kini semakin beragam waralaba yang ditawarkan, ini ada beberapa tips memilih franchise yang tepat.

Bisnis franchise menjadi populer di masyarakat karena kemudahannya dalam memulai dan mengelolanya. Artinya, Anda tidak perlu pusing dalam membangun reputasi bisnis dari nol. Sebab, kebanyakan usaha membutuhkan waktu lama untuk sukses karena lama dalam merencanakan dan promosi. Oleh karenanya, kini waralaba menjadi tujuan banyak orang.

Tips Memilih Franchise

Menggunakan waralaba memang memudahkan dalam memulai usaha, tapi kini tantangan yang muncul adalah bagaimana memilih franchise yang tepat. Sebab, semakin berkembangnya zaman, jenis-jenis waralaba pun juga semakin berkembang ragamnya.

Hal inilah yang membuat kebanyakan orang bingung dalam menentukan waralaba yang cocok dan tepat. Bahkan, mungkin terdapat beberapa orang tertipu dengan iklan bisnis franchise yang ternyata bukan franchise sebenarnya.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa langkah-langkah dalam memilih waralaba yang tepat sasaran:

1. Pastikan Bisnis Terbukti Sehat

Salah satu syarat agar usaha menjadi franchise adalah bisnis sudah terbukti sukses dan memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Ciri-ciri lainnya adalah bisnis mempunyai SOP, merek terdaftar dalam HaKI, ada ciri khas, terbukti profitable, dan mudah diterapkan siapapun.

Nah, tentu saja agar perusahaan harus sudah berjalan bertahun-tahun untuk mencapai itu semua. Umumnya, usaha sudah beroperasi selama kurang lebih 5 tahun untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut sukses dan ahli dalam mengatasi berbagai permasalahan.

2. Ada Kestabilan dalam Perusahaan

Tips memilih franchise yang selanjutnya adalah Anda bisa melihat kestabilan dari perusahaan. Stabilitas usaha merupakan kemampuan perusahaan dalam menjalankan usahanya, baik di masa lalu, sekarang, atau masa depan.

Tingkat stabilitas ini biasanya diukur dari kemampuan perusahaan dalam membayar bunga atau pinjaman tanpa mengalami krisis. Namun, stabilitas ini juga dapat dilihat dari rencana perusahaan yang komprehensif dan terpadu dalam mencapai tujuan dan objektifnya dalam waktu yang tak terbatas.

Artinya, walaupun ada keadaan yang tidak biasa, seperti bencana, pandemi, dan lain-lain, usaha masih bisa berjalan dengan baik. Bentuk usaha yang mampu bertahan dalam segala keadaan mengindikasikan bahwa masyarakat sangat membutuhkan.

3. Lihat Prospek Usaha di Masa Depan

Melihat kemungkinan yang terjadi di masa depan juga menjadi salah satu tips memilih franchise. Sederhananya, Anda perlu mempertimbangkan apakah bisnis masih menghasilkan dampak tertentu di masa mendatang.

Dampak yang dimaksud ini adalah seberapa besar keuntungan yang masih bisa dihasilkan usaha franchise. Prospek usaha ini sebenarnya masih berhubungan dengan kestabilan dari perusahaan dalam menghasilkan profit.

Apabila, bisnis franchise yang dipilih ini masih bisa menghasilkan keuntungan walau dilanda krisis, maka prospeknya ini sangat bagus. Begitu juga sebaliknya, jika perusahaan mengalami keanjlokan penjualan setelah mengalami krisis, maka prospeknya kurang baik.

Prospek ternyata juga berhubungan dengan kesadaran masyarakat dengan merek atau nama yang dibawa oleh franchise. Semakin masyarakat mengetahui brand Anda, maka prospeknya semakin bagus.

Nah, itu dia beberapa tips memilih franchise yang perlu Anda perhatikan. Contoh franchise yang memenuhi kriteria 3 poin di atas adalah waralaba Apotek K-24. Tidak hanya memiliki nama yang besar, Apotek K-24 juga sudah beroperasi sejak tahun 2002.

Selama perjalanannya, waralaba Apotek K-24 sudah memiliki rencana bisnis, SOP, perizinan, kestabilan, dan prospek yang jelas. Artinya, Anda tidak perlu khawatir karena waralaba Apotek K-24 ini merupakan franchise yang bermutu baik dan bisa dipercaya.

Yuk, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang menarik ini. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat