3 Penyebab Kegagalan Franchise yang Harus Diwaspadai

3 Penyebab Kegagalan Franchise yang Harus Diwaspadai

3 Penyebab Kegagalan Franchise yang Harus Diwaspadai

  • May 04, 2023

Bisnis franchise memang mudah untuk Anda kelola dan tingkat kesuksesannya pun lebih tinggi daripada usaha mandiri. Bahkan, risiko kegagalan ketika menggunakan franchise pun sangat minim. Namun, sama dengan bisnis pada umumnya, peluang franchise yang Anda kelola untuk gagal ini tetap ada. Jika demikian, apa sih penyebab kegagalan franchise yang mungkin saja terjadi?

Banyak orang tertarik dengan usaha waralaba atau franchise karena peluang kesuksesan yang sangat tinggi. Ada yang mengatakan bahwa tingkat kegagalan ketika menggunakan franchise hanya mencapai 5% sampai 15% saja. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengambil franchise, rasanya sangat penting untuk mengetahui faktor yang menyebabkan hal tersebut.

Penyebab Kegagalan Franchise

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan suatu bisnis franchise gagal dan mengalami kerugian. Indikator kegagalan ini dapat berasal dari pihak franchisor, pihak franchisee, atau ada faktor eksternal. Dengan mengetahui apa yang menyebabkan gagalnya suatu franchise, harapannya Anda bisa melakukan langkah antisipasi.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab gagalnya waralaba yang perlu Anda ketahui:

a. Cepat-cepat Mengambil Keuntungan

Franchise adalah salah satu model bisnis yang memudahkan para pemula atau pengusaha yang ingin berbisnis tapi bingung untuk memulainya. Selain itu, keuntungan yang mudah didapat karena brand atau nama franchise sudah memiliki reputasi yang baik.

Nah, kesalahan yang sering dilakukan adalah cepat-cepat untuk mengambil keuntungan usaha dan menggunakannya untuk kebutuhan hidup. Padahal, sama seperti usaha lainnya, franchise juga memerlukan perputaran modal.

Artinya, keuntungan sebaiknya jangan segera diambil karena biasanya digunakan untuk pengembangan usaha. Oleh karena itu, terlalu cepat mengambil keuntungan untuk kebutuhan pribadi menjadi salah satu penyebab kegagalan franchise.

b. Tidak Mengikuti Arahan Franchisor

Pada umumnya, pihak franchisor sudah mengetahui seluk beluk bagaimana dalam mengelola bisnis yang baik. Sebab, syarat franchise adalah telah beroperasi lebih dari 5 tahun dan bisa menghasilkan keuntungan yang stabil.

Artinya, franchisor sudah menyiapkan rencana bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan untuk setiap gerai. Tidak hanya rencana bisnis, tapi franchisor juga memberi dukungan yang pasti agar bisnis bisa beroperasi dengan baik.

Namun, berbeda keadaan apabila franchisee (penerima waralaba) tidak mengikuti rencana atau arahan dari franchisor dengan baik. Kondisi ini nantinya dapat mempengaruhi penjualan dan keuntungan gerai. Akibatnya, usaha mungkin saja tidak berjalan dengan baik dan justru membutuhkan dana tambahan.

c. Tidak Sesuai dengan Kenyataan

Penyebab kegagalan franchise yang selanjutnya juga bisa datang dari pihak franchisor, yaitu asumsi bisnis yang ditentukan tidak sesuai dengan kenyataan. Survei potensi bisnis sangat penting bagi Anda yang ingin membuka usaha.

Namun, jika survei yang dilakukan ini tidak sesuai dengan kenyataan, usaha tidak akan bisa berjalan lancar. Hal ini nantinya akan membuat pemasukan keuangan menurun dan mengurangi kesuksesan dari franchise.

Melihat penjelasan di atas, menjalankan bisnis waralaba memang gampang-gampang susah. Selain itu, untuk memilih franchise membutuhkan keputusan yang serius dan hati-hati dalam mengelolanya. Walaupun mudah untuk dikelola, tidak ada salahnya untuk berhati-hati dalam berbisnis menggunakan waralaba.

Salah satu cara untuk menghindari penyebab kegagalan franchise di atas adalah dengan memilih waralaba yang sudah terbukti kesuksesannya. Contohnya adalah waralaba Apotek K-24 yang sudah beroperasi sejak tahun 2005.

Selama perjalanannya, Apotek K-24 selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia juga pihak franchisee. Tidak hanya menjadi Waralaba Apotek Terbaik di Indonesia, Apotek K-24 juga meraih Top 20 Franchisee Satisfaction Award 2023.

Maka dari itu, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan usaha yang minim risiko gagal ini. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat