Franchise yang Menguntungkan: Ciri-ciri dan Contohnya

Franchise yang Menguntungkan: Ciri-ciri dan Contohnya

Franchise yang Menguntungkan: Ciri-ciri dan Contohnya

  • May 05, 2023

Usaha waralaba atau sering dikenal dengan franchise kini semakin berkembang di Indonesia. Bahkan, dalam perjalanannya, bentuk bisnis ini menarik perhatian para pebisnis pemula dan membuka peluang tersendiri bagi mereka. Tentu saja bagi pengusaha awam, penting untuk mengetahui bagaimana bentuk franchise yang menguntungkan agar usaha bisa berjalan lancar.

Memilih franchise memang tidak boleh sembarangan begitu saja. Sebab, ada beberapa orang yang justru tertipu dengan iklan bisnis franchise yang ternyata bukan waralaba sebenarnya. Oleh karena itu, sebelum menentukan franchise, sebaiknya pelajari lebih dalam bagaimana franchise yang baik dan bisa menghasilkan keuntungan.

Ciri Franchise yang Menguntungkan

Mengelola bisnis memang tidaklah mudah bagi Anda yang masih awal di dunia bisnis. Oleh karena itu, franchise muncul untuk menjawab keresahan para pebisnis pemula. Berikut adalah beberapa poin dalam memilih waralaba yang menguntungkan dan mengurangi risiko penipuan:

a. Memilih Franchise dengan Reputasi Baik

Membangun reputasi sebuah brand atau nama membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset mengenai franchise mana saja yang memiliki brand atau nama baik. Hal ini nantinya juga akan membuat Anda terhindar dari penipuan bisnis yang berkedok franchise.

Selain itu, reputasi baik juga akan berpengaruh pada jumlah konsumen yang akan datang ke gerai Anda.

b. Bisnis Sudah Terbukti Menguntungkan

Ciri franchise yang menguntungkan selanjutnya adalah bisnis sudah terbukti sukses. Semakin brand dikenal luas oleh masyarakat, maka bisnis juga akan semakin mudah dipasarkan. Anda bisa melihat lama bisnis franchise beroperasi untuk melihat apakah bisnis sudah sukses atau belum.

Pada umumnya, sebuah usaha harus sudah beroperasi paling tidak selama 5 tahun untuk menjadi franchise.

c. Perizinan Jelas

Waralaba yang terpercaya dan menguntungkan harusnya telah memiliki perizinan yang jelas, mulai dari STPW, Hak Kekayaan Intelektual (HaKI), dan lain sebagainya. Hal ini bisa ditunjukkan dengan berbagai dokumen atau sertifikat yang menunjukkan legalitas dari waralaba.

Perizinan yang jelas membuat Anda terlindungi oleh hukum sehingga usaha tidak akan mengalami permasalahan legalitas.

d. Produk Dibutuhkan Masyarakat

Untuk mendapatkan franchise yang menguntungkan, Anda perlu melihat produk/jasa yang ditawarkan dari franchise tersebut. Pastikan produk/jasa dari franchise ini memiliki keunikan, menarik, dan sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

Apabila ingin memiliki bisnis yang stabil, lebih baik jangan memilih produk/jasa karena sedang viral atau tren saja. Sebab, usaha tersebut hanya akan bertahan beberapa saat saja dan penjualan pun bisa naik turun.

Pilih produk/jasa yang memang dibutuhkan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini bisa membuat Anda memiliki bisnis yang tahan krisis dan stabil di setiap keadaan, sekalipun negara sedang mengalami krisis ekonomi.

Contoh Franchise yang Menguntungkan

Apotek K-24 menjadi salah satu contoh waralaba yang masuk dalam 4 kategori di atas. Reputasi yang baik bisa dibuktikan dengan adanya penghargaan Waralaba Apotek Terbaik di Indonesia yang diberikan pada Apotek K-24 pada tahun 2016 lalu.

Apotek K-24 juga sudah berjalan selama lebih dari 20 tahun, artinya usaha ini sudah terbukti bisa berjalan dengan stabil hingga sekarang. Selain itu, Apotek K-24 juga menawarkan produk dan jasa kesehatan yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Persoalan legalitas pun, Apotek K-24 sudah memiliki tim yang mengurusnya. Oleh karenanya tidak perlu ragu untuk menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan franchise yang menguntungkan ini. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat