Investasi Franchise: Skema, Biaya, dan Tips Memilihnya

Investasi Franchise: Skema, Biaya, dan Tips Memilihnya

Investasi Franchise: Skema, Biaya, dan Tips Memilihnya

  • May 15, 2023

Banyak orang mungkin sudah mengenal bentuk bisnis yang bernamakan franchise atau waralaba. Bisnis franchise ini sudah menarik perhatian banyak orang dan menjadi primadona bagi orang-orang yang sedang tertarik dengan dunia bisnis. Hal ini dikarenakan investasi franchise dianggap sebagai usaha yang memiliki risiko cukup rendah dengan tingkat keberhasilan tinggi.

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah keberhasilan bisnis franchise ini berawal sejak memilih franchise dan pengetahuan Anda. Meskipun tingkat keberhasilannya tinggi, Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan pilihan untuk berbisnis. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tentang franchise dengan pasti sebelum Anda berinvestasi.

Apa Itu Investasi Franchise

Secara dasarnya, waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh seseorang atau badan usaha terhadap suatu bisnis yang boleh dimanfaatkan oleh pihak lain. Tentu saja untuk keamanan kedua belah pihak, ada perjanjian yang mengikat semua pihak.

Artinya, skema investasi dalam bentuk franchise ini dimulai ketika seseorang menanamkan modal untuk mendapatkan kerja sama dalam bentuk merek dagang, produk, dan sistem operasional. Jadi, Anda yang memilih franchise nantinya akan memperoleh izin dagang, mulai dari pemakaian merek, penjualan produk, sampai sistem penjualannya.

Contohnya Anda sudah memutuskan untuk membeli waralaba Apotek K-24 sebagai bisnis incaran Anda. Setelah melalui proses administrasi dan pembayaran yang telah ditentukan, Anda akan mendapatkan segala hal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah gerai Apotek K-24.

Hal-hal yang dibutuhkan ini seperti manajemen produksi, sistem IT, sistem operasional, manajemen keuangan, manajemen SDM, strategi pemasaran, dan lain sebagainya. Jadi, Anda hanya perlu membayar untuk investasi franchise di awal, maka urusan perizinan hingga pembangunan gerai apotek akan dilakukan pihak pemberi franchise.

Biaya untuk Franchise

Kemudahan dalam membuka sebuah usaha ini tentu dipengaruhi oleh adanya biaya yang harus Anda bayarkan sebagai bentuk investasi. Ada beberapa biaya penting yang harus Anda ketahui untuk bisa mendapatkan franchise, yaitu:

  • Franchise fee, sebuah biaya yang biasanya dibayarkan di awal untuk mendapatkan waralaba. Biaya ini untuk membeli lisensi dan hak atas franchise agar Anda bisa menggunakan merek atau nama brand.

  • Royalty fee, biaya yang akan dibayarkan setiap bulannya kepada pihak pemberi franchise. Besaran royalty fee ini tergantung kesepakatan yang sudah ditentukan dalam perjanjian.

  • Biaya persediaan bahan baku, bertujuan untuk pembelian bahan baku yang sudah habis.

Tips Memilih Investasi Franchise yang Prospek

Dewasa ini, banyak sekali pihak-pihak yang menawarkan produk franchise dengan harga yang murah. Produk murah tapi menghasilkan keuntungan tinggi tentu akan menarik perhatian konsumen. Namun, Anda harus berhati-hati karena bisa saja franchise yang ditawarkan bukanlah franchise yang sebenarnya.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih franchise, di antaranya:

a. Merek Waralaba Terkenal

Sebuah franchise yang bagus biasanya sudah memiliki reputasi dan nama yang baik di masyarakat. Hal ini karena salah satu syarat agar usaha menjadi franchise adalah terbukti menguntungkan. Selain itu, nama yang terkenal akan meminimalisir biaya promosi Anda.

b. Cari Franchise dengan Manajemen yang Bagus

Anda disarankan untuk melakukan investasi franchise pada waralaba dengan manajemen yang bagus. Manajemen suatu bisnis akan menentukan bagaimana bisnis tersebut berkembang. Sebab, jika pihak pemberi franchise bisa memberikan dukungan manajemen yang baik, Anda akan mudah untuk mengelola bisnis Anda.

Kemudahan untuk mengelola usaha dan keuntungan merupakan hal yang penting diperhatikan saat berinvestasi dalam bentuk waralaba. Maka dari itu, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk bisa berinvestasi sedini mungkin. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat