Tugas dan Fungsi Apotek yang Penting untuk Diketahui

Tugas dan Fungsi Apotek yang Penting untuk Diketahui

Tugas dan Fungsi Apotek yang Penting untuk Diketahui

  • May 25, 2023

Banyak orang mungkin masih menganggap bahwa apotek tidak lebih dari sebuah toko untuk membeli obat. Padahal, Anda perlu tahu kalau fasilitas kesehatan yang satu ini memiliki tugas dan fungsi yang lebih mendalam dari sekadar toko obat. Jika demikian, memang apa saja tugas dan fungsi apotek yang perlu untuk diketahui lebih dalam?

Apa itu Apotek?

Berdasarkan laman Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI), apotek adalah suatu fasilitas di mana seorang pakar dalam bidang farmasi bekerja. Fasilitas farmasi ini memiliki tugas untuk menyalurkan peralatan kesehatan dan juga meracik obat sesuai dengan resep yang diberikan.

Selain itu, pakar pada bidang farmasi ini biasanya juga bisa disebut dengan apoteker. Adapun KBBI mendefinisikan apotek sebagai tempat untuk meracik dan menjual obat-obatan secara aman. Penjualan ini perlu resep dokter untuk mencegah penyalahgunaan barang medis.

Tugas dan Fungsi Apotek

Penyelenggaraan apotek di Indonesia ini sebenarnya diatur pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 9 Tahun 2017 tentang Apotek. Artinya, ada dasar yang mengatur peran apotek di masyarakat dan Anda tidak bisa begitu saja membangun apotek.

Berikut adalah fungsi dan tugas dari apotek di lingkungan masyarakat yang perlu Anda ketahui:

a. Mengawasi Penggunaan Obat di Masyarakat

Apabila BPOM bertugas untuk mengawasi peredaran  obat di Indonesia secara umum, maka apotek ini berfungsi dalam mengawasi penggunaan obat di lingkungan sekitarnya. Pengawasan dalam menggunakan obat tentu perlu dilakukan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

Walaupun tidak dilakukan secara langsung, tetapi pengelola apotek memiliki kewajiban untuk tahu apakah konsumennya menggunakan obat dengan cara atau jumlah wajar.

b. Memberikan Obat Tergantung Kebutuhan

Tugas dan fungsi apotek yang selanjutnya adalah memberikan obat sesuai dengan kebutuhan pasien atau konsumen. Apabila konsumen membawa resep dokter, maka apotek berkewajiban untuk memberikan jenis dan jumlah obat sesuai dengan yang dituliskan pada resep.

Tindakan tersebut untuk mencegah munculnya kasus penyalahgunaan obat yang bisa berbahaya untuk kesehatan.

c. Menyebarkan Informasi dan Melakukan Pelayanan Kesehatan

Apotek ternyata tidak hanya berfungsi untuk menjual obat-obatan dan alat kesehatan kepada masyarakat saja. Namun, apotek juga memiliki tugas untuk menyebarkan informasi dan melakukan pelayanan kesehatan.

Beberapa layanan ini biasanya berupa pelayanan obat atas resep, pelayanan informasi obat, dan pelayanan farmasi klinik. Namun, apotek juga bisa melakukan pelayanan kesehatan seperti cek tensi, cek gula darah, cek kolesterol, dan lain sebagainya.

d. Mengkaji Resep Obat

Tugas dan fungsi apotek yang terakhir adalah mengkaji berbagai produk obat yang mereka jual, hal ini biasanya harus dilakukan oleh para apoteker. Tindakan ini penting untuk dilakukan guna menghindari efek samping yang berbahaya seperti overdosis.

Nah, itu dia berbagai fungsi dan tugas dari apotek yang perlu Anda ketahui. Secara umum, apotek berfungsi untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan obat-obatan dan alat kesehatan.

Apakah Anda tertarik untuk menjalankan berbagai tugas dan fungsi di atas? Sebab caranya mudah sekali, tinggal menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat