Brand Identity Adalah: Manfaat dan Contoh Konkret di Indonesia

Brand Identity Adalah: Manfaat dan Contoh Konkret di Indonesia

Brand Identity Adalah: Manfaat dan Contoh Konkret di Indonesia

  • Jun 13, 2023

Brand identity adalah salah satu indikator yang sangat penting dalam membuat citra merek pada bisnis Anda di masa depan. Ternyata sebelum melakukan langkah untuk membangun brand awareness dan brand image, Anda perlu menentukan brand identity yang cocok terlebih dahulu. Jika demikian, bagaimana sih pentingnya brand identity atau yang bisa disebut dengan identitas merek ini?

Seperti halnya Anda sebagai manusia, pasti memerlukan identitas yang lengkap untuk bisa menjalankan kehidupan di dunia. Contohnya saja Anda perlu identitas jelas untuk mendaftar sekolah, membuat buku tabungan, melakukan transaksi online, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan bisnis produk, usaha, atau perusahaan yang sedang Anda bangun pastinya juga membutuhkan identitas.

Brand Identity Adalah…

Banyak yang berpendapat bahwa dengan brand identity yang kuat mampu atau bisa membangun hubungan antara konsumen dan brand yang sama kuatnya. Setiap merek dari produk apapun pasti memiliki identitas yang berbeda-beda.

Selain berguna untuk membedakan, brand identity juga akan menggambarkan wajah, karakter, visi, misi, dan keunggulan produk Anda. Oleh karenanya, membangun brand identity termasuk dalam investasi jangka panjang yang baik bagi bisnis Anda. Jika demikian apa itu brand identity?

Singkatnya, brand identity adalah elemen-elemen yang sengaja diciptakan oleh perusahaan agar terlihat berbeda dari kompetitor sehingga dapat memunculkan kesan khusus untuk masyarakat. Ada beberapa elemen yang biasanya ada pada brand identity, yaitu logo, warna, tipografi, desain, dan lain-lain.

Identitas merek yang telah disusun ini nantinya akan menghasilkan brand image yang akan ditangkap dan diingat oleh pelanggan. Oleh karena itu, Anda jangan sampai keliru dengan istilah lainnya seperti brand, branding, brand image, dan brand awareness.

Manfaat Brand Identity

Identitas brand perlu dipersiapkan dengan matang ketika Anda ingin merintis bisnis. Sebab, dengan brand identity yang kuat, Anda bisa terlihat berbeda dari kompetitor dan menjadi pilihan masyarakat. Manfaat lainnya dari brand identity adalah sebagai berikut:

  • Memunculkan persona dan karakter dari merek. Identitas ini nantinya akan membentuk kesan dari masyarakat.

  • Melalui identitas, merek Anda akan mudah untuk dikenal masyarakat.

  • Dapat membentuk pesan yang konsisten.

  • Menambah kredibilitas dari brand Anda.

  • Mudah dalam memikat pelanggan baru dan membangun loyalitas konsumen.

Contoh Brand Identity

Saat merintis bisnis, maka Anda perlu menyiapkan nama merek dan logo. Keduanya akan menjadi aset visual yang sangat penting. Namun, itu saja tidaklah cukup karena Anda membutuhkan brand identity yang lengkap.

Hal ini bertujuan agar strategi branding dan pemasaran bisa lebih efektif lagi. Salah satu brand lokal yang memiliki identitas merek yang kuat adalah Apotek K-24. Melalui nama merek dan logonya saja sudah jelas bahwa Apotek K-24 adalah sebuah bisnis yang jalan di bidang kefarmasian.

Huruf K dalam nama mereknya sendiri merupakan singkatan dari “komplit”. Sedangkan angka 24 merepresentasikan 24 jam. Artinya, identitas dari Apotek K-24 ini apotek yang komplit obatnya dan buka selama 24 jam penuh.

Selain itu, logo dari Apotek K-24 sendiri menggunakan 4 palet warna, yaitu merah, kuning, hijau, dan putih. Selain eye catching, warna yang berbeda-beda ini sebenarnya menggambarkan karakter masyarakat Indonesia yang juga berbeda-beda tapi tetap satu.

Artinya, ketika masyarakat melihat warna merah, kuning, hijau, dan putih, harapannya mereka akan langsung teringat dengan brand lokal, yaitu Apotek K-24.

Usaha dengan brand Apotek K-24 ini menggunakan sistem bisnis franchise, lho. Oleh karena itu, jika Anda ingin merintis usaha tapi tidak ingin repot-repot untuk menciptakan brand identity, maka hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk membuka gerai dengan brand lokal. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan tentang brand identity adalah, manfaat, serta contohnya, semoga dapat bermanfaat!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat