Bisnis Musiman, 3 Alasan Tidak Bisa Jadi Bisnis Utama

Bisnis Musiman, 3 Alasan Tidak Bisa Jadi Bisnis Utama

Bisnis Musiman, 3 Alasan Tidak Bisa Jadi Bisnis Utama

  • Jun 17, 2023

Bisnis musiman terkadang terlihat lebih menarik karena pada waktu yang singkat Anda bisa mendapatkan konsumen dalam jumlah banyak. Selain itu, banyak yang menganggap bahwa keuntungan yang dihasilkan dari usaha musiman ini terbilang lebih menjanjikan dan banyak. Padahal, ada beberapa kekurangan dari bisnis ini yang perlu untuk Anda ketahui, lho. Apa saja?

Umumnya, usaha musiman adalah bisnis yang muncul ketika ada momen-momen tertentu saja, seperti bulan puasa, natal, dan lain sebagainya. Selain itu, orang-orang juga mengandalkan apa yang sedang trend atau viral di media sosial untuk membuka usaha. Jadi, Anda perlu melihat produk atau jasa apa yang sedang banyak diperbincangkan, baru kemudian membuka usaha.

Kekurangan Bisnis Musiman

Media sosial kini memang membuat persebaran informasi menjadi lebih cepat dan real-time. Oleh karena itu, ketika sebuah tren sedang viral, maka banyak orang yang akan tertarik dengan hal tersebut. Kondisi tersebut tentu tidak akan disia-siakan oleh para pencari cuan.

Beberapa bisnis memang terbilang menjanjikan, tapi usaha musiman ini juga memiliki banyak kekurangan. Berikut kekurangan usaha musiman yang harus Anda ketahui:

a. Tidak Bertahan dalam Waktu Lama

Bisnis yang berangkat dari sebuah tren biasanya tidak akan bertahan lama. Sebab, biasanya konsumen-konsumen ini hanya ingin melepaskan rasa penasarannya dengan hal yang sedang viral. Setelah rasa penasaran ini terpenuhi, maka orang-orang bisa kembali lagi atau tidak kembali karena sudah puas.

Sama dengan namanya, yaitu bisnis musiman yang hanya akan bertahan pada musimnya saja. Setelah suatu tren redup, maka jumlah konsumen yang akan mencarinya pun juga akan berkurang.

b. Pesaing Banyak

Tidak hanya waktunya yang hanya bertahan pada saat-saat tertentu saja, tapi usaha musiman juga memiliki banyak pesaing. Artinya, bukan hanya Anda saja yang ingin mencoba untuk memperjualbelikan produk atau jasa yang laris manis di pasaran.

Pesaing yang banyak ini tentu membuat persaingan pasar menjadi ketat. Hal ini membuat Anda tidak boleh lengah karena jumlah penjualan akan bergantung pada saat ketika memasarkannya. Dengan banyaknya pesaing, Anda perlu mengeluarkan tenaga yang lebih besar untuk menghadapinya.

c. Waktu Promosi sangat Singkat

Lamanya waktu promosi untuk bisnis musiman juga terbilang lebih singkat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tren atau hal yang viral bisa redup kapan saja. Oleh karena itu, waktu untuk promosi juga sangat singkat karena hanya mengikuti tren masyarakat saja.

Padahal, waktu promosi ini sangat mempengaruhi jumlah pelanggan yang datang ke usaha Anda. Selain itu, untuk menyiapkan konsep usaha dan lain sebagainya juga Anda hanya memiliki waktu yang pendek.

Melihat penjelasan di atas, usaha musiman ini memang tidak cocok bila untuk Anda jadikan sebagai investasi jangka panjang. Selain itu, juga sangat berisiko jika ingin Anda jadikan sebagai bisnis utama. Oleh karena itu, apabila ingin membangun bisnis yang tahan lama, Anda perlu berangkat dari kebutuhan masyarakat.

Contohnya saja Apotek K-24, sebuah bisnis yang menyediakan obat-obatan dan alat kesehatan untuk masyarakat. Seperti yang Anda tahu, kebutuhan untuk sehat adalah hal yang sangat dibutuhkan masyarakat masa kini.

Jadi, tunggu apa lagi, cepat hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk membuka bisnis yang tahan banting. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat