Brand Activation Adalah: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Brand Activation Adalah: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Brand Activation Adalah: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

  • Jun 20, 2023

Brand activation adalah suatu langkah yang penting dilakukan bagi perusahaan yang memiliki merek produk barang atau jasa. Hal ini sangat berguna untuk bisnis yang memiliki iklim kompetisi yang sangat tinggi. Namun, dalam melakukan brand activation ini perlu usaha yang keras juga biaya yang tidak sedikit.

Namun, ketika brand activation ini berhasil, maka Anda bisa mendapatkan hasil yang sangat besar, baik dalam bentuk penjualan, penghasilan, investasi, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, kini ada penghargaan Top Brand yang bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana Anda dalam mengembangkan brand. Jika demikian sebenarnya apa itu brand activation?

Brand Activation Adalah…

Banyak orang mengatakan kalau brand activation merupakan salah satu cara yang tepat untuk memasarkan produk tetapi tetap fokus dengan hubungan dengan masyarakat. Singkatnya, brand activation adalah sebuah kegiatan untuk mempromosikan merek dengan cara berinteraksi.

Selain berguna untuk menarik perhatian masyarakat, aktivitas tersebut bertujuan untuk mendekatkan merek dengan penggunanya melalui pengalaman nyata. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik merek perlu membangun hubungan yang emosional antara masyarakat dan merek.

Semakin kuat hubungan emosional tersebut, maka interaksi dengan pengguna pun juga akan semakin berkualitas. Alhasil, konsumen akan lebih sering membeli produk Anda dengan sukarela atau kemauan sendiri.

Manfaat Brand Activation

Brand activation dapat bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas, baik secara online atau offline. Dengan cara online, Anda dapat membentuk sebuah komunitas lewat media sosial. Tentu saja komunitas ini harus cocok dengan target pasar dari produk yang Anda miliki.

Sedangkan cara offline bisa dilakukan dengan cara pameran, kompetisi, sponsorship, dan lain sebagainya. Kedua jenis aktivitas ini sama-sama bertujuan untuk menciptakan brand awareness di pikiran masyarakat, meningkatkan minat konsumen untuk mencoba, dan membangun hubungan.

Kegiatan brand activation ini tentu sangat bermanfaat, baik untuk sekarang atau masa depan. Beberapa manfaat brand activation adalah:

  • Mendapatkan data pelanggan untuk melihat karakteristik secara umum.

  • Mendapatkan feedback dari pelanggan tentang produk yang Anda tawarkan.

  • Memperkuat posisi brand di antara kompetitor bisnis.

  • Menjangkau pasar yang lebih luas dan mendapatkan pelanggan baru.

Melakukan brand activation ini tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebab, untuk menghadirkan kesan baik di pikiran masyarakat, Anda perlu membentuk kebiasaan. Oleh karena itu, keberadaan brand di masyarakat ini sangat penting untuk bisnis dalam bentuk waralaba.

Waralaba atau franchise adalah bisnis yang menawarkan nama brand untuk digunakan pihak lain dalam berbisnis. Melalui franchise, Anda tidak perlu melakukan brand activation karena sudah dilakukan oleh pihak pemilik brand (franchisor).

Artinya, Anda akan mudah dalam berbisnis karena menggunakan merek yang sudah memiliki kepercayaan tinggi di mata masyarakat. Contohnya saja ketika Anda menggunakan waralaba Apotek K-24, maka Anda tinggal membayar modal awal kemudian bisa mengelola bisnisnya.

Aktivasi merek akan dipikirkan dan dilakukan oleh pihak pusat Apotek K-24. Mudah bukan? Yuk, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis dengan merek besar.  Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat