Bisnis Farmasi di Indonesia, 2 Peluang Ekonomi yang Cukup Besar

Bisnis Farmasi di Indonesia, 2 Peluang Ekonomi yang Cukup Besar

Bisnis Farmasi di Indonesia, 2 Peluang Ekonomi yang Cukup Besar

  • Jun 27, 2023

Kebutuhan akan hidup sehat kini semakin naik karena masyarakat Indonesia semakin sadar akan kesehatan dan usaha dalam mengurangi gejala penyakit. Oleh karena itu, dengan jumlah penduduk yang lebih dari 270 juta, Indonesia memiliki potensi pasar yang besar. Salah satunya bisnis farmasi Indonesia yang ternyata bisa menduduki peringkat teratas di area ASEAN.

Sejak peristiwa COVID-19 pada tahun 2020 lalu, kebutuhan akan obat dan multivitamin selalu meningkat. Namun, peningkatan kebutuhan ini belum diiringi dengan bertambahnya jumlah produsen farmasi. Oleh karena itu, peluang industri farmasi dan alat kesehatan di Indonesia ini begitu besar dan sayang apabila Anda biarkan begitu saja.

Contoh Bisnis Farmasi di Indonesia

Menurut KBBI, farmasi adalah cara dan teknologi pembuatan, cara penyimpanan, penyediaan, dan penyaluran obat. Artinya, usaha dalam bidang farmasi ini mencakup apa saja yang berhubungan dengan obat serta alat kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dalam perkembangannya, banyak sekali bentuk usaha dalam bidang farmasi yang bisa Anda temukan di Indonesia. Selain memberikan keuntungan yang berkelanjutan, bentuk-bentuk bisnis ini juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengatasi penyakit.

Berikut beberapa contoh usaha yang ada dalam ranah farmasi:

a. Laboratorium Klinik

Peluang bisnis dalam bentuk laboratorium ini sedang berada di puncak kejayaan setelah munculnya COVID-19 hingga dua tahun belakangan ini. Bahkan, walau status kedaruratan COVID-19 ini dicabut, masyarakat masih membutuhkan laboratorium klinik untuk cek kesehatan lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, bisnis laboratorium klinik ini akan terus menjadi bisnis yang menjanjikan.

b. Apotek

Apotek adalah salah satu bisnis farmasi di Indonesia yang sangat terkenal dan banyak orang berlomba-lomba untuk membukanya. Ada yang mengatakan bahwa peluang dari bisnis apotek ini sama besarnya dengan bisnis rumah makan atau kuliner.

Mengapa demikian? Sebab, konsumen atau pelanggannya akan selalu ada, entah di kota-kota besar ataupun di pelosok desa. Apotek ini sangat dibutuhkan karena mereka menjadi agen utama dalam menyalurkan obat, multivitamin, suplemen kesehatan, dan alat kesehatan kepada masyarakat dengan aman.

Selain itu, apotek juga menjadi tempat yang sudah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan RI dan BPOM sehingga tidak perlu diragukan lagi. Keuntungan dari bisnis apotek ini datang dari hasil penjualan obat dan juga konsultasi bersama dokter, jika ada dokter.

Bisnis farmasi ini begitu menjanjikan karena banyak masyarakat yang membutuhkan obat dan alat kesehatan setiap saat. Oleh karena itu, tidak akan rugi jika Anda ingin memulai bisnis dengan membuka apotek di sekitar lingkungan Anda.

Apabila tidak tahu dengan pasti bagaimana caranya, maka Anda bisa menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang menguntungkan ini.  Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Melalui waralaba, Anda akan dimudahkan dalam membuka gerai dan mengelola bisnis yang ada. Sebab, tidak hanya didukung dengan penuh, Anda juga akan terus mendapatkan pelatihan dalam mengelola sebuah bisnis.

Jadi, walau tidak memiliki background bisnis atau farmasi, Anda masih bisa atau mampu untuk mengelola bisnis yang menguntungkan. Yuk, jangan lewatkan peluang besar ini!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat