4 Cara Memilih Bisnis yang Tepat untuk Franchise

4 Cara Memilih Bisnis yang Tepat untuk Franchise

4 Cara Memilih Bisnis yang Tepat untuk Franchise

  • Jul 12, 2023

Mempunyai bisnis ideal dan bisa menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan tentu menjadi impian banyak orang. Apalagi jika Anda memilih mengambil salah satu franchise yang ada di Indonesia sebagai bisnis utama. Tentu saja Anda perlu memilih jenis bisnis yang cocok dan bisa bertahan lama. Lalu bagaimana sih cara memilih bisnis yang tepat untuk franchise yang perlu diketahui?

Salah satu tujuan membuka bisnis pastinya untuk menambah sumber penghasilan selain pendapatan dari pekerjaan utama. Sebab, dewasa ini memiliki banyak sumber pendapatan menjadi suatu hal yang didamba-dambakan. Selain karena kebutuhan pokok yang semakin bertambah, ada juga keinginan untuk mendapatkan finansial yang stabil walau sudah di masa tua.

Cara Memilih Bisnis yang Tepat untuk Franchise

Entah Anda sadari atau tidak, sebenarnya banyak sekali peluang bisnis yang dapat dijalankan di sekitar lingkungan. Hanya saja, dalam menangkap peluang bisnis tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Tidak hanya peluang bisnis, memilih jenis bisnis atau franchise yang tepat pun juga terkadang menjadi tantangan tersendiri. Namun, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan dalam memilih franchise atau bisnis agar cocok dengan pasar, yaitu:

a. Tidak Terpengaruh Tren

Memilih brand yang sudah memiliki reputasi baik dan jenis bisnis yang dibutuhkan masyarakat. Apabila masyarakat selalu membutuhkan barang/jasa yang Anda tawarkan, maka konsumen akan selalu meramaikan bisnis Anda.

Selain itu, bisnis tidak akan terpengaruh tren yang sedang berlangsung di masyarakat. Artinya, usaha Anda tidak mudah mati dan penghasilan pun akan selalu datang ke dompet Anda.

b. Riset Informasi yang Detail

Cara memilih bisnis yang tepat selanjutnya adalah perlu meriset atau mencari informasi bisnis franchise secara detail. Riset brand sebelum memilih brand sangat penting, untuk menghindari atau meminimalisir kegagalan ketika menjalankan bisnis franchise.

Ada beberapa informasi yang harus diketahui, seperti sejak kapan bisnis berdiri, bagaimana keuangan perusahaan, bagaimana kelanjutan profit, bagaimana mengatasi masalah, dan lain sebagainya. Informasi-informasi ini untuk memastikan bahwa bisnis yang Anda pilih benar-benar franchise dan sudah terbukti keuntungannya.

c. Cek STPW

Selain informasi yang penting, Anda juga perlu mengecek STPW dari bisnis yang akan dipilih. STPW adalah Surat Tanda Pendaftaran Waralaba, dokumen ini memberi bukti bahwa bisnis sudah benar-benar berbentuk franchise.

Artinya, franchise yang ditawarkan bukan sekadar gimmick di mana hanya untuk menarik perhatian saja. Gimmick dengan latar belakang franchise sudah banyak tersebar, apalagi melalui iklan-iklan digital.

d. Cari Tahu Dukungan Franchise

Cara memilih bisnis yang tepat untuk franchise yang terakhir adalah dengan melihat dukungan apa saja yang diberikan pihak franchise (franchisor). Franchise merupakan bentuk bisnis di mana Anda akan mendapatkan dukungan penuh, mulai dari pembuatan gerai, mengurus perizinan, rekrutmen pegawai, IT, pengembangan keterampilan karyawan, dan lain-lain.

Artinya, melalui franchise seharusnya Anda hanya perlu memberikan modal awal sebagai franchise fee kemudian Anda sudah mendapatkan bisnis yang diinginkan. Cara ini untuk mempermudah Anda sebagai pebisnis dalam mengurus bisnis.

Keuntungan-keuntungan di atas tentu akan Anda dapatkan melalui franchise Apotek K-24. Apotek K-24 sendiri merupakan sebuah usaha yang menyediakan kebutuhan masyarakat akan obat dan alat kesehatan.

Selain itu, Apotek K-24 adalah kepanjangan dari komplit obatnya dan buka 24 jam untuk mempermudah akses masyarakat. Jadi, selain berbisnis Anda juga akan memberikan kebaikan untuk masyarakat Indonesia.

Tunggu apalagi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk membuka sumber penghasilan lainnya.  Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat