Brand Engagement Adalah: Pengertian dan Levelnya

Brand Engagement Adalah: Pengertian dan Levelnya

Brand Engagement Adalah: Pengertian dan Levelnya

  • Jul 14, 2023

Brand engagement adalah salah satu hal yang penting diperhatikan untuk mencapai kesuksesan branding bisnis atau strategi marketing. Artinya, brand engagement ini mungkin menjadi faktor krusial untuk Apotek K-24 dalam mendapatkan Indonesia Digital Popular Brand Award 2023. Apabila penting, sebenarnya apa itu brand engagement?

Sama seperti artinya, brand engagement dapat diartikan sebagai interaksi antara sebuah brand dengan masyarakat, khususnya pelanggan. Sebuah engagement menjadi penting karena dapat mengukur sampai mana performa brand Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Namun, pengukuran ini tentu bisa berbeda-beda, tergantung setiap perusahaan dalam mengukurnya.

Brand Engagement Adalah…

Engagement atau interaksi ini nantinya akan menjadi salah satu kunci dari kesuksesan branding. Sebab, National Business Research Institute menjelaskan bahwa brand engagement adalah sebuah sebuah komitmen secara emosional yang terjadi antara suatu brand dengan pelanggan.

Hal ini berarti ada komunikasi dua arah di antara brand dengan target pasar yang telah ditentukan. Selain itu, brand engagement ini ternyata lebih dalam dari sekadar brand awareness. Seperti yang Anda tahu, brand awareness adalah tahapan pertama dalam memperkenalkan brand pada publik.

Sedangkan dalam brand engagement sudah muncul hubungan yang terjalin dengan baik antara konsumen dengan brand. Hubungan yang baik ini adalah hasil yang didapatkan dari usaha branding. Artinya, semakin banyak interaksi antara brand dan pelanggan, semakin tinggi pula engagement yang dibangun.

Interaksi yang dimaksud dari brand engagement ini berupa kritik, saran, feedback, komentar, dan komunikasi dua arah lainnya. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel brand experience sebelumnya, bahwa pengalaman dan interaksi dapat menumbuhkan loyalitas pelanggan.

Level Brand Engagement

Ada 3 poin yang menjadi tanda bahwa brand engagement ini berhasil, yaitu bisa menarik perhatian calon pelanggan, memulai komunikasi dengan prospek, dan bisa memenuhi kepuasan pelanggan. Namun, dalam mencapai hal tersebut, Anda perlu memperhatikan level brand engagement.

Ternyata ada 7 level brand engagement yang harus Anda ketahui. 7 level brand engagement adalah:

  • Menerima konten, yang bisa dilakukan melalui media sosial, website, blog perusahaan, media iklan, dan lain sebagainya. Konten ini bisa berupa gambar, audio, tulisan, dan lain-lain.

  • Menunjukkan dukungan, yang bisa dilihat dari jumlah like, follow, subscribe, komentar, share, traffic, impression, dan CTR.

  • Berpartisipasi dalam percakapan, ketika pelanggan aktif terlibat dalam percakapan maka orang tersebut berpotensi melakukan aksi pembelian.

  • Membagikan informasi pada orang lain, biasanya pelanggan akan menunjukkan kecintaannya pada brand dengan membagikan pengalamannya ke orang lain.

  • Aktif dan mau berpartisipasi dalam event atau acara yang brand adakan.

  • Membuat konten dengan brand di dalamnya dengan sukarela, seperti review produk.

  • Melakukan pembelian, yang menjadi tujuan utama dari proses bisnis perusahaan.

Nah, itu dia bagaimana pentingnya brand engagement dan apa saja level-level yang perlu diperhatikan dalam proses branding. Membentuk brand engagement tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apabila Anda masih bingung dalam aktivitas branding, maka Anda bisa memilih usaha seperti franchise.

Contohnya saja franchise Apotek K-24, sebuah bisnis apotek yang sudah berjalan lebih dari 20 tahun. Dengan Apotek K-24, aktivitas brand akan dilakukan oleh franchisor sehingga Anda tidak perlu repot mengurusnya.

Jadi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24.  Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. Demikian ulasan tentang brand engagement adalah dan apa saja levelnya, semoga dapat bermanfaat. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat