Riset Bisnis Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Riset Bisnis Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Riset Bisnis Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

  • Agust 02, 2023

Riset bisnis adalah salah satu proses yang penting untuk dilakukan ketika ingin memulai usaha, apalagi jika menggunakan sistem franchise. Memulai sebuah usaha tentu tidak boleh sembarangan membuat bangunan sebagai tempat berbisnis. Sebelumnya, Anda perlu mempersiapkan banyak hal agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan dan keuntungan yang maksimal.

Mengumpulkan modal-modal memang penting sekali dalam proses pembentukan bisnis. Namun, begitu pula dengan riset bisnis yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebab, langkah yang satu ini menjadi sangat esensial ketika Anda akan mengambil keputusan untuk bisnis yang akan dikelola.

Riset Bisnis Adalah…

Menurut KBBI, riset berarti penyelidikan suatu masalah secara kritis, tersistem, dan ilmiah dengan jelas. Hal ini berguna untuk meningkatkan pengetahuan serta pengertian dalam mendapatkan fakta dan penafsiran yang lebih baik.

Jika demikian, riset bisnis adalah langkah dalam mengumpulkan informasi yang relevan mengenai aktivitas bisnis di sekitar Anda lalu menggunakannya untuk memaksimalkan keuntungan. Semakin banyak fakta menarik tentang dunia bisnis, maka semakin mudah juga dalam mengambil keputusan.

Pada umumnya, kegiatan riset bisnis ini berusaha untuk mencari kondisi pasar, pesaing, target pasar, dan informasi lainnya sehingga Anda bisa menentukan strategi yang tepat. Nantinya, lewat riset bisnis ini Anda akan mudah dalam menyusun rencana bisnis dan strategi.

Tidak hanya itu saja, riset bisnis juga bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis yang sudah didirikan.

4 Manfaat Riset Bisnis

Pada umumnya, kegiatan riset bisnis ini dilakukan dalam waktu yang cukup panjang. Jadi, tidak hanya cukup dalam satu hari saja. Kendati demikian, kegunaan riset bisnis ini sangat banyak dan penting bagi usaha Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat dari riset bisnis:

a. Memahami Target Pasar

Riset pasar akan memberikan gambaran keadaan masyarakat dalam bidang ekonomi, seperti apa saja kebutuhan dan harapan mereka. Selain itu, melalui riset bisnis ini Anda akan mendapatkan informasi demografis, seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan status ekonomi.

Kedua hal tersebut bisa membantu Anda dalam memahami dan menentukan target pasar yang sesuai.

b. Menemukan Peluang Baru

Selanjutnya, salah satu manfaat riset bisnis adalah bisa menemukan peluang baru jika ingin mengembangkan bisnis baru. Sebab, tujuan riset yang paling utama adalah menemukan hal-hal yang baru dan unik.

c. Membantu Pengambilan Keputusan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, riset bisnis merupakan cara untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Termasuk di dalamnya mengetahui kebutuhan pelanggan, menganalisis kompetitor, dan juga memahami kondisi pasar pada saat itu.

Semua informasi yang ada ini nantinya dapat menjadi dasar bagi Anda dalam mengambil keputusan. Alhasil, keuntungan bisa semakin maksimal dan risiko menjadi lebih minim.

d. Mengukur Keberhasilan Bisnis

Tidak hanya berguna dalam mengambil keputusan, salah satu kegunaan riset bisnis adalah dapat mengukur seberapa keberhasilan bisnis Anda. Sebab, Anda bisa mengetahui di mana posisi bisnis Anda di pasar dan apakah banyak orang yang menyukainya.

Itu dia penjelasan singkat mengenai riset bisnis yang penting untuk dilakukan. Riset bisnis ini juga penting dilakukan jika Anda ingin berbisnis menggunakan sistem franchise, lho. Namun, jika Anda memilih berbisnis bersama franchise Apotek K-24, maka proses riset ini bisa dibantu oleh franchisor.

Jadi, tidak perlu ragu untuk menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat