SOP Apotek, 3 Manfaat yang Penting untuk Operasional

SOP Apotek, 3 Manfaat yang Penting untuk Operasional

SOP Apotek, 3 Manfaat yang Penting untuk Operasional

  • Agust 08, 2023

Setiap pekerjaan atau sebuah bisnis pasti membutuhkan SOP yang merupakan singkatan dari Standar Operasional Prosedur. Begitu pula dengan jalannya bisnis apotek, khususnya Apotek K-24, yang menggunakan SOP apotek untuk melayani konsumen. Namun, sebenarnya apa sih kegunaan dari SOP ini? Apakah sangat penting bagi bisnis Anda agar bisa berjalan dengan lancar?

Berdasarkan Permenkes Nomor 14 Tahun 2021, setiap apotek di Indonesia harus memiliki SOP yang sudah tetap dalam menjalankan layanan. Menurut aturan tersebut, terdapat SOP yang harus dimiliki, seperti SOP pengelolaan sediaan farmasi, BMHP, alat kesehatan, hingga pelayanan farmasi klinis. Oleh karena itu, SOP ini menjadi penting bagi Anda yang ingin membuka bisnis apotek.

Manfaat SOP Apotek

Pada dasarnya, SOP adalah teks yang berisikan urutan tata cara dalam melaksanakan sebuah kegiatan agar tujuan dapat tercapai. Di dalamnya pun termasuk informasi mengenai tempat, waktu, dan siapa saja yang harus melaksanakannya.

Jadi, SOP ini merupakan pedoman atau sistem yang sudah disusun sedemikian rupa untuk memudahkan, merapikan, dan menertibkan berbagai aktivitas di apotek. Alhasil, setiap pekerjaan di apotek ini bisa berjalan lancar dan efektif.

Hal itulah yang membuat SOP sangat penting secara umum. Namun, ada beberapa manfaat SOP lainnya bagi kegiatan apotek, di antaranya:

a. Membantu dalam Memahami Tugas

SOP apotek akan membantu pekerja, khususnya apoteker, untuk memahami tugas dan perannya dalam satu gerai. Melalui SOP, ruang lingkup dan prosedur yang harus dikerjakan ini sudah tertulis jelas, sehingga karyawan akan mudah memahami tugasnya.

Jika langkah-langkah pekerjaan ini jelas, maka operasional gerai apotek akan menjadi lebih efektif dan efisien.

b. Meminimalisir Kesalahan

SOP memberikan standar tata kerja yang harus dikerjakan setiap hari. Melalui hal tersebut, aktivitas karyawan pun menjadi lebih teratur sehingga bisa meminimalkan kesalahan yang mungkin dilakukan oleh karyawan.

Sebab, tanpa adanya SOP yang jelas, karyawan bisa bertindak dan beraktivitas semaunya. Hal tersebut tentu akan membuat sering terjadinya kesalahan yang bisa merugikan apotek. Dengan kesalahan yang minim, maka pelayanan kefarmasian di apotek pun juga akan berjalan lancar.

c. Memudahkan dalam Pencapaian Target

Dalam perjalanannya, setiap gerai apotek pasti memiliki target tertentu yang harus dicapai, seperti omzet harian, target kepuasan, hingga persediaan produk obat. Adanya SOP apotek membuat karyawan bisa bekerja sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

Kegiatan yang konsisten dan teratur ini berguna untuk memaksimalkan kinerja sehingga target-target pun mudah untuk dicapai. Selain itu, SOP juga bisa memudahkan Anda dalam melakukan evaluasi, mulai dari evaluasi pelayanan, pengelolaan, mutu, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari SOP yang umumnya dimiliki semua perusahaan. Setiap apotek pasti memiliki SOP yang bervariasi, tergantung kebutuhan dan lingkungan apotek itu sendiri. Oleh karena itu, pembuatan SOP apotek ini tidak boleh sembarangan karena harus sesuai dengan peraturan yang ada.

Apabila masih bingung dalam pembuatan SOP yang baik, maka Anda bisa menggunakan franchise Apotek K-24 untuk memulai bisnis. Melalui franchise ini, Apotek K-24 akan memberikan dukungan penuh terhadap bisnis Anda, salah satunya SOP yang sudah tersusun dengan baik.

Jadi, tunggu apa lagi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Selain itu, franchise Apotek K-24 juga akan hadir di IFRA Business Expo 2024 pada tanggal 25-27 Agustus besok ini. Selama berlangsungnya Expo, Apotek K-24 akan menawarkan dua promo menarik, nih.

Pertama, diskon 50% royalty fee pada 6 bulan pertama operasional untuk deal MoU di kota/kabupaten yang sudah ada Apotek K-24. Kedua, cashback sebesar 20 juta franchise fee untuk deal MoU di kota/kabupaten yang belum ada Apotek K-24. Jadi, datangi stan Apotek K-24 di ICE BSD City, ya, kalau ingin mendapatkan promo tersebut. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat