Macam macam Laporan Keuangan, Penting untuk Kelangsungan Bisnis!

Macam macam Laporan Keuangan, Penting untuk Kelangsungan Bisnis!

Macam macam Laporan Keuangan, Penting untuk Kelangsungan Bisnis!

  • Agust 09, 2023

Dalam menjalankan sebuah bisnis apotek, keuangan menjadi salah satu aspek yang sangat fundamental. Sebab, melihat dari keadaan keuangan, Anda bisa mengambil keputusan untuk pengembangan bisnis. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengenali berbagai macam macam laporan keuangan agar usaha bisa berjalan lebih lancar.

Singkatnya, laporan keuangan adalah catatan finansial yang terjadi dalam bisnis dan menggambarkan keadaan keuangan secara nyata. Umumnya, laporan keuangan berisikan pergerakan transaksi pembelian, penjualan, dan lain sebagainya. Selain itu, biasanya laporan keuangan dibuat atau disiapkan dalam periode tertentu, seperti satu bulan, satu tahun, dan lain-lain.

Macam macam Laporan Keuangan dalam Bisnis Apotek

Laporan keuangan sebenarnya tidak hanya penting bagi Anda untuk melihat bagaimana jejak finansial bisnis apotek Anda. Namun, laporan keuangan juga esensial bagi calon investor, stakeholder, dan pihak lainnya. Sebab, melalui transparansi ini, pihak lain bisa menilai bagaimana kesehatan dari bisnis Anda.

Oleh karena itu, dalam pembuatan laporan keuangan ini perlu dilakukan dengan tepat dan cermat. Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa jenis laporan keuangan yang biasanya harus ada dalam bisnis apotek. Berikut beberapa laporan keuangan yang harus disiapkan:

Laporan Arus Kas (Cash Flow)

Macam macam laporan keuangan yang pertama adalah laporan arus kas, sebuah laporan yang berisikan semua informasi tentang pemasukan dan pengeluaran dalam satu periode. Ada dua jenis laporan arus kas (cash flow), yaitu arus kas langsung dan arus kas tak langsung.

Arus kas langsung biasanya berupa perhitungan transaksi tunai untuk operasional, sedangkan arus kas tidak langsung berisi perhitungan laba bersih. Jenis laporan keuangan yang satu ini bisa digunakan untuk evaluasi struktur keuangan dalam perusahaan sehingga bisa menghadapi peluang bisnis baru.

Laporan Laba Rugi

Jenis laporan laba rugi ini perlu Anda pahami secara mendalam karena penting untuk melihat keadaan keuangan perusahaan. Pada umumnya, isi dari laporan laba rugi ini adalah informasi tentang pendapatan dan beban yang harus ditanggung perusahaan selama bisnis berlangsung.

Rangkuman pada laporan laba rugi ini biasanya berisikan penjualan, harga pokok penjualan, laba kotor, beban usaha, dan laba bersih. Laporan keuangan yang satu ini bisanya menjadi acuan untuk menentukan langkah dan kebijakan yang tepat untuk pengembangan bisnis.

Neraca Keuangan (Balance Sheet)

Laporan neraca atau balance sheet menjadi macam macam laporan keuangan yang sangat dibutuhkan pada bisnis apotek selanjutnya. Neraca keuangan biasanya mencakup gabungan dari segala laporan keuangan yang ada sehingga akan dibuat selama satu tahun sekali.

Data yang masuk dalam neraca keuangan tidak boleh selisih karena menunjukkan kekuatan finansial secara riil. Selain itu, dalam laporan neraca ini bersifat rahasia karena mempunyai berbagai informasi penting terkait perusahaan, mulai dari pemegang saham, kreditur, tanggung jawab, dan lain-lain.

Membuat laporan keuangan ini tentu tidak boleh sembarangan. Sebab, salah sedikit bisa berakibat fatal pada keputusan yang akan diambil mengenai bisnis apotek Anda. Jika tidak mau pusing dalam membuat macam macam laporan keuangan di atas, gunakan saja franchise Apotek K-24 sebagai bisnis Anda.

Melalui franchise Apotek K-24, Anda akan mampu untuk menikmati dan membuat laporan keuangan apotek secara akurat dan sistematis. Sebab, Apotek K-24 menggunakan software yang sudah terintegrasi untuk memudahkan para franchisee.

Jadi, tidak perlu ragu untuk menghubungi hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Selain itu, franchise Apotek K-24 juga akan hadir di IFRA Business Expo 2023 pada tanggal 25-27 Agustus besok ini. Selama berlangsungnya Expo, Apotek K-24 akan menawarkan dua promo menarik, nih.

Pertama, diskon 50% royalty fee pada 6 bulan pertama operasional untuk deal MoU di kota/kabupaten yang sudah ada Apotek K-24. Kedua, cashback sebesar 20 juta franchise fee untuk deal MoU di kota/kabupaten yang belum ada Apotek K-24. Jadi, datangi stan Apotek K-24 di ICE BSD City, ya, kalau ingin mendapatkan promo tersebut. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat