3 Tips Mengatur Keuangan Usaha, Penting untuk Dilakukan!

3 Tips Mengatur Keuangan Usaha, Penting untuk Dilakukan!

3 Tips Mengatur Keuangan Usaha, Penting untuk Dilakukan!

  • Agust 18, 2023

Dalam berbisnis Anda tidak hanya memperhatikan apakah bisnis menghasilkan laba tidak, atau bagaimana memproduksi barang saja. Sebagai pemilik usaha, Anda juga harus pandai dalam mengatur keuangan. Sebab, tanpa pengaturan yang baik, keuangan bisa boncos atau kecolongan dan berbahaya untuk bisnis. Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips mengatur keuangan usaha.

Keuangan dalam berbisnis memang sangat esensial. Sebab, tanpa adanya dana yang diatur, Anda tidak akan bisa mengendalikan bisnis dengan baik. Bahkan, sebuah studi mengatakan bahwa banyak bisnis yang gulung tikar karena pengaturan keuangan yang sembarangan sehingga tidak terpantai dengan sempurna. Oleh karena itu, dalam mengatur keuangan ini, Anda perlu berhati-hati.

Tips Mengatur Keuangan Usaha yang Baik

Pengelolaan keuangan yang baik ternyata bisa mempermudah Anda dalam mengambil keputusan dan proses pengembangan bisnis. Permasalahannya, tidak semua pelaku bisnis mengetahui bagaimana sih mengatur keuangan yang baik dan benar.

Oleh karenanya, masih banyak orang yang merasakan kecolongan dalam laporan keuangan sehingga catatan dan kenyataan kadang tidak sesuai. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mengatur keuangan bisnis:

a. Pisahkah Keuangan Bisnis dan Pribadi

Banyak pengusaha pemula yang masih memiliki kebiasaan untuk mencampuradukkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Padahal, kebiasaan tersebut bisa membuat laporan arus kas (cash flow) menjadi berantakan.

Maka dari itu, tips mengatur keuangan usaha yang pertama adalah Anda harus memisahkan keuangan tersebut. Anda bisa menganggap bahwa Anda sedang bekerja di sebuah perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa membuat dua rekening yang berbeda, satu untuk pribadi satu untuk bisnis Anda.

Tindakan yang seperti ini akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan dan menganalisis keluar masuknya kas perusahaan.

b. Pantau Laporan Arus Kas

Memantau jalannya arus kas secara rutin juga penting dalam pengaturan keuangan perusahaan Anda. Tujuannya adalah agar Anda bisa melihat berapa saja pemasukan dan apa saja pengeluaran yang dibutuhkan.

Bila Anda mengeceknya secara rutin, Anda bisa dengan mudah melihat jika ada yang uang yang terselip atau tidak. Jangan sampai pengeluaran perusahaan membengkak tanpa Anda sadari.

c. Wajib Menyediakan Dana Darurat

Tips mengatur keuangan usaha yang selanjutnya adalah dengan selalu menyediakan dana darurat, baik untuk keuangan pribadi atau keuangan bisnis. Walaupun setiap bulan Anda membuat perencanaan keuangan, tapi tidak salah jika sedia dana cadangan.

Sebab, terkadang banyak hal tak terduga yang bisa terjadi tanpa bisa Anda prediksi dengan tepat. Dalam menjalankan bisnis, tentu ada kondisi di mana Anda akan mengalami hal yang menyenangkan atau justru mendapat masalah yang tak terduga.

Melihat penjelasan di atas, salah satu faktor yang menentukan keberlangsungan bisnis adalah bagaimana Anda mengatur keuangan. Bisnis apotek pun juga tidak luput dari hal tersebut. Jadi, jika Anda berkeinginan memulai bisnis apotek, Anda bisa belajar dalam mengatur keuangan terlebih dulu.

Namun, apabila Anda menggunakan franchise Apotek K-24, maka strategi pengaturan dana atau tips mengatur keuangan usaha ini sudah masuk ke dalam SOP yang diajarkan pada calon pemilik usaha. Jadi, dalam mengatur keuangan ini, Anda akan mendapat dukungan penuh dari franchisor.

Jadi, tidak perlu khawatir, laporan atau keadaan keuangan Anda tidak akan berantakan jika menggunakan franchise Apotek K-24. Yuk, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Selain itu, franchise Apotek K-24 juga akan hadir di IFRA Business Expo 2023 pada tanggal 25-27 Agustus besok ini. Selama berlangsungnya Expo, Apotek K-24 akan menawarkan dua promo menarik, nih.

Pertama, diskon 50% royalty fee pada 6 bulan pertama operasional untuk deal MoU di kota/kabupaten yang sudah ada Apotek K-24. Kedua, cashback sebesar 20 juta franchise fee untuk deal MoU di kota/kabupaten yang belum ada Apotek K-24. Jadi, datangi stan Apotek K-24 di ICE BSD City, ya, kalau ingin mendapatkan promo tersebut.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat