Kesalahan Pebisnis Pemula pada Bisnis Apotek yang Kudu Dihindari

Kesalahan Pebisnis Pemula pada Bisnis Apotek yang Kudu Dihindari

Kesalahan Pebisnis Pemula pada Bisnis Apotek yang Kudu Dihindari

  • Agust 31, 2023

Membangun, mengelola, dan mengembangkan bisnis memang memerlukan usaha yang sangat keras. Tak jarang banyak kesalahan yang terjadi ketika sedang mengelola usaha. Melakukan kesalahan memang umum terjadi, bahkan pengusaha yang sudah terkenal pun mengakui hal tersebut. Namun, apa saja sih kesalahan pebisnis pemula yang sering dilakukan pada bisnis apotek?

Dalam mengelola bisnis apotek, Anda mungkin akan menemui banyak tantangan dan pilihan yang harus dipertimbangkan. Tidak jarang keputusan dalam memilih pilihan yang ada bisa mendatangkan dampak pada bisnis, entah dampak baik atau buruk. Oleh karena itu, banyak orang perlu untuk belajar dari orang lain atau belajar langsung dari pengalaman yang ada.

Kesalahan Pebisnis Pemula pada Bisnis Apotek

Para pengusaha-pengusaha besar mengatakan bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Namun, apabila kesalahan ini berakibat sangat fatal, maka bisnis Anda bisa saja tutup. Jadi, hal yang dapat Anda lakukan adalah meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

Berikut beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan oleh para pebisnis pemula ketika membangun apotek:

1. Kurang Melakukan Riset dan Analisa Pasar

Riset sangat penting untuk bisnis karena akan memberikan informasi yang esensial bagi bisnis Anda. Sebagai pengusaha, Anda pastinya memerlukan informasi tentang kebutuhan, karakteristik pasar, potensi penjualan, dan lain sebagainya.

Ketika riset dan analisa pasar ini kurang dilakukan, maka bisnis yang Anda bangun bisa tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Akibatnya, permintaan pelanggan tidak sesuai, omzet hanya sedikit, hingga kesan apotek menjadi tidak baik.

2. Salah Memilih Lokasi Bisnis

Kesalahan pebisnis pemula selanjutnya adalah memilih lokasi apotek yang kurang strategis. Lokasi apotek sangat berperan penting dalam keberlangsungan bisnis. Sebab, melalui lokasi, Anda bisa mendapat pelanggan dengan mudah karena mudah dijangkau.

Ketika Anda salah memilih lokasi, maka bisa mempengaruhi performa penjualan apotek dan menyebabkan penurunan omzet.

3. Kurang Paham dengan Legalitas

Apotek adalah fasilitas pelayanan kefarmasian yang diatur oleh banyak peraturan, mulai dari perdagangan, kefarmasian, dan lain sebagainya. Legalitas sangat penting untuk keberlangsungan bisnis apotek. Tanpa adanya legalitas, Anda bisa dituduh sedang menjalankan praktik ilegal.

Oleh karena itu, sebelum membangun apotek ketahui dulu legalitas atau perizinan apa saja yang perlu dicari. Jika tidak memperhatikan legalitas, pertumbuhan bisnis apotek bisa terhambat.

4. Layanan dan Persediaan Produk Kurang

Kesalahan pebisnis pemula yang sering dilakukan selanjutnya adalah berkaitan dengan layanan dan produk apotek. Persediaan produk untuk apotek terbilang tidak sedikit. Sebab, banyak sekali jenis obat atau alat kesehatan yang harus ada di dalam apotek. Jika obat yang dicari masyarakat kosong, maka sama saja Anda menolak pelanggan.

Selain itu, layanan kefarmasian dalam apotek perlu dilakukan dengan baik karena berhubungan dengan obat. Layanan ini sudah diatur dalam peraturan, mulai dari konsultasi, pelayanan resep, konseling, pemberian informasi obat, dan pemantauan terapi obat.

Pelayanan adalah nilai penting dari jalannya bisnis apotek. Semakin baik pelayanan, maka masyarakat akan semakin betah datang ke apotek Anda. Jadi jangan salah langkah dalam melayani pelanggan apotek, ya.

Nah, itu dia beberapa kesalahan pebisnis pemula pada bisnis apotek yang mungkin terjadi. Dengan mengetahui poin-poin di atas, Anda bisa mengantisipasi kesalahan yang akan terjadi di masa depan ketika membangun apotek.

Dalam meminimalisir kesalahan tersebut, Anda bisa saja menggunakan franchise Apotek K-24. Sebab, melalui franchise Apotek K-24, Anda akan dibantu dalam menyiapkan dan mengelola apotek. Jadi, Anda tidak perlu takut jika terjadi kesalahan karena pihak franchisor akan membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Jadi, segera hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang minim kesalahan dan risiko. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat