5 Cara Meningkatkan Omset Apotek, Bisa Dipraktikan!

5 Cara Meningkatkan Omset Apotek, Bisa Dipraktikan!

5 Cara Meningkatkan Omset Apotek, Bisa Dipraktikan!

  • Oct 11, 2023

Bisnis apotek bisa bertahan selama bertahun-tahun jika memiliki penghasilan yang selalu meningkat tiap bulannya. Namun, masalahnya masih banyak pebisnis yang bingung bagaimana cara meningkatkan omset apotek. Sebab, mempertahankan jumlah penjualan ini tidaklah semudah yang dipikirkan.

Omset atau omzet ini adalah sejumlah uang yang dihasilkan dari penjualan produk/jasa di apotek selama periode waktu tertentu. Peran omzet ini sangatlah penting karena bisa melihat bagaimana performa dan kemampuan apotek dalam menjual produk. Hal ini tentu saja bisa menjadi bahan atau dasar dalam membuat strategi bisnis di masa depan.

Cara Meningkatkan Omset Apotek

Walaupun bisnis apotek termasuk dalam usaha yang jarang rugi, tapi tidak semua apotek bisa mempertahankan omzetnya atau meningkatkannya. Terlebih jika pemilik apotek ini masih terbilang baru dan apotek yang dikelolanya barus saja buka.

Berikut adalah beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menaikkan omzet apotek yang Anda kelola:

Tentukan Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah kunci utama untuk keberlangsungan bisnis apotek. Sebab, dengan memilih lokasi yang strategis Anda bisa mendapatkan jumlah konsumen atau pelanggan yang melebihi target yang diinginkan.

Pemilihan lokasi ini biasanya bergantung pada dekat atau tidaknya dengan pemukiman dan keramaian yang bisa mengundang pelanggan. Namun, lokasi yang ramai biasanya memiliki harga yang mahal. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan lokasi gerai apotek ini dengan matang-matang, ya.

Lakukan Branding Apotek

Cara meningkatkan omset apotek yang selanjutnya adalah melakukan branding apotek dengan menarik. Branding yang menarik nantinya bisa menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka tertarik untuk berbelanja di apotek Anda.

Umumnya, pelanggan akan lebih mau untuk mendatangi penampilan apotek yang terlihat bersih, lengkap, dan tempatnya nyaman. Jadi, berikan citra apotek yang baik dan nyaman agar pelanggan tidak ragu untuk mengunjunginya.

Berikan Pelayanan yang Ramah

Pelayanan yang ramah dan memberikan solusi kepada pasien juga menjadi salah satu cara meningkatkan omset apotek, lho. Ketika Anda memberikan kenyamanan kepada pelanggan, mereka akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dan mau untuk datang lagi di masa depan.

Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda mencari karyawan atau apoteker yang pandai dalam melayani dan bisa memberikan solusi kepada pasien. Hal ini tentu tidak bisa datang secara tiba-tiba karena Anda sebagai pemilik apotek biasanya perlu memberikan pelatihan kepada karyawan agar performa apotek meningkat.

Lakukan Promo atau Event Rutin

Kini masyarakat Indonesia sangat tertarik dengan tawaran promo yang menarik. Bahkan, terkadang mereka mau membeli produk karena ada promo yang menarik perhatian. Oleh karena itu, penting untuk membuat program promo secara rutin dalam rentang waktu tertentu.

Strategi bisnis yang ini tentu harus sesuai dengan kebijakan dan anggaran yang tersedia. Adanya promo ini bisa menambah minat pelanggan untuk berbelanja.

Manfaatkan Teknologi dengan Baik

Cara meningkatkan omset apotek yang terakhir adalah dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Dewasa ini, sudah memasuki masa apa-apa serba digital, begitu pula dengan bisnis apotek. Apotek online merupakan teknologi yang wajib dimiliki karena bisa mempermudah konsumen dalam belanja obat atau alat kesehatan.

Menggunakan teknologi sebaik mungkin bisa membuat transaksi lebih efektif dan efisien. Bahkan, Anda bisa memberikan layanan delivery sehingga pelanggan bisa merasa puas.

Apabila Anda masih kesulitan untuk melakukan poin-poin di atas, maka lebih baik manfaatkan sistem franchise Apotek K-24. Ketika menggunakan franchise Apotek K-24 ini, Anda akan mendapatkan bantuan secara penuh, mulai dari pemilihan lokasi, SOP pelayanan, rekrutmen & pelatihan karyawan, dan apotek online.

Bahkan, brand Apotek K-24 ini sudah dikenal masyarakat Indonesia dan dipercaya banyak orang. Jadi, Anda akan mendapat bantuan yang sangat besar saat menggunakan franchise Apotek K-24. Tunggu apa lagi, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang sudah dipercaya banyak orang. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat