5 Modal Mendirikan Apotek, Ternyata Tidak Hanya Uang Saja!

5 Modal Mendirikan Apotek, Ternyata Tidak Hanya Uang Saja!

5 Modal Mendirikan Apotek, Ternyata Tidak Hanya Uang Saja!

  • Oct 19, 2023

Hal yang penting dalam mendirikan apotek adalah modal, di mana aspek ini sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan bisnis. Sebab, tanpa adanya modal, Anda tidak akan mampu untuk memulai sebuah bisnis. Oleh karena itu, sebelum mendirikan apotek Anda perlu riset secara mendalam tentang permodalan ini. Jika demikian apa saja sih modal mendirikan apotek yang diperlukan?

Berbicara modal, pasti yang Anda pikirkan adalah jumlah dana yang dibutuhkan. Padahal, modal ini memiliki arti yang luas, bisa berupa uang, barang, aset, ide, keahlian, ilmu, relasi, dan lain sebagainya. Artinya, dalam mendirikan apotek ini, Anda tidak hanya membutuhkan dana tapi juga modal dalam bentuk lainnya.

Modal Mendirikan Apotek yang Dibutuhkan

Menurut KBBI sendiri, modal adalah sesuatu hal yang digunakan seseorang atau perusahaan sebagai bekal untuk bekerja, berjuang, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ketika berbicara modal, Anda tidak boleh hanya terpacu dalam bentuk dana atau uang saja, ya.

Ada beberapa hal penting lainnya selain dana yang tidak boleh Anda lewatkan ketika membangun sebuah bisnis apotek. Berikut beberapa modal yang bisa menjadi aspek penting saat ingin membuka bisnis apotek:

Dana

Modal mendirikan apotek yang menjadi dasar utama semua bentuk bisnis adalah dana awal . Ketika membuka sebuah bisnis tentu saja Anda membutuhkan uang untuk mempersiapkan semuanya. Mulai dari bangunan, biaya sewa, stok awal, dan lain sebagainya ini perlu uang untuk mendapatkannya.

Jadi, jangan heran jika untuk membuka sebuah bisnis, Anda memerlukan banyak dana karena banyak sekali yang dibutuhkan. Oh iya, Anda sebagai pebisnis jangan lupa untuk memisahkan antara dana pribadi dengan dana untuk bisnis, ya.

Lokasi

Memilih lokasi juga bisa menjadi modal yang sangat penting dalam sebuah bisnis, lho. Sebab, dengan lokasi yang strategis ini nantinya Anda bisa menarik calon pelanggan dengan mudah. Sebaliknya, jika lokasi tidak strategis, maka bisnis tidak akan berjalan dengan baik karena sedikitnya penjualan.

Oleh karena itu, jangan sampai sembarangan dalam memiliki lokasi apotek, apalagi jika bisnis Anda bersifat offline.

Tenaga Kerja

Aspek atau modal mendirikan apotek yang penting selanjutnya adalah tenaga kerja untuk mengelola apotek. Apabila Anda bukan seorang apoteker, maka sangat penting untuk mencari tenaga kerja yang berprofesi sebagai apoteker. Sebab, pelayanan kefarmasian di apotek ini hanya bisa dijalankan oleh apoteker.

Apoteker yang memiliki ilmu dan keahlian yang cakap dalam dunia farmasi. Hal ini nantinya akan menjadi nilai plus di mata masyarakat dalam proses pelayanan dan meningkatkan penjualan bisnis.

Perizinan

Legalitas menjadi aspek penting yang harus Anda perhatikan ketika ingin mendirikan bisnis apotek. Sebab, apotek sangat berhubungan erat dengan kesehatan masyarakat dan produk farmasi. Jadi, Anda perlu mencari informasi perizinan apa saja yang dibutuhkan ketika membuka apotek.

Modal mendirikan apotek yang satu ini jangan sampai dilewatkan, ya, karena bisa berpengaruh pada keberlangsungan bisnis di masa depan. Tanpa adanya perizinan, Anda akan dianggap sedang menjalankan bisnis ilegal.

Sarana, Prasarana, dan Peralatan

Dalam proses pelayanan kefarmasian, apotek membutuhkan sarana, prasarana, dan peralatan untuk mendukungnya. Sarana dalam bangunan apotek ini bermacam-macam, mulai dari ruang penerimaan resep, suang peracikan resep, ruang untuk sediaan farmasi, ruang konseling, ruang arsip, dan lain-lain.

Sedangkan prasarana yang dibutuhkan ini biasanya berupa listrik, instalasi ventilasi, sanitasi, penerangan, proteksi kebakaran, komunikasi, teknologi, dan lain sebagainya.

Melihat penjelasan di atas, modal mendirikan apotek ini ternyata banyak sekali ya bentuknya. Modal-modal di atas hanya dalam bentuk umum saja, ya, belum detail setiap poinnya. Jadi, mungkin akan lebih kompleks lagi jika Anda menerapkannya langsung di lapangan.

Namun, perencanaan dan pengelolaan modal ini akan terbilang lebih sederhana lagi jika Anda menggunakan franchise Apotek K-24. Sebab, Anda akan mendapatkan dukungan penuh saat berbisnis dengan franchise Apotek K-24. Selain itu, Anda tidak akan merasa berbisnis sendiri karena ada bantuan dari pihak franchisor.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko kegagalan dalam merencanakan dan mendirikan bisnis apotek. Yuk, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Demikian ulasan tentang modal mendirikan apotek, semoga bermanfaat dan lancar dalam mendirikan bisnis apotek!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat