5 Cara Meningkatkan Penjualan Produk untuk Bisnis Apotek

5 Cara Meningkatkan Penjualan Produk untuk Bisnis Apotek

5 Cara Meningkatkan Penjualan Produk untuk Bisnis Apotek

  • Nov 04, 2023

Meskipun bergerak sebagai fasilitas kesehatan, keberlangsungan apotek juga sama seperti bisnis retail. Artinya, apotek harus bisa menjual produk-produk sediaan farmasi jika tidak mau apotek Anda bangkrut. Oleh karena itu, nilai penjualan setiap periode sangat penting untuk masa depan apotek. Lalu bagaimana sih cara meningkatkan penjualan produk di apotek agar memasuki target yang diinginkan?

Apotek sebagai bisnis retail menyediakan berbagai sediaan farmasi, alat kesehatan, suplemen, dan susu kepada masyarakat. Selain itu, apotek juga harus memberikan pelayanan kefarmasian agar sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan. Kendati banyak yang ditawarkan, terkadang apotek bisa sepi pelanggan dan nilai penjualan pun tidak sesuai dengan target.

Cara Meningkatkan Penjualan Produk

Apotek yang sepi nantinya akan berakibat pada nilai omzet yang kecil. Akibatnya, banyak produk yang justru menumpuk dan mendekati tanggal kadaluarsa. Padahal sediaan farmasi yang sudah kadaluarsa ini bisa berbahaya untuk kesehatan jika tidak segera dibersihkan dengan baik.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips untuk meningkatkan penjualan apotek agar bisnis bisa berjalan dengan baik:

Pahami Performa Apotek

Masing-masing produk di apotek pasti memiliki laju penjualan yang berbeda-beda. Jadi, Anda sebagai pemilik apotek perlu tahu bagaimana performa masing-masing produk. Sebab, ada sediaan farmasi yang terjual cepat ada juga yang membutuhkan waktu lama.

Jika Anda dapat mengetahui kebutuhan rata-rata dari setiap produk, maka Anda bisa membuat sebuah perencanaan yang efektif. Perencanaan ini biasanya mempertimbangkan analisis pareto, status stok, dan penjualan apotek.

Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Cara meningkatkan penjualan produk yang paling penting tentu saja menjalin hubungan dengan konsumen. Hubungan akan terjalin dengan baik jika apotek bisa memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan.

Untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Whatsapp (WA) untuk memonitor penggunaan obat dan memberikan informasi terkait obat. Melalui pesan-pesan ini, pelanggan bisa merasa diperhatikan oleh pihak apotek.

Maksimalkan Pelayanan Kefarmasian di Apotek

Pelayanan kefarmasian yang baik dan maksimal bisa menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan produk apotek tidak hanya menjadi tempat untuk jual beli obat saja. Jadi, Anda perlu memaksimalkan pelayanan kefarmasian ini agar pelanggan bisa percaya pada apotek Anda.

Menurut Permenkes Nomor 73 Tahun 2016, apotek juga perlu memberikan pelayanan seperti pengkajian resep dokter, dispensing obat, informasi obat (PIO), konseling obat, pemantauan terapi obat, monitoring efek samping obat (MESO), dan pelayanan kefarmasian di rumah.

Manfaatkan Teknologi Digital untuk Melakukan Marketing

Dewasa ini, dunia digital semakin berkembang sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk kepentingan pemasaran dan komunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis apotek, Anda jangan sampai ketinggalan dalam menggunakan media sosial, website, dan aplikasi. Sebab, media-media online ini sangat berpengaruh pada nilai penjualan Anda.

Buat Program Promosi atau Loyalty

Cara meningkatkan penjualan produk yang selanjutnya adalah dengan menawarkan berbagai program kepada pelanggan, baik yang berhubungan dengan produk atau loyalty. Promo potongan harga, cashback, dan lain sebagainya kini sedang menarik-menariknya di mata masyarakat Indonesia.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut. Selain itu, apotek juga bisa membentuk strategi membership agar pelanggan mau untuk berbelanja di apotek Anda. Hal ini bisa membantu meningkatkan penjualan di apotek.

Meningkatkan penjualan dalam sebuah bisnis memang bukan perkara mudah. Sebab, Anda perlu memahami kebutuhan masyarakat dan kreatif dalam mengemas produk. cara meningkatkan penjualan produk ini akan lebih mudah jika Anda menggunakan franchise Apotek K-24, lho.

Sebab, Apotek K-24 sudah memiliki nama brand yang besar dan dipercaya masyarakat sehingga mereka sudah memiliki pasarnya sendiri. Selain itu, Anda akan mendapat dukungan penuh dalam memasarkan produk, jadi Anda tidak perlu khawatir jika penjualan menurun.

Caranya mudah sekali untuk bergabung dengan Apotek K-24, Anda tinggal menghubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang anti ribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat