4 Cara agar Bisnis Berkembang, Bisa Diterapkan pada Apotek Anda!

4 Cara agar Bisnis Berkembang, Bisa Diterapkan pada Apotek Anda!

4 Cara agar Bisnis Berkembang, Bisa Diterapkan pada Apotek Anda!

  • Nov 21, 2023

Perkembangan bisnis apotek di Indonesia memang berjalan sangat pesat. Meskipun demikian, banyak bisnis-bisnis apotek yang berakhir gulung tikar karena tidak mampu melawan persaingan yang terbilang banyak. Hal ini bisa dikarenakan tidak berkembangnya apotek yang dikelola atau masalah lainnya. Lalu bagaimana ya cara agar bisnis berkembang dengan baik sehingga apotek bisa bertahan lama?

Bisnis yang berkembang dan berakhir sukses adalah impian semua pebisnis, tidak hanya pemilik bisnis apotek saja. Namun, dalam mengembangkan bisnis apotek ini tentu banyak hal-hal atau strategi yang perlu untuk dilakukan. Mulai dari strategi marketing, perencanaan persediaan apotek, pelayanan kefarmasian, dan lain sebagainya sangat penting untuk keberlangsungan bisnis apotek.

Cara agar Bisnis Berkembang dengan Baik pada Apotek

Apotek yang berkembang biasanya akan ditandai dengan jumlah penjualan, omzet, gerai, hingga karyawan yang selalu tumbuh naik. Nah, perkembangan dari bisnis apotek ini tentu saja sangat bergantung pada Anda sebagai pemilik dan pengelola apotek.

Jadi, sebagai pengelola bisnis, jangan sampai Anda hanya berfokus pada hal-hal yang berbau teknis saja, tapi fokus pada perkembangan strategi yang perlu dijalankan. Sebab, suatu hal yang membedakan bisnis yang gagal dan sukses adalah bagaimana Anda mengambil keputusan untuk kemajuan apotek Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara agar bisnis berkembang yang bisa Anda lakukan:

Adakan Program Pelatihan Karyawan

Pelayanan dari apoteker di apotek ini sangatlah penting untuk kemajuan bisnis. Sebab, melalui pelayanan inilah Anda akan mendapatkan pelanggan loyal dan kepercayaan dari masyarakat. Jadi, agar bisnis bisa tumbuh, Anda perlu mengadakan pelatihan untuk karyawan.

Pelatihan ini bisa berupa cara melayani dengan baik, mengelola persediaan, kemampuan persuasif, dan lain sebagainya. Melalui pelatihan ini diharapkan bisa menambah pengetahuan, skill, dan produktivitas hingga performa apotek pun meningkat.

Lakukan Pertemuan (Meeting) Rutin dengan Karyawan

Membuat jadwal meeting rutin setiap sebulan, seminggu, atau dua minggu sekali bisa menjadi salah satu cara agar bisnis berkembang, lho. Dari meeting rutinan ini, Anda bisa melihat bagaimana keadaan karyawan dan mendapatkan opini mereka. Selain itu, waktu ini bisa digunakan untuk evaluasi, menyusun strategi, program, atau target baru yang ingin dijalankan.

Berikan Target yang Jelas dan Masuk Akal

Seperti yang telah dijelaskan, apotek yang berkembang bisa ditandai dengan bertambahnya jumlah penjualan, omzet, dan gerai. Oleh karena itu, dalam mendapatkan hal tersebut, Anda perlu memberikan target penjualan dan omzet yang jelas pada karyawan.

Selain itu, juga meminimalisir kebocoran keuangan dan penyesuaian stok yang bisa merugikan apotek. Adanya target yang jelas akan membuat para karyawan selalu berusaha untuk mencapainya setiap hari.

Lakukan Briefing di Awal Shift jika Dibutuhkan

Cara agar bisnis berkembang yang selanjutnya ini bisa dilakukan atau tidak, yaitu membiasakan briefing ketika shift karyawan akan dimulai. Briefing biasanya dilakukan untuk memberikan informasi yang diperlukan sebelum bekerja, seperti tugas baru, pencapaian target, tanggung jawab, dan lain-lain.

Melakukan briefing ini adalah salah satu langkah untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan.

Itu dia beberapa cara agar bisnis berkembang yang bisa dilakukan pada bisnis apapun, khususnya bisnis apotek. Melihat penjelasan di atas, berkembangnya apotek bergantung pada perkembangan kualitas karyawan, apoteker, dan pemilik bisnis itu sendiri.

Sebenarnya ada cara untuk mempermudah mengatur langkah-langkah di atas, yaitu dengan menggunakan franchise Apotek K-24 dalam berbisnis. Sebab, dengan Apotek K-24, Anda tinggal menyiapkan modal awal yang diperlukan, selanjutnya Anda akan mendapatkan dukungan penuh, termasuk untuk mengembangkan bisnis apotek.

Jadi, apabila Anda tertarik berbisnis dengan Apotek K-24, hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendapatkan bisnis yang antiribet. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat