Kartu Stok Apotek: Fungsi dan Cara Membuatnya

Kartu Stok Apotek: Fungsi dan Cara Membuatnya

Kartu Stok Apotek: Fungsi dan Cara Membuatnya

  • Nov 28, 2023

Pengelolaan sediaan farmasi di apotek sebenarnya sangat bergantung pada kartu stok apotek yang ada. Sebab, jenis kartu yang satu ini memegang peranan penting dalam pergerakan produk-produk atau stok yang tersimpan di apotek. Tanpa adanya kartu stok ini, mungkin jalannya bisnis apotek Anda bisa berantakan dan tidak terkendali. Hal ini nantinya bisa mempengaruhi hasil omzet, lho.

Kartu stok merupakan sebuah catatan yang memberitakan keluar dan masuknya stok produk yang ada di dalam apotek. Anda perlu tahu kalau sediaan farmasi, khususnya obat, perlu dikelola dengan baik karena berhubungan langsung dengan kesehatan masyarakat. Selain itu, stok di apotek ini menjadi investasi yang dapat menghasilkan omzet dan keuntungan dalam bisnis.

Kartu Stok Apotek Apa Fungsinya?

Oleh karena itu, keberadaan kartu stok ini sangatlah penting dan tidak boleh dilupakan. Salah satu peran penting dari kartu stok adalah menjadi teknik pengendalian persediaan di apotek dan diwajibkan ada untuk masing-masing produk perbekalan farmasi.

Ada beberapa fungsi dari kartu stok yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis apotek, yaitu:

  • Mencatat mutasi sediaan farmasi di apotek, mulai dari penerimaan, pengeluaran, produk rusak, hilang, hingga kadaluwarsa.

  • Kartu stok dapat menghindari terjadinya kelebihan, kekosongan, kekurangan, kerusakan, kadaluwarsa, kehilangan, dan pengembalian pesanan. Hal ini membuat pengawasan ketersediaan produk menjadi lebih mudah dan efektif.

  • Data dari kartu stok dapat digunakan dalam menyusun laporan dan perencanaan pengadaan produk. Hal ini penting untuk persediaan obat di periode mendatang.

  • Pembanding antara pencatatan dengan keadaan fisik yang sebenarnya.

  • Mencegah terjadinya kebocoran produk sehingga kerugian di apotek pun bisa dihindari.

Cara Membuat Kartu Stok Apotek

Berdasarkan Permenkes Nomor 73 Tahun 2016, kartu stok paling tidak memuat beberapa informasi, seperti nama obat, tanggal kadaluwarsa, jumlah pemasukan, pengeluaran, dan sisa stok. Selain itu, informasi tersebut akan dilengkapi dengan tanggal transaksi, kode batch, catatan transaksi, dan paraf dari petugas yang melakukan transaksi.

Dalam membuat kartu stok apotek ini ternyata bisa dilakukan secara manual atau elektronik, caranya sebagai berikut:

  • Buat kartu untuk setiap persediaan produk di apotek. Semakin banyak item produk, maka semakin banyak juga kartu stoknya.

  • Pencatatan dilakukan setiap kali ada pergerakan stok, seperti pembelian dari distributor dan penjualan kepada pelanggan.

Mengingat pentingnya keberadaan kartu stok ini, maka Anda perlu melakukan pencatatan secara akurat dan real time, ya. Apabila Anda kebingungan dalam membuat kartu stok apotek dan bagaimana menggunakannya, maka Anda dapat beralih pada franchise Apotek K-24.

Ketika berbisnis menggunakan franchise Apotek K-24 ini, Anda akan mendapatkan dukungan penuh, salah satunya pembuatan kartu stok. Jadi, Anda tidak perlu susah-susah dalam menyiapkan kartu stok karena Apotek K-24 sudah menyiapkannya.

Apabila Anda tertarik dan penasaran dengan keuntungan apa lagi yang bisa didapatkan, langsung saja hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat