Perencanaan di Apotek, Apakah Penting untuk Dilakukan?

Perencanaan di Apotek, Apakah Penting untuk Dilakukan?

Perencanaan di Apotek, Apakah Penting untuk Dilakukan?

  • Dec 19, 2023

Perencanaan di apotek sangatlah penting dilakukan apabila Anda ingin bisnis farmasi yang sedang dikelola berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan. Sebab, tanpa adanya perencanaan, produk yang ada di apotek tidak akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Sayangnya, belum banyak orang yang mampu untuk merencanakan hal dengan baik.

Ketika Anda mulai membangun dan mengelola bisnis apotek, maka akan banyak hal yang perlu diatur, salah satunya perencanaan akan stok. Perencanaan yang satu ini tentu perlu dilakukan karena menjadi penjualan utama dari bisnis apotek. Oleh karena itu, banyak yang mengatakan, tanpa ada perencanaan yang baik, maka bisnis apotek bisa gagal dan bahkan bangkrut.

Pentingnya Perencanaan di Apotek

Obat, vitamin, suplemen, dan alat kesehatan umumnya merupakan produk-produk utama yang dijual apotek. Selain menjadi produk utama, berbagai stok ini jugalah yang akan menarik perhatian masyarakat untuk mendatangi apotek Anda.

Oleh karena itu, sayang sekali jika ada konsumen yang datang ke apotek Anda tapi bisnis Anda justru tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka karena stok obat kosong atau habis. Keadaan ini tentu dapat membuat konsumen kehilangan kepercayaan dan malas untuk datang ke apotek Anda lagi.

Tidak hanya itu, kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dengan produk yang Anda jual juga akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hal inilah alasan utama mengapa perencanaan di apotek sangat penting dilakukan dengan baik dan tepat.

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengadakan perencanaan stok di apotek:

  • Memahami perilaku konsumen dan mengetahui obat apa saja yang sering atau sedang dicari oleh masyarakat.

  • Mengontrol pembelian untuk obat-obatan dengan stok terbatas.

  • Meminimalisir pengeluaran anggaran apotek karena perencanaan dan pengadaan obat sudah terstruktur juga jelas.

  • Mencegah kondisi keuangan yang membengkak karena melakukan pengeluaran yang tidak penting.

Metode Perencanaan Obat di Apotek

Saking pentingnya perencanaan di apotek, Anda perlu menggunakan data yang pasti dan metode dalam melakukannya. Sebab, seperti yang telah dijelaskan, melalui sebuah perencanaan, kegiatan operasional di apotek dapat akan berjalan dengan baik.

Melalui data dan metode yang jelas, perencanaan stok menjadi lebih tepat sasaran dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Nah, berikut ini merupakan beberapa metode yang bisa dan sering digunakan oleh para pebisnis ketika merencanakan stok:

  • Metode epidemiologi, perencanaan yang dasarnya dari data pola penyebaran penyakit dan pengobatan.

  • Metode konsumsi, perencanaan yang berdasarkan pengeluaran barang atau obat dalam satu periode. Umumnya, pada perencanaan ini harus dibedakan antara fast moving dan slow moving.

  • Metode JIT (just in time), perencanaan yang dilakukan pada jenis obat yang jarang diresepkan dan memiliki harga mahal.

  • Metode perencanaan pareto/ABC, sebuah perencanaan dengan dasar dari nilai penggunaan produk yang relatif tinggi atau mahal.

Perencanaan di apotek ini memang tidak sesederhana yang Anda pikirkan karena untuk melakukannya Anda membutuhkan data juga metode. Selain itu, kadang kala Anda membutuhkan teknologi atau sebuah aplikasi untuk membantu perencanaan tersebut.

Nah, agar perencanaan di apotek ini dapat dilakukan dengan mudah, Anda bisa coba untuk menggunakan franchise Apotek K-24. Selama lebih dari 20 tahun, Apotek K-24 melayani masyarakat dengan produk-produk farmasinya, yang berarti Apotek K-24 sudah ahli dalam melakukan perencanaan.

Melalui Apotek K-24, Anda juga akan dibantu dalam membangun dan mengelola apotek, jadi Anda tidak berbisnis secara sendirian. Apabila penasaran dengan penawaran dari franchise Apotek K-24, segera hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Oh iya, selama periode 23-29 Desember 2023 ini, Apotek K-24 memberikan periode menarik, lho, Diskon 50% untuk Royalty Fee selama 6 bulan pertama.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat