4 Fungsi Dana Darurat, Fatal jika Dilupakan!

4 Fungsi Dana Darurat, Fatal jika Dilupakan!

4 Fungsi Dana Darurat, Fatal jika Dilupakan!

  • Dec 20, 2023

Ada banyak sekali fungsi dana darurat bagi Anda, baik sebagai individu atau pebisnis yang sedang mengelola bisnis apotek. Sayangnya, masih banyak pebisnis yang terkadang melupakan untuk menyiapkan dana darurat ketika mengelola apotek. Akibatnya, Anda perlu mencari dana tambahan dari sumber lain ketika mengalami hal tak terduga. Hal ini tentu dapat membuat Anda panik.

Dana darurat sama seperti namanya dapat diartikan sebagai persediaan uang dalam rekening yang hanya digunakan ketika keadaan darurat saja. Apabila bisnis tidak mengalami masalah atau kondisi tertentu, maka dana darurat ini tidak boleh diambil atau digunakan. Selain itu, dalam ilmu akuntansi, dana darurat ini biasanya disebut dengan cadangan modal atau laba ditahan.

Fungsi Dana Darurat

Terdapat beberapa keadaan yang membuat Anda perlu mengeluarkan dana darurat, seperti bencana alam, bisnis sepi, pencurian, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut tentu harus bersifat di luar kontrol Anda yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Lalu apa pentingnya sih menyiapkan dana darurat dalam mengelola bisnis? Berikut adalah beberapa manfaat dari dana darurat yang kadang tidak disadari:

Mencegah Utang

Tidak sedikit pebisnis yang gulung tikar karena tidak bisa mengurus keuangan dengan baik. Bahkan, permasalahan ini sangat sering terjadi di Indonesia. Nah, bisnis yang bangkrut biasanya membuat Anda terpaksa untuk meminjam dana karena tidak adanya cadangan dana untuk membayar operasional. Nah, jika Anda menyiapkan dana darurat, Anda bisa mencegah mengutang dari sumber dana lain.

Meminimalisir Anggaran Belanja

Fungsi dana darurat yang selanjutnya adalah dapat meminimalisir anggaran belanja yang konsumtif. Terkadang saat para pebisnis memiliki bisnisnya sedang di puncak, pelaku akan menggunakan profit untuk kesenangan mereka. Adanya dana darurat yang sudah dialokasikan bisa membuat Anda untuk meminimalisir penggunaan dana yang tidak berguna karena dana tidak tercampur dan habis digunakan.

Pengembangan Bisnis

Bisnis yang berkembang secara luas dan besar tentu menjadi impian semua pebisnis. Nah, Anda perlu tahu bahwa salah satu fungsi dana darurat adalah bisa menjadi dana untuk mengembangkan bisnis apotek.

Kenapa bisa demikian? Penawaran yang bagus dan baik untuk mengembangkan bisnis terkadang bisa datang kapan saja. Nah, apabila dana apotek tidak cukup, maka pada situasi tersebut Anda dapat menggunakan dana darurat untuk mengembangkan bisnis. Hal ini masih berlaku karena masih dalam kepentingan bisnis apotek.

Membuat Berbisnis Lebih Tenang

Ada yang pepatah yang mengatakan, “Sedia payung sebelum hujan.” Kalimat tersebut agaknya juga bisa diaplikasikan untuk dana darurat. Ketika memiliki dana darurat, Anda akan merasa tenang-tenang saja ketika berbisnis. Sebab, jika terjadi hujan atau masalah yang datang tiba-tiba, Anda sudah memiliki payung yang berkedok dana darurat untuk menanganinya.

Pentingnya fungsi dana darurat untuk bisnis apotek tentu membuat Anda harus mengalokasikan keuangan untuk kepentingan ini. Oleh karena itu, pastikan untuk siap-siap dana darurat, ya, agar bisnis bisa berjalan lancar.

Jika ingin pengaturan keuangan bisnis apotek Anda lebih lancar lagi, beralih saja dengan franchise Apotek K-24. Berbisnis dengan Apotek K-24 nantinya memungkinkan Anda mendapatkan dukungan penuh agar pengelolaan bisnis jadi lebih lancar, termasuk aplikasi untuk mengatur keuangan apotek.

Tertarik dengan franchise Apotek K-24? Yuk, segera hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat