3 Contoh Kolaborasi Bisnis, Bisa Jadi Ide untuk Masa Depan!

3 Contoh Kolaborasi Bisnis, Bisa Jadi Ide untuk Masa Depan!

3 Contoh Kolaborasi Bisnis, Bisa Jadi Ide untuk Masa Depan!

  • Jan 08, 2024

Kolaborasi bisnis merupakan salah satu kesempatan besar dalam mengembangkan bisnis dan menarik perhatikan masyarakat. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis yang dewasa ini tidak bisa dihindari. Namun, sebelum melakukannya, Anda perlu mempertimbangkannya lebih dalam, ya. Jika demikian, apa saja contoh kolaborasi bisnis yang bisa dilakukan?

Dalam melakukan kolaborasi bisnis ini sebenarnya Anda perlu melihat produk/jasa apa yang cocok untuk dipasangkan. Sebab, tidak semua produk/jasa pasti bisa terlihat cocok atau masuk dengan produk/jasa lainnya. Jadi, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih pihak lain untuk melakukan kolaborasi ini karena bisa saja justru menjadi bumerang jika tidak dilakukan dengan baik.

Contoh Kolaborasi Bisnis

Melakukan kolaborasi memang bisa memberikan keuntungan, seperti penghematan budget dan menambah pengalaman dalam bekerja sama. Namun, juga membawa kelemahan lainnya, contohnya bertambah kewajiban atau otonomi menjadi tidak sebebas jika sendiri.

Oleh karena itu, ketika akan melakukan kolaborasi ini Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan masing-masing dengan matang. Namun, sebelumnya terdapat beberapa ide bisnis yang bisa Anda lakukan ketika melakukan kolaborasi, di antaranya:

Bisnis Kosmetik dengan Influencer

Kolaborasi antara seorang influencer dengan merek-merek kosmetik agaknya sudah banyak dilakukan. Dewasa ini, persaingan bisnis kecantikan di Indonesia sangatlah ketat. Oleh karena itu contoh kolaborasi bisnis yang sudah sering dilakukan adalah bisnis kosmetik dengan influencer.

Melalui kolaborasi ini, brand kosmetik bisa mengenalkan produknya melalui para influencer yang kini jumlahnya juga semakin banyak. Umumnya, para influencer ini sudah memiliki pengikut yang bisa diajak untuk menggunakan produknya.

Kerja sama antara dua bisnis ini tentu bergerak secara dua arah. Masing-masing pihak pasti mendapatkan keuntungannya masing-masing.

Bisnis Kedai Kopi dekat Pencucian atau Bengkel Mobil

Melakukan servis dan pencucian kendaraan pasti membutuhkan waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, kadang kala banyak pelanggan yang merasa bosan atau mengantuk ketika harus menunggu jasa perbaikan atau pencucian mobil selesai.

Jadi, bagi Anda yang tertarik dengan bisnis kopi atau coffee shop, maka Anda bisa membangunnya dekat dengan tempat bengkel. Pilihan lainnya, Anda bisa bekerja sama dengan bengkel atau tempat pencucian untuk membangun coffee shop di lingkungan yang sama. Hal ini bisa menarik perhatian pelanggan dan memudahkan mereka untuk mengakses kedua jasanya.

Bisnis Apotek dekat Klinik Dokter

Contoh kolaborasi bisnis yang selanjutnya adalah membuka bisnis apotek di dekat klinik dokter atau tempat praktik dokter, baik dokter umum, dokter gigi, atau lainnya. Hal ini karena setelah dari klinik dokter untuk melakukan pemeriksaan, biasanya pasien akan mendapatkan resep dokter untuk membeli obat yang dibutuhkan.

Nah, membuka bisnis apotek di sekitar klinik dokter ini bisa menjadi keuntungan sendiri. Selain itu, Anda juga dapat membuka apotek yang kemudian bekerja sama dengan dokter untuk membuka praktik di tempat sama.

Bisnis apotek dengan klinik dokter ini sama-sama berjalan di bidang kesehatan. Jadi, keduanya tentu saja sama-sama menguntungkan. Salah satu apotek yang sudah bekerja sama dengan praktik dokter ini adalah Apotek K-24.

Itu dia beberapa contoh kolaborasi bisnis yang sudah ada di Indonesia. Jika Anda tertarik melakukan salah satu bisnis di atas, Anda bisa memilih franchise Apotek K-24, lho. caranya sangat mudah, tinggal menghubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat