Apa itu Investasi Bodong? Bagaimana Mengantisipasinya?

Apa itu Investasi Bodong? Bagaimana Mengantisipasinya?

Apa itu Investasi Bodong? Bagaimana Mengantisipasinya?

  • Jan 25, 2024

Sebagian orang di Indonesia melakukan investasi untuk mendapatkan financial freedom di masa depan atau saat sudah tua. Sayangnya, tidak sedikit orang yang ketika berinvestasi justru mengalami kerugian besar karena tertipu dengan investasi bodong. Kejadian ini sangat sering terjadi dan memakan banyak korban. Jika demikian, sebenarnya apa itu investasi bodong yang perlu diwaspadai?

Investasi memang menjadi jalan yang tepat jika Anda ingin menabung untuk jangka waktu panjang. Sebab, investasi biasanya memberikan keuntungan yang cukup besar dan bisa berjalan dalam waktu yang panjang. Kendati demikian, investasi juga membawa risiko yang cukup besar, apalagi jika Anda malah terjebak pada penipuan yang kerap kali disebut dengan investasi bodong.

Apa itu Investasi Bodong?

Pada umumnya, instrumen investasi akan berbentuk saham, reksa dana, obligasi, bisnis properti, dan lain sebagainya. Jenis-jenis investasi ini sangat populer di kalangan masyarakat karena bisa menyesuaikan profil risiko yang dimiliki oleh investor langsung.

Iming-iming keuntungan yang tinggi di masa depan ini ternyata bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan kejahatan. Oleh karenanya, jika tidak waspada dan berhati-hati, Anda sebagai investor bisa terjerumus ke dalam investasi bodong yang sama sekali tidak menguntungkan.

Alih-alih menguntungkan, investasi bodong justru akan menghisap aset Anda hingga berakhir rugi. Lalu sebenarnya apa itu investasi bodong?

Pada dasarnya, investasi bodong adalah investasi yang dilakukan pada bisnis yang sebenarnya tidak ada atau palsu sehingga uang yang Anda tanamkan akan hilang begitu saja. Hal ini biasanya akan dimulai dengan seseorang yang mengaku mengenal Anda dan meminta untuk menanamkan modal awal dengan iming-iming keuntungan yang besar.

Padahal orang yang menyuruh tersebut nantinya akan membawa kabur uang yang Anda berikan. Investasi bodong yang seperti ini biasanya memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat mengenai jalannya investasi. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika ada yang menawarkan sebuah bisnis dengan keuntungan besar. Hal ini bisa menjadi salah satu tanda dari investasi bodong.

Ciri-ciri Investasi Bodong

Mengetahui apa itu investasi bodong memang penting tapi Anda juga perlu paham bagaimana ciri-ciri investasi bodong. Sebab, dengan memahaminya, Anda bisa menghindari dan mencegah orang yang akan menipu Anda demi investasi bodong.

Berikut beberapa ciri-ciri investasi bodong yang perlu diwaspadai:

  • Memberikan janji keuntungan yang sangat tinggi dan menggiurkan. Hal ini justru menunjukkan bahwa investasi tidaklah masuk akal.

  • Menjanjikan keuntungan dalam waktu yang singkat padahal investasi yang sebenarnya akan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

  • Tidak memiliki produk atau usaha yang jelas jika ditanya atau beralasan bahwa produknya masih baru.

  • Pengelolaan dana untuk investasi tidak transparan.

  • Tidak memiliki izin usaha yang jelas sehingga Anda perlu menanyakan surat legal yang berkaitan dengan investasi.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu investasi bodong dan bagaimana mengenali ciri-cirinya. Jika ingin terhindar dari investasi bodong, Anda bisa beralih pada investasi dalam bentuk bisnis, contohnya franchise Apotek K-24.

Sebab, Apotek K-24 bukan bisnis abal-abal dan sudah berjalan lebih dari 20 tahun. Jadi, selain sudah memiliki nama di mata masyarakat, Apotek K-24 juga terbukti memberikan keuntungan setiap bulannya.

Tertarik dengan bisnis yang sebenarnya ini, segera hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat