4P dalam Pemasaran yang Penting untuk Keberhasilan Bisnis

4P dalam Pemasaran yang Penting untuk Keberhasilan Bisnis

4P dalam Pemasaran yang Penting untuk Keberhasilan Bisnis

  • Feb 13, 2024

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemasaran sangat penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Tanpa pemasaran yang tepat, masyarakat tidak akan mengenal bisnis yang Anda kelola. Sayangnya, melakukan pemasaran memerlukan strategi yang baik dan tepat sasaran. Nah, dalam membuat strategi ini, Anda perlu mengenal 4P dalam pemasaran, apa maksudnya?

Sebagai pebisnis, Anda perlu membuat alokasi dana untuk membuat strategi pemasaran. Sebab, tanpa melakukan pemasaran, Anda tidak akan mendapatkan konsumen yang mau untuk menggunakan produk atau jasa Anda. Pemasaran ini tidak hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar saja, lho, bahkan usaha-usaha kecil pun perlu untuk melakukannya.

4P dalam Pemasaran, Apa Itu?

Ada beberapa tujuan dari aktivitas pemasaran yang perlu Anda ketahui. Pertama, menciptakan sinergi agar promosi bisa berjalan lancar. Kedua, meningkatkan loyalitas dan nilai merek di mata konsumen. Ketiga, mendekatkan pelanggan dengan produk/jasa.

Keempat, membuat ruang unik di hari pelanggan. Kelima, meningkatkan jumlah penjualan dan mengembangkan pada pangsa pasar yang lebih besar. Tujuan-tujuan ini akan tercapai jika Anda melakukan strategi pemasaran yang baik.

Salah satu strategi yang sangat terkenal adalah Pemasaran 4P, di mana kepanjangan dari product, price, place, dan promotion. Berikut adalah penjelasan 4P dalam pemasaran:

Product

Produk menjadi wujud utama dan penting dalam berbisnis. Namun, Anda perlu tahu produk yang dimaksud ini tidak hanya suatu hal yang berwujud saja, tapi memperhatikan hal lain juga, seperti organisasi, ide, dan layanan.

Nah, pemahaman akan produk Anda ini perlu disampaikan dengan baik kepada masyarakat. Elemen-elemen yang biasanya ada dalam produk adalah fitur, merek, logo, kualitas, variasi produk, dan perbedaan dari kompetitor lain.

Price

Harga atau price juga sangat penting dalam strategi pemasaran. Sebab, ketika mematok harga yang terlalu tinggi, maka produk bisa terlihat berkualitas tinggi atau justru tidak laku di pasaran. Oleh karena itu, Anda perlu melihat harga pasar dan menghitung harga yang sesuai untuk produk Anda sendiri.

Dalam memutuskan harga produk, Anda perlu mempertimbangkan variabel lainnya, seperti keuntungan, diskon, rabat, perbandingan dengan kompetitor, dan nilai produk/jasa.

Place

4P dalam pemasaran yang selanjutnya adalah place yang berarti tempat atau distribusi. Place dalam hal ini diartikan sebagai tempat yang berkaitan dengan pengalihan kepemilikan produk dari produsen ke pelanggan.

Lokasi yang strategis sangat berpengaruh pada keramaian pengunjung dan juga margin keuntungan. Semakin cepat produk sampai pada titik penjualan, maka semakin besar pula keuntungan yang didapatkan. Oleh karenanya, tempat menjadi indikator penting dalam memenangkan persaingan.

Promotion

Apabila sudah memiliki 3P di atas, maka selanjutnya Anda bisa melakukan promosi bisnis Anda agar masyarakat mengenalnya. 4P dalam pemasaran yang satu ini bisa dilakukan dengan banyak hal, mulai dari iklan media sosial, spanduk, selebaran, dan lain sebagainya.

Promosi ini sebenarnya banyak sekali tujuannya, salah satunya meningkatkan brand awareness dan membujuk konsumen untuk menggunakan jasa. Dalam melakukan ini, Anda perlu membentuk cara komunikasi yang tepat dengan target pasar.

Melakukan strategi pemasaran memang tidak mudah tapi sebuah keharusan jika Anda ingin bisnis berkembang. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati jika masih bingung dalam melakukannya. Salah satu solusinya, Anda bisa beralih pada franchise Apotek k-24.

Bersama Apotek K-24, Anda tidak akan sendiri dalam melakukan 4P dalam pemasaran. Sebab, strategi pemasaran ini masuk ke dalam dukungan penuh dari franchise Apotek K-24. Tertarik berbisnis dengan Apotek K-24? Langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 apabila Anda tidak ingin memulai bisnis dari nol. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat