3 Kesalahan Penganggaran dalam Bisnis yang Harus Diwaspadai

3 Kesalahan Penganggaran dalam Bisnis yang Harus Diwaspadai

3 Kesalahan Penganggaran dalam Bisnis yang Harus Diwaspadai

  • Feb 26, 2024

Kesalahan penganggaran dalam berbisnis mungkin banyak terjadi karena perencanaan bisa saja tidak sama dengan kenyataan yang terjadi. Kondisi ini terkadang bisa membuat para pebisnis panik sebab dana yang direncanakan tidak sesuai. Selain itu, kesalahan dalam budgeting bisa mempengaruhi proses operasional bisnis, lho, baik dampak besar atau kecil.

Perencanaan bisnis yang baik tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya budgeting atau sistem penganggaran yang tepat. Artinya, Anda sebagai pebisnis perlu melakukan strategi penganggaran yang mumpuni jika ingin bisnis berkembang. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan dalam merencanakan budgeting.

Kesalahan Penganggaran yang Sering Terjadi dalam Bisnis

Meskipun sudah dibuat dengan hati-hati, kesalahan dalam merancang budgeting bisa terjadi kapan dan di mana saja. Namun, kesalahan ini tentu perlu diminimalisir agar tidak berdampak besar pada nasib bisnis Anda.

Ada beberapa kesalahan budgeting yang sering terjadi dan perlu Anda waspadai, contohnya:

Berasumsi Pendapatan selalu Positif

Setiap jenis transaksi pasti memiliki jeda waktu dalam penyelesaian transaksi dengan pengumpulan uang secara tunai. Hal ini tentu merupakan sebuah fakta yang perlu Anda ketahui. Sayangnya, aliran khas untuk kebutuhan bisnis terkadang terjadi masalah karena Anda menghabiskan uang yang sesungguhnya belum dimiliki.

Alhasil, terjadi penundaan pembayaran dalam jangka waktu tertentu karena dana yang belum cair. Inilah yang membuat Anda perlu berasumsi bahwa pendapatan tidak selalu positif.

Mengabaikan Proyeksi Jangka Panjang atau Berlebihan

Kesalahan penganggaran yang selanjutnya adalah memproyeksikan dana secara berlebihan. Banyak pebisnis yang menggambarkan bahwa keuntungan yang akan didapatkan dengan berlebihan. Padahal, proyeksi ini tidak selalu mulus dan sesuai dengan apa yang dipikirkan.

Selain berlebihan, banyak pebisnis pula yang tidak merencanakan bisnis dalam jangka panjang. Akibatnya, Anda tidak memiliki perencanaan dalam mengembangkan bisnis sehingga usaha bisa saja berakhir stagnant.

Perencanaan Bisnis Terlalu Optimis

Melakukan perencanaan memang perlu dilakukan dengan rasa optimis agar Anda sebagai pebisnis juga bisa percaya bahwa bisnis akan menguntungkan. Namun, terlalu optimis dalam berbisnis bisa menjadi salah satu kesalahan penganggaran, lho.

Sebab, terkadang Anda juga perlu membayangkan suatu hal terburuk yang bisa terjadi pada bisnis. Dengan membayangkan hal terburuk, Anda bisa merencanakan sebuah langkah-langkah dalam menghadapi masalah yang bisa terjadi kapan saja.

Beberapa kesalahan penganggaran di atas memang bisa terjadi dan dilakukan siapa saja. Namun, kesalahan-kesalahan ini bisa diminimalisir jika Anda mau berbisnis dengan franchise Apotek K-24. Ketika membuka bisnis dengan Apotek K-24, Anda akan mendapatkan dukungan secara penuh, mulai dari IT, strategi pemasaran, penganggaran, operasional, rekrutmen pegawai, dan lain-lain.

Menguntungkan bukan? Jika tertarik, langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat