Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business yang Wajib Diketahui

  • March 05, 2024

Kini menjalankan bisnis tidak hanya membutuhkan bangunan untuk melayani konsumen saja. Namun, Anda juga memerlukan strategi dalam bentuk digital agar bisa menjangkau konsumen lebih banyak. Salah satu contoh yang kini banyak digunakan para pebisnis adalah aplikasi WhatsApp Business. Lalu apa kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business yang bisa digunakan siapa saja ini?

Saat ini banyak pebisnis yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business atau sering dikenal dengan WA Bisnis ini untuk memudahkan penjualan. Hampir semua jenis bisnis pasti menggunakan WA Bisnis, mulai dari bisnis kuliner, bisnis fashion, hingga bisnis apotek sekaligus. Salah satu contoh bisnis yang memanfaatkan WA Bisnis ini adalah Apotek K-24 yang terbukti bisa meningkatkan omzet.

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business

Aplikasi WA Bisnis merupakan aplikasi khusus perusahaan yang berfungsi untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan secara dua arah serta meningkatkan efektivitas strategi pemasaran online. Pada dasarnya, aplikasi WA Bisnis resmi dirilis pada tahun 2018 lalu dan sudah banyak orang yang menggunakannya.

Walau didesain untuk berbisnis dan perusahaan tapi WA Bisnis juga sering digunakan oleh tokoh-tokoh profesional serta narahubung. Dalam penggunaannya, WA Bisnis memiliki beberapa fitur yang diunggulkan, seperti:

  • Profil bisnis

  • Labels

  • Broadcast

  • Quick replies

  • Pesan otomatis

  • Analitik pesan

Kelebihan Whatsapp Business

Melalui beberapa fitur di atas, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business ketika Anda gunakan dalam berbisnis. Nah, berikut beberapa kelebihan WA Bisnis yang perlu untuk Anda manfaatkan dengan penuh:

  • Meningkatkan layanan bisnis, Anda bisa berkomunikasi dua arah dengan pelanggan sehingga meningkatkan kepuasan. Selain itu, dapat memberikan informasi bisnis secara real time dan cepat.

  • Tersedia katalog produk, sehingga pelanggan dapat melihat produk yang ditawarkan secara rinci.

  • Tidak memerlukan biaya yang banyak, Anda hanya tinggal meng-install di smartphone. Hal ini bisa menghemat biaya pengeluaran bisnis.

  • Jangkauan pasar semakin luas dan Anda juga dapat meningkatkan brand awareness perusahaan secara maksimal.

  • Memudahkan jalinan komunikasi dengan pelanggan sehingga mereka nyaman dan puas dengan pelayanan.

Kekurangan Whatsapp Business

Kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business tentu juga ada kekurangan yang perlu Anda waspadai. Beberapa kekurangan ini mungkin bisa menghambat aktivitas penjualan yang Anda lakukan, contohnya:

  • Tidak bisa mengganti nama akun WA Bisnis.

  • Jumlah device atau perangkat untuk WA bisnis terbatas, hanya dua perangkat yang berbeda.

  • Nomor telepon bisnis tidak bisa diubah dan bersifat permanen.

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan untuk bisnis Anda. Walau terdapat keterbatasan dalam menggunakannya, rasanya akan rugi jika Anda meninggalkan WA bisnis ini.

Contohnya setiap gerai Apotek K-24 yang ada di Indonesia pasti memiliki WA Bisnis untuk melayani konsumen secara online. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan dan omzet sekaligus. Sebab, semakin puas pelanggan, maka semakin besar juga omzet yang dihasilkan.

Nah, jika Anda ingin memiliki bisnis yang sudah menggunakan perangkat digital seperti Apotek K-24 ini, langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat