Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Apotek yang Lebih Sukses

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Apotek yang Lebih Sukses

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Apotek yang Lebih Sukses

  • April 02, 2024

Dewasa ini, menjalankan bisnis apotek tanpa strategi digital marketing agaknya sudah sangat kuno dan ketinggalan zaman. Sebab, kini persebaran informasi melalui internet sudah sangat massif dan sayang sekali kalau tidak Anda manfaatkan dengan baik. Ini karena pengguna internet di Indonesia ini semakin meningkat tiap tahunnya, di mana kini lebih dari 77% warga Indonesia sudah menggunakannya.

Banyaknya pengguna internet membuat Anda sebagai pebisnis di bidang apotek juga harus melakukan digital marketing agar bisa meningkatkan pemasaran dan penjualan apotek. Bahkan, banyak yang mengatakan kalau dengan menerapkan digital marketing, apotek bisa memperluas daerah pemasarannya dengan biaya (cost) yang lebih rendah. Cukup menguntungkan bukan?

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Apotek

Perkembangan pasar digital memang sangat massif dan cepat. Apabila Anda tidak mengikutinya, maka bisnis Anda tidak akan bisa berkembang dengan baik. Selain itu, banyak manfaat dari melakukan digital marketing, yaitu:

  • Pemasaran luas tapi dengan biaya yang terbilang lebih rendah.

  • Jangkauan pelanggan atau konsumen lebih luas.

  • Sarana untuk melakukan branding apotek.

  • Bisa meningkatkan penjualan dan omzet apotek

  • Dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan edukasi atau promo menarik.

Oleh karena itu, memanfaatkan platform-platform untuk digital marketing kini menjadi salah satu jalan keluar untuk mengembangkan bisnis apotek. Namun, tentu saja Anda memerlukan strategi digital marketing yang baik, contohnya adalah:

Manfaatkan Fitur di WhatsApp (WA)

Whatsapp (WA) adalah aplikasi dan media komunikasi yang sangat populer di kalangan masyarakat, baik dari anak-anak hingga orang tua pasti menggunakannya. Nah, apotek Anda bisa memanfaatkan fitur Whatsapp Business yang memang didesain secara khusus untuk keperluan bisnis dan promosi produk.

Melalui WA Business ini nantinya akan memungkinkan untuk mengirim pesan, dokumen, gambar, dan video secara gratis. Selain itu, Anda juga bisa menyusun katalog produk untuk keperluan promosi, follow-up pembelian pelanggan, atau konten edukasi. Artinya, fitur WA untuk kebutuhan bisnis ini cukup lengkap dan menguntungkan.

Optimalkan Penggunaan Media Sosial

Strategi digital marketing tidak akan dikatakan strategi kalau tidak menggunakan media sosial. Oleh karena itu, Anda perlu memanfaatkan media sosial yang ada, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan X untuk melakukan pemasaran. Caranya adalah dengan memvariasikan dan mengoptimalkan konten agar promosi bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Gunakan Google Business

Selain WA Business, ada juga alat Google Business yang dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas bisnis apotek yang ada. Dengan Google Business ini, informasi tentang bisnis apotek Anda akan lebih mudah dicari banyak orang karena terdaftar dalam search engine. Selain itu, Anda juga bisa memasang berbagai informasi, seperti alamat, jam operasional, kontak yang bisa dihubungi, dan deskripsi apotek.

Optimalkan Website Apotek

Dalam memaksimalkan strategi digital marketing, Anda juga harus mau untuk mengoptimalkan website khusus apotek. Website apotek ini nantinya bisa dikelola secara mandiri oleh pihak apotek. Sama dengan Google Business, website juga berguna untuk meningkatkan visibilitas bisnis apotek.

Bahkan, dengan website, apotek bisa memberi informasi yang berkaitan dengan apotek, seperti promosi khusus, katalog online, layanan apotek, pencapaian apotek, dan lain sebagainya. Artinya, Anda bisa melakukan marketing bersamaan dengan branding sekaligus. Tidak hanya itu saja, dengan website Anda bisa membuat tampilan sesuai dengan identitas perusahaan.

Melakukan strategi digital marketing di atas memang membutuhkan usaha keras karena tidak semua bisa langsung dijalankan secara bersamaan. Kecuali jika Anda sudah memiliki tim digital marketing yang bisa memegang setiap platform, maka mengelola digital marketing apotek akan semakin mudah.

Pengelolaan strategi digital marketing ini akan semakin mudah jika Anda memilih untuk menggunakan franchise Apotek K-24. Kenapa bisa demikian? Apotek K-24 sudah memiliki tim sendiri yang bertugas untuk menjalankan digital marketing.

Artinya, Anda sebagai franchisee Apotek K-24 tidak perlu repot-repot memikirkan strategi marketing karena sudah dibantu oleh pihak franchisor. Ingin bisnis yang mudah? Langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat