Strategi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan saat Lebaran!

Strategi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan saat Lebaran!

Strategi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan saat Lebaran!

  • April 08, 2024

Bagi beberapa jenis bisnis mungkin akan sepi pengunjung ketika momen lebaran berlangsung. Sebab, masyarakat akan sibuk berkumpul dengan keluarga atau menikmati liburan bersama keluarga di daerah lain. Oleh karena itu, untuk mempertahankan bisnis, Anda mungkin membutuhkan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan ketika berjalannya momen lebaran.

Walaupun kebutuhan masyarakat akan meningkat drastis ketika menjelang lebaran, tapi tidak semua bisnis akan ramai dengan pengunjung. Ada beberapa bisnis yang biasanya akan ramai konsumen, seperti fashion, makanan, hampers, supermarket, dan alat ibadah. Namun, bagaimana dengan bisnis yang kurang dibutuhkan ketika lebaran berlangsung?

Strategi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Persaingan bisnis ketika lebaran berlangsung ternyata akan semakin ketat. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang berlomba-lomba untuk menawarkan produk/jasa secara besar-besaran untuk menarik perhatian konsumen.

Sebab, tanpa strategi penjualan yang matang, risiko bisnis Anda tersingkir oleh pesaing sangatlah besar. Inilah yang membuat strategi pemasaran harus disusun dengan matang dan efektif agar bisnis Anda bisa bertahan dan mampu dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Nah, berikut ada beberapa strategi marketing untuk meningkatkan penjualan yang bisa Anda lakukan saat menjelang atau berlangsungnya lebaran:

Buat Konten yang Informatif dan Menarik

Hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membuat konten informatif dan menarik lalu sebarkan melalui sosial media. Konten yang informatif ini nantinya akan memberikan nilai tambah di mata masyarakat.

Anda bisa menyusun sebuah konten yang berupa artikel, gambar, atau video yang berhubungan erat dengan lebaran dan produk yang Anda tawarkan. Hal ini untuk menciptakan kebutuhan masyarakat agar mereka tertarik untuk menggunakan produk/jasa Anda.

Berikan Hadiah dengan Tema Lebaran

Memberikan hadiah dari kuis atau challenge yang diberikan dengan tema lebaran bisa menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan penjualan, lho. Adanya hadiah ini nantinya bisa meningkatkan minat masyarakat untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan. Selain itu, aktivitas ini juga bisa Anda gunakan untuk mendapatkan data konsumen dan preferensi konsumen yang sebenarnya.

Mengadakan Promo Khusus Lebaran

Strategi marketing untuk meningkatkan penjualan selama lebaran yang banyak digunakan para pebisnis adalah mengadakan promosi berupa diskon atau potongan harga. Masyarakat sangat menyukai kata “diskon” atau “potongan harga” karena ini bisa memberikan rasa untung pada benak konsumen.

Selain bisa menarik perhatian, promo diskon atau potongan harga ini juga bisa meningkatkan loyalitas masyarakat terhadap bisnis Anda. Nah, untuk memperluas jaringan promosi ini, Anda bisa memanfaatkan fitur broadcast pada WhatsApp atau iklan berbayar di sosial media.

Analisis Tren Pasar

Oh iya, sebelum melakukan berbagai aktivitas strategi marketing untuk meningkatkan penjualan selama lebaran, jangan lupa untuk menganalisis tren pasar yang ada dulu, ya. Melalui analisis ini, nantinya Anda akan bisa memahami keadaan pasar dan kebutuhan masyarakat lebih dalam.

Hal ini untuk menyesuaikan promo produk yang cocok untuk ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan. Analisis pasar ini bisa menjamin promo yang ditawarkan akan sampai pada target pasar dengan efektif dan tepat sasaran.

Dalam menghadapi momen lebaran ini memang membutuhkan tenaga, waktu, dan strategi ekstra untuk menghadapi persaingan bisnis yang cukup ketat. Namun, kalau Anda menggunakan suatu franchise seperti franchise Apotek K-24, maka Anda tidak perlu memikirkan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan.

Sebab, nantinya pihak franchisor sudah menyusun strategi pemasaran yang cocok untuk produk/jasa dan tren lebaran masa kini. Jadi, ingin bisnis yang tanpa ribet? Langsung saja hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat