Manajemen Risiko Usaha: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Manajemen Risiko Usaha: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Manajemen Risiko Usaha: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

  • May 02, 2024

Banyak yang mengatakan manajemen risiko usaha berperan penting dalam mencegah kegagalan ketika Anda mengelola sebuah bisnis. Sayangnya, tidak semua orang bisa menyusun atau menganalisis risiko bisnis dengan baik. Oleh karena itu, banyak pengusaha yang memilih untuk merekrut orang yang lebih ahli untuk melakukannya.

Sebagai seorang pebisnis nantinya Anda pasti akan menghadapi berbagai tantangan besar atau kecil. Walau berbeda besar risikonya, tapi berbagai tantangan ini sama-sama bisa menjadi alasan bisnis Anda berakhir pada kegagalan karena tidak bisa dalam menghadapinya. Hal ini tentu sudah jadi risiko utama ketika Anda memasuki dunia bisnis dan berencana untuk membangun perusahaan.

Apa itu Manajemen Risiko Usaha?

Pada dasarnya, risiko dapat diartikan sebagai akibat yang tidak diinginkan atau bisa juga disebut dengan hambatan atau kendala. Oleh karena itu, risiko biasanya digunakan untuk menjelaskan potensi terjadinya sesuatu yang berdampak buruh, entah untuk diri sendiri atau suatu entitas usaha.

Lebih jelasnya, manajemen risiko adalah berbagai prosedur untuk meminimalisir keadaan yang dapat menurunkan kapasitas dan kualitas perusahaan atau bisnis. Maka dari itu, manajemen risiko ini biasanya berupa proses mengawasi, mengelola, dan mengambil keputusan.

Jadi, tidak heran kalau dalam konteks bisnis, manajemen risiko merupakan usaha-usaha yang dilakukan untuk menghindari risiko dengan berbagai cara. Nah, sebagai pengusaha sendiri memahami proses manajemen risiko ini menjadi keahlian yang sangat esensial untuk keberlangsungan bisnis.

Tujuan Manajemen Risiko Usaha

Usaha-usaha dalam manajemen risiko tentu saja memiliki banyak tujuan karena keberadaannya sangat penting untuk masa depan bisnis. Sebab, tujuan utama dari manajemen risiko sendiri adalah untuk menjamin bahwa suatu bisnis bisa memahami, mengukur, serta mengawasi berbagai risiko dan memastikan kebijakan yang dibuat dapat mengendalikan risiko yang ada.

Menggunakan manajemen risiko ini membuat Anda bisa memprediksi bahaya yang tidak menyenangkan sehingga dengan pertimbangan yang matang Anda bisa menghadapinya. Secara tidak langsung, hal ini dapat membantu dalam mencegah kerugian atau kebangkrutan usaha.

Selain itu, ada manfaat manajemen risiko usaha lainnya, seperti:

  • Meminimalkan kerugian dari berbagai risiko yang tidak terkontrol

  • Menjamin perusahaan agar tetap hidup dan berkembang sesuai dengan rencana.

  • Penggunaan biaya yang lebih efisien dan efektif/

  • Memberikan rasa aman terhadap usaha yang dijalankan.

  • Pendapatan perusahaan bisa stabil dan bisa memberikan kepuasan pada semua pihak yang terlibat.

Manfaat Manajemen Risiko Usaha

Walau perlu tahapan yang cukup panjang tapi proses manajemen risiko ini merupakan komponen yang memberikan manfaat yang besar. Sebab, terlihat dari tujuannya yang sudah jelas bahwa manajemen risiko ini sangat penting untuk melindungi bisnis Anda dari berbagai masalah yang bisa terjadi.

Selengkapnya, berikut beberapa manfaat dari manajemen risiko usaha yang perlu Anda ketahui:

  • Mendukung perusahaan dalam mencapai visi dan misi.

  • Mencegah perusahaan agar tidak mengalami kolaps atau gulung tikar.

  • Meningkatkan keuntungan perusahaan.

  • Menjaga kepercayaan stakeholder sehingga reputasi bisnis Anda akan tetap terjaga.

Itulah penjelasan singkat mengenai manajemen risiko usaha yang keberadaannya begitu penting dalam menjamin kesehatan bisnis Anda di masa depan. Dalam melakukan manajemen risiko memanglah tidak mudah karena membutuhkan skill yang perlu diasah setiap saat.

Namun, menghadapi masalah bisnis akan terasa lebih mudah ketika Anda memilih berbisnis bersama franchise Apotek K-24. Ingin tahu rasanya? Langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat