Bagaimana Memilih Pedagang Besar Farmasi di Indonesia?

Bagaimana Memilih Pedagang Besar Farmasi di Indonesia?

Bagaimana Memilih Pedagang Besar Farmasi di Indonesia?

  • May 17, 2024

Dalam menjalankan bisnis apotek tentu saja Anda membutuhkan Pedagang Besar Farmasi atau sering disebut dengan PBF untuk memberi stok obat. Sayangnya, memutuskan untuk bekerja sama dengan PBF tertentu ini tidak boleh sembarangan, ya karena berhubungan dengan produk kesehatan. Lalu bagaimana cara memilih Pedagang Besar Farmasi di Indonesia?

Keberhasilan bisnis apotek tentu saja bergantung pada ketersediaan produk obat dan alat kesehatan yang Anda tawarkan. Semakin lengkap obat yang ada, maka semakin meningkat pula kepuasan konsumen karena kebutuhannya terpenuhi. Padahal, ketersediaan stok di apotek ini sangat bergantung dengan kerja sama PBF yang Anda miliki.

Pertimbangan Memilih Pedagang Besar Farmasi di Indonesia untuk Bisnis Apotek

Berbicara mengenai produk obat tentu terbilang cukup rentan karena berhubungan langsung dengan kondisi kesehatan masyarakat. Salah memberikan obat saja bisa memberikan efek samping yang tidak diinginkan, seperti tercemarnya nama baik apotek.

Oleh karena itu, apotek bertanggung jawab langsung dan di bawah naungan Kementerian Kesehatan RI dan juga BPOM. Begitu pula dengan PBF yang akan dipilih sebagai sumber stok obat ke depannya. Nah, berikut beberapa cara memilih Pedagang Besar Farmasi di Indonesia yang perlu diketahui:

Akses ke PBF

Kriteria yang paling harus diperhatikan dalam memilih PBF adalah kemudahan apotek dalam mengakses distributor obat tersebut. Sebab, tidak semua apotek pasti berada di tengah-tengah kota, ada juga apotek yang di desa atau pinggiran kota.

Nah, kalau apotek Anda berada jauh dari pusat kota, Anda bisa mencari PBF yang menyediakan fasilitas pemesanan online. Ini dapat mempermudah akses Anda terhadap produk-produk farmasi yang dibutuhkan sehingga pemesanan lebih cepat dan bisa dilakukan kapan saja.

Harga dan Promosi

Selain aksesibilitas, Anda juga perlu memperhatikan diskon atau promosi yang diberikan oleh PBF. Sebab, harga beli di PBF ini nantinya akan mempengaruhi harga jual obat apotek agar bisa lebih kompetitif, apalagi obat yang fast moving. Jadi, tidak ada salahnya kalau Anda membandingkan satu PBF dengan PBF lainnya untuk mendapatkan produk obat terbaik.

Fleksibilitas dalam Pembayaran

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih Pedagang Besar Farmasi di Indonesia selanjutnya adalah fleksibilitas tempo pembayaran. Nah, ketika distributor mampu memberikan fleksibilitas dalam tempo pembayaran, apotek Anda pasti akan merasa terbantu. Meskipun demikian, Anda tetap harus bertanggung jawab untuk membayar faktur yang sudah jatuh tempo, ya.

Kepastian pada Jadwal Pengiriman

Ketersediaan obat yang selalu ada pasti menjadi harapan para konsumen. Oleh karena itu, Anda perlu mencari PBF yang bisa mengirimkan obat tepat waktu agar tidak terjadi kekosongan stok. Selain itu, kepastian jadwal pengiriman juga perlu dipertimbangkan agar Anda dapat merencanakannya dengan baik.

Kebijakan Retur dari PBF

Setiap PBF pasti memiliki kebijakan masing-masing mengenai retur barang. Nah, hal ini menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih Pedagang Besar Farmasi di Indonesia. Sebab, ada PBF yang memang memperbolehkan retur tapi ada juga yang tidak boleh sama sekali.

Jadi, sebelum memilih distributor, kenali terlebih dahulu ya kebijakan returnya agar Anda tidak merasa dirugikan. Sebab, kebijakan retur ini akan berpengaruh jika tiba-tiba Anda mendapatkan produk yang rusak atau mendekati ED.

Pemilihan distributor obat ini sangat penting, ya karena mempengaruhi keberhasilan bisnis apotek Anda di masa depan. Oleh karenanya, jangan sampai Anda sembarangan ketika mempertimbangkannya.

Nah, kalau Anda ingin lebih mudah dalam memilih Pedagang Besar Farmasi di Indonesia, percayakan saja dengan franchise Apotek K-24. Sudah berkecimpung lebih dari 20 tahun tentu membuat Apotek K-24 sudah memiliki kerja sama dengan PBF tertentu.

Jadi, ingin bisnis yang lebih mudah? Hubungi saja hotline franchise Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat