4 Penyebab Bisnis Bangkrut yang Harus Dihindari dan Diantisipasi

4 Penyebab Bisnis Bangkrut yang Harus Dihindari dan Diantisipasi

4 Penyebab Bisnis Bangkrut yang Harus Dihindari dan Diantisipasi

  • Jun 11, 2024

Mengalami kebangkrutan sebenarnya hal yang biasa terjadi karena ada dua kemungkinan, yaitu bisnis sukses atau malah gulung tikar. Meski biasa terjadi, mengalami kebangkrutan pada bisnis tentu dapat menjadi peristiwa yang traumatis, apalagi jika Anda masih baru dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu mengenali beberapa penyebab bisnis bangkrut yang mungkin sering terjadi.

Kebangkrutan tidak hanya terjadi pada bisnis-bisnis kecil atau baru saja, lho. Sebab, bisnis yang sudah besar sekalipun tetap berisiko mengalami kebangkrutan dan hilang dari eksistensi. Bisnis yang gulung tikar bukan terjadi begitu saja karena ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab utama. Lantas, apa saja yang perlu Anda hindari ketika mengelola bisnis agar tidak terjadi kebangkrutan?

Penyebab Bisnis Bangkrut yang Harus Dihindari

Ada banyak indikator yang dapat menyebabkan bisnis bangkrut, ini bisa datang dari dalam perusahaan atau luar perusahaan. Artinya, kebangkrutan dapat terjadi karena hal yang Anda lakukan sendiri atau ada faktor dari luar yang mempengaruhinya.

Berikut beberapa faktor penyebab kebangkrutan bisnis yang perlu Anda waspadai dengan awas:

Permasalahan Arus Kas

Salah satu masalah yang sering terjadi tapi sering dilupakan adalah manajemen keuangan yang buruk. Padahal, keuangan merupakan inti dari jalannya sebuah bisnis. Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah permasalahan arus kas yang menjadi penyebab bisnis bangkrut.

Umumnya, hal tersebut akan ditandai dengan uang kas masuk yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional. Ketidakmampuan finansial dalam membayar tagihan dan mengelola uang dapat membuat kekurangan dana secara signifikan.

Angka Penjualan Menurun

Kas yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan operasional bisnis biasanya disebabkan karena angka penjualan yang menurun. Apalagi jika penurunan penjualan dan omzet bulanan ini mengalami penurunan secara signifikan. Angka penjualan yang menurun dapat dipengaruhi karena beberapa hal, seperti ketatnya persaingan bisnis, kurangnya promise, tidak ada inovasi, dan lain sebagainya.

Beban Utang Meningkat

Nah, ketika penjualan menurun dan kas bisnis tidak bisa menutupi biaya operasional, biasanya banyak pebisnis yang memilih untuk mengambil utang dari pihak-pihak tertentu. Padahal memiliki utang untuk menutupi biaya operasional tanpa perencanaan ini sebenarnya bisa menjadi penyebab bisnis bangkrut.

Sebab, ketika Anda tidak dapat mengembalikan utang-utang tersebut, maka beban utang pun bisa semakin tinggi. Kegagalan dalam mengelola utang ini dapat membuat tekanan keuangan yang serius. Tidak hanya itu saja, inflasi juga dapat mempengaruhi kemampuan Anda dalam membayar utang.

Tidak Mampu Bersaing secara Efektif

Berkembangnya teknologi memang berjalan dengan pesat, begitu pula dengan persaingan bisnis yang selalu bertambah ketat. Ketidakmampuan dalam mengantisipasi persaingan baru yang muncul di pasar ini bisa menjadi salah satu penyebab bisnis bangkrut yang paling utama.

Tidak mampunya dalam bersaing ini biasanya ditandai dengan gagalnya inovasi atau justru tidak mampu dalam berinovasi. Kondisi ini akan membuat bisnis Anda mengalami penurunan daya tarik. Nah, kehilangan pangsa pasar ini bisa mengganggu stabilitas keuangan dan manajemen bisnis Anda.

Itu dia beberapa hal yang dapat menjadi pendorong kebangkrutan sebuah bisnis yang perlu Anda waspadai. Risiko bangkrut di atas sebenarnya dapat diminimalisir dengan beberapa hal, salah satunya berbisnis bersama franchise Apotek K-24.

Ingin mencoba bisnis dengan risiko kerugian dan penyebab bisnis bangkrut yang minim? Yuk, langsung hubungi saja hotline franchise Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat