Memulai Bisnis dari Nol dan Sendiri, Apakah Ada Kekurangannya?

Memulai Bisnis dari Nol dan Sendiri, Apakah Ada Kekurangannya?

Memulai Bisnis dari Nol dan Sendiri, Apakah Ada Kekurangannya?

  • Jun 26, 2024

Memulai bisnis dari nol dengan cara mandiri memang memiliki kebebasan dan kelebihan tersendiri. Sayangnya, membuka usaha dari nol ini memiliki berbagai risiko yang perlu diwaspadai, baik saat memulainya atau ketika mulai mengelolanya. Saking banyaknya risiko ini, tidak sedikit orang yang merasa terintimidasi ketika harus membuka sebuah bisnis.

Hampir kebanyakan orang mungkin memiliki impian untuk memiliki bisnisnya sendiri. Sebab, dalam waktu tertentu mulai dari bisnis ini, Anda bisa memiliki financial freedom yang memungkinkan Anda tidak perlu khawatir saat hari tua nanti. Namun, ketika harus membuka bisnis dari nol, banyak sekali hal-hal yang perlu dipersiapkan dan tidak boleh lalai.

Kekurangan Memulai Bisnis dari Nol dan Sendiri

Nah, apabila Anda tetap memilih untuk membuka bisnis dengan cara mandiri dan dari nol, Anda perlu menyiapkan mental, lho. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika Anda ingin membuka bisnis dengan cara mandiri, contohnya:

Strategi Bisnis Belum Tentu Efektif

Hal yang harus Anda persiapkan ketika akan membangun bisnis adalah bagaimana strategi yang perlu dirancang agar cocok dengan usaha. Oleh karena itu, membangun strategi ini biasanya perlu dilakukan dengan cara coba-coba.

Nah, tanpa panduan yang tepat, strategi bisnis ini belum bisa dikatakan dapat berjalan secara efektif. Anda perlu melihat perkembangan bisnis selama beberapa periode untuk bisa menentukan apakah efektif atau tidak.

Risiko Gagal Lebih Tinggi

Kekurangan dari memulai bisnis dari nol dan sendiri yang selanjutnya adalah risiko kegagalan yang lebih tinggi. Bagi Anda yang masih baru dalam dunia bisnis, membuka bisnis dengan cara sendiri ini perlu memperhitungkan segala aspek, mulai dari modal, pihak pemasok, bangunan, lokasi, perizinan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, wajar saja jika bisnis yang Anda jalani akan berisiko untuk gagal lebih tinggi.

Banyak Hal-hal Tak Terduga

Dunia bisnis pasti terhubung dengan variabel-variabel lainnya, seperti geopolitik negara, resesi negara, kondisi sosial budaya masyarakat, politik, dan tren yang berkembang. Hal-hal yang tak pernah terpikirkan ini ternyata berpengaruh besar terhadap laju bisnis, lho.

Jadi, selain memperhatikan manajemen dan strategi untuk mengembangkan bisnis, Anda juga harus awas dengan sedang apa yang sedang terjadi di masyarakat. Sebab, berbagai peristiwa yang terjadi ini bisa berdampak pada kondisi bisnis.

Menghabiskan Banyak Waktu

Membangun bisnis memang membutuhkan waktu yang fleksibel. Sayangnya, ini juga bisa menjadi salah satu kekurangan memulai bisnis dari nol. Biasanya Anda akan sibuk mengurus bisnis mulai dari bangun tidur hingga waktu tidur tiba kembali.

Tanpa disadari, Anda menggunakan sebagian besar waktu Anda hanya untuk mengurus bisnis agar usaha bisa segera settle. Oleh karena itu, Anda membutuhkan kemampuan untuk mengatur waktu agar tidak terbuang sia-sia hanya untuk mengurus bisnis saja.

Nah, itu dia beberapa kekurangan memulai bisnis dari nol yang perlu Anda waspadai. Jikalau ingin menghindari poin-poin di atas, Anda bisa beralih berbisnis menggunakan franchise Apotek K-24. Di mana bisnis dengan franchise ini akan mengurangi risiko kegagalan.

Ingin mencobanya? Hubungi saja hotline franchise Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat