4 Cara Membuat Franchise Sukses, Wajib Tahu!

4 Cara Membuat Franchise Sukses, Wajib Tahu!

4 Cara Membuat Franchise Sukses, Wajib Tahu!

  • Jul 10, 2024

Bagi Anda yang misal masih akan memulai bisnis, franchise memang jadi pilihan yang tepat jika ingin lebih mudah dalam mengelolanya. Sebab, bisnis franchise dianggap sebagai cara memulai bisnis yang paling aman karena risikonya yang kecil. Meskipun demikian, Anda tetap perlu menerapkan cara membuat franchise sukses agar bisnis bisa jalan dalam waktu panjang.

Seperti bisnis pada umumnya, membuka bisnis dengan franchise tetap memerlukan usaha yang cukup keras agar bisa berkembang tiap periodenya. Walaupun risikonya lebih kecil, tapi tetap diperlukan ketekunan dan fokus yang tinggi agar bisnis franchise bisa mencapai tujuan. Jadi, terus belajar ini sangat diperlukan, ya, selain mengurus bisnis yang ada.

4 Cara Membuat Franchise Sukses

Pada dasarnya, franchise merupakan sistem pemasaran yang digunakan oleh pemilik merek untuk memperluas bisnisnya. Namun, pengguna merek tetap mendapatkan keuntungan karena bisnis yang dijalankan akan terbilang lebih mudah.

Kendati demikian, untuk mencapai bisnis yang sukses, Anda perlu melakukan usaha-usaha yang bisa memajukan bisnis, seperti berikut ini:

Pilih Lokasi yang Strategis

Kunci utama dari bisnis yang sukses dan bertahan lama adalah lokasi strategi yang bisa mendatangkan banyak konsumen. Meski Anda sudah menggunakan merek bisnis yang sudah terkenal tapi akan sia-sia kalau lokasi yang dipilih tidaklah strategi.

Oleh karena itu, cara membuat franchise sukses yang pertama adalah mencari lokasi yang ramai dan cocok dengan profil jenis bisnis. Untuk mendapatkan tempat yang cocok, Anda perlu melakukan analisis pasar dan survey lapangan secara langsung. Ketika Anda sudah melihat lokasi secara langsung, maka Anda bisa membayangkan bisnis yang akan dibangun.

Kenali Potensi Pasarnya

Sebelum memilih franchise, ketahui segmentasi pasar bisnis terlebih dahulu, ya. Kenali daya beli, kebutuhan, dan minat dari masyarakat setempat yang ada di lokasi setempat. Jangan sampai segmen pasar ini berbeda dengan target yang dipilih. Analisis pasar tentu sangat diperlukan karena nantinya akan berhubungan dengan berapa lama pengembalian modal dan bisnis bisa bertahan.

Tetapkan Goals dan Siapkan Perencanaan Bisnis

Cara membuat franchise sukses yang selanjutnya adalah menyiapkan perencanaan bisnis sekaligus dengan goals. Menggunakan franchise memang membuat Anda perlu mengikuti sistem yang sudah ada. Namun, tidak ada salahnya untuk memberikan sentuhan khas dan ide tambahan dari Anda, lho.

Nah, apabila Anda ingin melakukan beberapa modifikasi, Anda perlu berkonsultasi dengan pemilik merek terlebih dahulu, ya. Dengan melakukan hal ini, bisnis franchise Anda mungkin bisa melebihi franchise lainnya dengan merek yang sama, lho.

Meningkatkan Layanan Konsumen

Kalau sudah mempersiapkan goals dan perencanaan yang tepat untuk bisnis tapi gagal saat melayani konsumen, maka ini akan percuma saja. Sebab, melayani konsumen yang baik jadi salah satu cara membuat franchise sukses.

Sebab, dengan pelayanan yang tepat, ini bisa menarik konsumen untuk menjadi pelanggan tetap. Seperti yang Anda tahu, pelanggan bisa jadi sumber omzet dari bisnis yang Anda kelola. Jadi, kalau Anda sudah memiliki rancangan yang tepat, jangan sampai pelayanan bisnisnya kurang, ya.

Nah, kalau sudah memiliki cara-cara yang tepat untuk membuat bisnis sukses, maka Anda juga perlu jenis franchise yang cocok. Contohnya saja franchise Apotek K-24 yang selalu berkembang tiap tahunnya. Selain itu, franchise Apotek K-24 juga sudah berjalan sejak lama sehingga sistem sudah terintegrasi dengan banyak hal, mulai dari IT, operasional, rekrutmen pegawai, pelatihan, dan lain sebagainya.

Penasaran untuk mencobanya? Yuk, segera hubungi hotline franchise Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. Demikian ulasan tentang cara membuat franchise sukses, semoga bermanfaat!

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat