4 Kriteria Bisnis yang Sukses untuk Franchise untuk Pertimbangan

4 Kriteria Bisnis yang Sukses untuk Franchise untuk Pertimbangan

4 Kriteria Bisnis yang Sukses untuk Franchise untuk Pertimbangan

  • Jul 18, 2024

Dalam dunia bisnis hanya akan ada dua kemungkinan, yaitu bisnis gagal dan bangkrut atau bisnis yang sukses dan berhasil. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengenali mana bisnis yang sukses atau bisnis yang stagnan saja. Padahal, pengenalan ini penting untuk dijadikan referensi, apalagi kalau Anda akan memilih waralaba. Lalu seperti apa kriteria bisnis yang sukses yang cocok untuk franchise?

Kemungkinan untuk bangkrut pada sebuah bisnis memang sangat bisa, maksudnya 50/50 antara gagal atau sukses. Namun, kalau semisal Anda masih baru dalam dunia bisnis, ada bisnis yang memiliki risiko lebih kecil, yaitu sistem bisnis franchise. Sayangnya, sebelum menggunakannya, Anda tetap harus memilih franchise yang cocok dengan profil Anda.

Kriteria Bisnis yang Sukses untuk Franchise

Nah, dalam memilih brand apa yang akan dijadikan sebagai bisnis franchise, perlu dilakukan analisis karena tidak boleh sembarangan dalam menentukannya. Sebab, salah sedikit saja dalam memilih franchise bisa berakhir pada maut.

Berikut beberapa indikator yang perlu diperhatikan ketika memilih bisnis franchise:

Brand yang Kuat dan Terpercaya

Merek atau brand menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan ketika akan menggunakan franchise. Sebab, keberadaan merek inilah yang nantinya akan mengurangi risiko kegagalan saat Anda berbisnis di masa depan.

Brand yang besar jadi kriteria bisnis yang sukses karena ini menjadi tanda kalau bisnis Anda sudah dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Semakin masyarakat mengenal bisnis Anda, maka semakin tinggi pula jumlah konsumen potensial yang ada.

Minim Risiko

Ketika Anda sudah memiliki bisnis dengan merek yang besar, maka risiko untuk gagal akan berkurang. Selain sudah memiliki pasarnya sendiri, brand yang besar artinya sudah memiliki sistem operasional yang efektif dan manajemen yang baik.

Artinya, dalam mengelola bisnis ini, Anda sudah tidak perlu coba-coba karena telah menemukan operasional dan manajemen yang cocok. Hanya saja ketika ada perubahan atau perkembangan teknologi, Anda tinggal beradaptasi lagi. Inilah yang membuat bisnis bisa berjalan dalam waktu lama karena risiko besarnya sudah terlewati.

Produknya Tidak Mudah Terpengaruh Tren

Kriteria bisnis yang sukses selanjutnya adalah memiliki produk/jasa yang tidak mudah terpengaruh dengan tren yang berkembang di masyarakat. Tren memang penting untuk sebuah bisnis tapi tren juga tidak menjamin penjualan aka nada terus.

Sebab, biasanya tren hanya akan menaikkan penjualan dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memiliki bisnis dengan produk yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari bukan karena tren. Hal ini dapat menjamin bisnis Anda berjalan lama dan sukses.

Sistem Bisnisnya Sudah Teruji

Memiliki sistem bisnis yang sudah teruji terbukti menjadi kriteria bisnis yang sukses untuk franchise selanjutnya. Umumnya, bisnis untuk bisa mendaftarkan jadi franchise harus sudah berjalan beberapa waktu tahun terlebih dahulu untuk membuktikan kalau dapat memberikan laba yang stabil.

Jadi, dalam memilih franchise ini, Anda perlu mencari yang sistem bisnisnya sudah stabil dalam menghadapi pelanggan, merespon masalah, dan lain sebagainya. Sebab, sistem bisnis merupakan hal yang ditawarkan oleh franchise selain penggunaan nama merek.

Itulah beberapa kriteria bisnis yang sukses untuk franchise yang perlu dipertimbangkan matang-matang. Sebab, keberhasilan dalam memilih ini nantinya akan mempengaruhi bisnis di masa depan. Contoh franchise yang sudah masuk dalam kriteria bisnis yang sukses ini ada franchise Apotek K-24.

Kalau ingin tanya-tanya lebih lanjut tentang franchise Apotek K-24 ini, langsung hubungi hotline franchise Apotek K-24 saja di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI.

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat