Jumlah Karyawan Apotek Biasanya Membutuhkan Berapa Orang?

Jumlah Karyawan Apotek Biasanya Membutuhkan Berapa Orang?

Jumlah Karyawan Apotek Biasanya Membutuhkan Berapa Orang?

  • Sept 05, 2024

Bagi Anda yang masih baru dalam dunia bisnis atau tepatnya bisnis apotek pasti terkadang merasa bingung dengan berapa jumlah karyawan apotek yang dibutuhkan. Belum lagi kalau Anda ingin membangun apotek yang bisa buka selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, sebelum membangun apotek, kenali terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan.

Dalam menjalankan bisnis apotek tentu saja tidak bisa dilakukan dengan sendirian. Apalagi kalau Anda sebagai pemilik apotek bukan seorang apoteker sehingga membutuhkan karyawan yang kompeten. Sayangnya, dalam mengestimasi jumlah karyawan ini terbilang gampang-gampang susah karena selain melihat berat tanggung jawab, Anda juga perlu mempersiapkan biayanya.

Berapa Jumlah Karyawan Apotek yang Dibutuhkan?

Nah, apabila Anda masih bingung dalam menentukan jumlah karyawan untuk satu apotek, maka franchise Apotek K-24 bisa memberikan solusinya. Seperti yang Anda tahu, Apotek K-24 merupakan apotek yang sudah berjalan selama lebih dari 20 tahun, jadi sudah berpengalaman dalam menjalankan operasional apotek.

Sesuai dengan pengalaman yang ada, sebuah apotek minimal memiliki karyawan sebanyak 8 orang. 8 orang yang ada ini tentu saja bukan dalam posisi yang sama, ya. Sebab, masing-masing memiliki posisi dan tanggung jawabnya sendiri. Nah, untuk lebih lanjutnya, simak penjelasan berikut ini:

Apoteker

Pada posisi apoteker, jumlah karyawan apotek yang dibutuhkan adalah 2 orang. Apoteker ini nantinya bertanggung jawab terhadap operasional apotek yang dipimpinnya. Oleh karena itu, ada beberapa tugas yang perlu dijalankan, seperti:

  • Memastikan jenis produk dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan sehingga pelanggan tidak mengalami kehabisan obat.

  • Menata apotek sedemikian rupa sehingga terlihat kalau apotek memiliki produk yang lengkap.

  • Mengupayakan agar pelayanan apotek bisa berjalan dengan lancar.

  • Melaksanakan pelayanan kefarmasian, mulai dari rencana kerja, pengelolaan perbekalan farmasi, pelayanan farmasi klinik, dan pelayanan farmasi khusus.

  • Mengambil keputusan yang tepat dan mampu berkomunikasi dengan pasien atau profesi lainnya.

Asisten Apoteker

Dalam menjalankan tugasnya tentu saja apoteker tidak bertugas sendirian, ya, karena ada asisten apoteker di sebuah apotek. Jika apoteker membutuhkan 2 orang, maka jumlah karyawan apotek untuk asisten apoteker ini memerlukan 5 orang.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, tugas utama dari asisten apoteker adalah penyiapan rencana kerja kefarmasian, penyiapan perbekalan farmasi, dan penyiapan pelayanan farmasi klinik. Namun, berikut beberapa tugas dan tanggung jawab asisten apoteker lebih jelasnya:

  • Membantu apoteker dalam mengelola obat di apotek.

  • Melayani pasien yang membutuhkan obat.

  • Memberikan informasi dan edukasi mengenai obat, mulai dari penggunaannya, efek samping, hingga tindakan pencegahan.

  • Memantau stok obat di apotek.

  • Memeriksa tanggal kadaluarsa obat yang ada.

  • Mematuhi peraturan farmasi, standar etika, dan kerahasiaan pasien.

Staff Keuangan

Dalam sebuah apotek paling tidak harus ada staff keuangan agar laporan keuangan tidak terbengkalai. Jumlah karyawan apotek untuk staff keuangan ini paling tidak harus ada 1 orang. Ada beberapa tugas dan tanggung jawab dari staff keuangan, contohnya:

  • Bertanggung jawab besar terhadap administrasi keuangan apotek.

  • Memeriksa laporan penjualan setiap hari.

  • Menyusun bukti transaksi agar tertata.

  • Menyiapkan uang tunai yang dibutuhkan untuk transaksi sehari-hari.

  • Melakukan setor ke bank.

  • Membuat anggaran untuk kebutuhan operasional apotek.

  • Membuat laporan keuangan setiap bulan dan tahunan, termasuk pajak juga.

Dalam melengkapi jumlah karyawan apotek dan posisi yang diperlukan, Anda tentu perlu mencari orang yang kompeten dengan membuka rekrutmen. Sayangnya, proses rekrutmen ini biasanya membutuhkan waktu yang lama karena memerlukan langkah-langkah yang panjang.

Berbeda keadaan kalau Anda menggunakan franchise Apotek K-24, di mana nantinya akan dukungan untuk rekrutmen pegawai. Jadi, Anda tidak perlu pusing-pusing dalam mencari karyawan karena tim rekrutmen HRD lah yang akan membantu mencarikannya.

Support rekrutmen ini tentu akan diberikan selama franchise masih aktif. Selain itu, proses rekrutmen akan dilakukan secara online sehingga akan terbilang lebih cepat. Mau kenal lebih dekat dengan franchise Apotek K-24? Yuk, langsung hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. Demikian ulasan tentang jumlah karyawan apotek, semoga bermanfaat! 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat