Franchisor Adalah: Pengertian dan Tantangannya

Franchisor Adalah: Pengertian dan Tantangannya

Franchisor Adalah: Pengertian dan Tantangannya

  • May 17, 2023

Sama dengan franchisee, franchisor adalah salah satu pihak yang memiliki peran penting dalam usaha waralaba. Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis, khususnya usaha waralaba, harus mengenali konsep franchisor dengan baik terlebih dahulu. Sebab, hal ini bisa mempengaruhi Anda dalam menjalankan usaha di masa depan, baik ketika menjadi franchisee atau franchisor.

Banyak orang sudah tidak asing lagi dengan usaha franchise karena popularitasnya yang terus meningkat. Bagi orang yang mendalami dunia bisnis, berbagai konsep yang berhubungan dengan franchise mungkin sudah tidak asing lagi. Namun, untuk Anda yang baru terjun ke dunia bisnis, mungkin masih bingung dalam membedakan antara franchisee dan franchisor.

Franchisor Adalah…

Dalam skema bisnis franchise, ada dua pihak penting yang perannya sangat krusial untuk jalannya usaha, yaitu franchisee dan franchisor. Tanpa keduanya, sebuah usaha waralaba tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Jika sebelumnya, kita sudah membahas tentang franchisee, maka pada kesempatan ini bergantian pada franchisor. Franchisor yang dalam bahasa Indonesia berarti pewaralaba merupakan seseorang atau badan usaha yang memiliki dan menjual merek dagang beserta dengan sistem bisnisnya.

Singkatnya, franchisor adalah pihak yang berhak untuk memperjualbelikan HaKI yang dimilikinya. Sebagai gantinya, franchisor akan mendapatkan franchise fee dan royalty fee dari franchisee yang sudah sepakat untuk membeli sistem franchise-nya.

Ada beberapa hak dan kewajiban yang dimiliki oleh franchisor, yaitu:

  • Franchisor memiliki hak untuk pengawasan dan menerima laporan lengkap dari franchisee.

  • Franchisor wajib untuk memberi dukungan penuh kepada franchisee untuk menjalankan bisnisnya.

3 Tantangan Menjadi Franchisor

Meskipun menjadi franchisor memiliki banyak sisi positif dan keuntungan, tapi untuk mendapatkan hal tersebut tidaklah mudah. Sebab, untuk menjadi franchisor ini membutuhkan jalur yang menantang. Berikut adalah beberapa tantangan yang mungkin harus dilewati franchisor:

a. Persaingan Ketat

Tantangan pertama yang sering ditemui oleh franchisor adalah persaingan yang cukup ketat. Orang yang membangun usaha pasti memiliki pesaing dalam bidang yang sama, baik bisnis kuliner, kesehatan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, sebagai franchisor Anda juga harus membangun nama baik brand untuk menarik perhatian franchisee. Artinya, persaingan tidak hanya berbicara soal penjualan tapi juga nama baik.

b. Sulit Membuat Kualitas yang Seragam

Membuka cabang dan dikelola oleh diri sendiri mungkin terbilang cukup mudah karena masih terpusat. Berbeda pada sistem franchise, di mana franchisor memiliki banyak gerai tapi dikelola oleh pihak lain. Tantangan yang muncul adalah menyeragamkan SOP dan kualitas SDM di seluruh gerai yang ada.

Sebab, setiap lokasi pasti membutuhkan SDM, sistem bisnis, manajemen, dan strategi pasar yang cocok. Oleh karenanya, setiap gerai biasanya memiliki kualitas yang berbeda-beda.

c. Mengikat Franchisee

Tantangan ketiga saat menjadi franchisor adalah mencari dan mengikat franchisee agar tertarik dengan franchise mereka. Agar waralaba bisa sukses, Anda tidak hanya membutuhkan pelanggan tetapi juga franchisee yang bisa untuk diajak bekerja sama.

Menarik perhatian franchisee ini terbilang lebih menantang daripada menarik perhatian pelanggan. Franchisor biasanya perlu untuk menawarkan hal yang menarik, seperti bonus, diskon, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai franchisor yang perlu untuk Anda ketahui. Bagaimana, apakah Anda tertarik menjadi franchisor?

Jika tidak, hubungi saja hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk bisa menjadi franchisee yang sukses. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat