Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi, Apa Saja?

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi, Apa Saja?

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi, Apa Saja?

  • May 23, 2023

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa usaha waralaba dapat memberikan dampak besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, apa Anda tahu bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Faktor-faktor ini tentu saja bisa berkaitan dengan kondisi negara, bisnis di Indonesia, dan lain sebagainya.

Secara singkat, pertumbuhan ekonomi adalah keadaan di mana negara mengalami peningkatan pendapatan karena kenaikan produksi barang atau jasa. Selain itu, negara dikatakan mengalami pertumbuhan ketika masyarakatnya lebih produktif dan berpengaruh pada kenaikan produksi barang dan jasa di negara.

6 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu tanda bahwa negara mengalami pertumbuhan adalah berkurangnya angka pengangguran dan masyarakat yang berada dalam garis kemiskinan. Untuk mencapai hal tersebut tentu tidaklah mudah karena membutuhkan waktu yang lama dan kerja sama semua masyarakat.

Namun, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa indikator yang bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara, di antaranya:

a. Sumber Daya Alam

SDA atau kekayaan alam suatu negara menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Sumber daya ini berbentuk kesuburan tanah, kekayaan alam, mineral, sumber air, sumber kelautan, letak negara, dan lain sebagainya yang bisa diambil dari alam.

SDA bisa menjadi modal utama dalam proses produksi barang atau jasa. Namun, SDA saja tidaklah cukup untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

b. Sumber Daya Manusia

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi selanjutnya adalah sumber daya manusia suatu negara. SDM ini digambarkan sebagai individu produktif yang memiliki peran untuk menggerakkan organisasi, baik perusahaan atau institusi negara.

Cepat atau lambatnya pertumbuhan ekonomi tergantung pada sejauh mana SDM memiliki kompetensi yang memadai.

c. Kemajuan IPTEK

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ternyata juga mempengaruhi keadaan perekonomian negara. Sebab, IPTEK akan mendorong percepatan pada pembangunan negara. Selain itu, terkadang pergantian tenaga mesin canggih ini bisa meningkatkan efisiensi, kualitas, dan kuantitas.

Semakin cepat dan efektifnya pembangunan negara, maka semakin cepat juga laju pertumbuhan ekonomi negara.

d. Sosial Budaya

Aspek sosial budaya masyarakat ternyata menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini berkaitan erat dengan tingkah laku, motivasi dalam bekerja, pandangan masyarakat, dan kelembagaan masyarakat yang ada.

e. Tingkat Inflasi dan Suku Bunga

Adanya inflasi negara akan membuat kenaikan harga bahan baku yang secara otomatis akan berpengaruh pada peningkatan kebutuhan operasional perusahaan. Kondisi ini akan berdampak langsung pada penjualan dan gaji karyawan yang bisa menjadi hambatan perusahaan.

Selain inflasi, ada juga tingkat suku bunga yang memiliki pengaruh pada pertumbuhan ekonomi negara. Apabila suku bunga terlalu tinggi, maka perusahaan atau seseorang akan sungkan untuk meminjam modal atau berinvestasi. Kedua keadaan tersebut bisa mengurangi kegiatan ekonomi negara.

f. Tenaga Manajerial dan Organisasi Produksi

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang terakhir adalah tenaga manajerial dan organisasi produksi di suatu negara. Organisasi produksi ini sangat penting karena merekalah yang menggunakan faktor produksi dalam kegiatan ekonomi.

Sementara tenaga manajerial ini merupakan pihak yang mengatur kegiatan dari organisasi produksi dalam sehari-hari.

Nah, itulah beberapa faktor penting yang bisa memberikan pengaruh pada pertumbuhan ekonomi suatu negara, khususnya Indonesia. Selain mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, faktor-faktor di atas juga bisa berdampak pada jalannya usaha di Indonesia, apalagi bisnis waralaba.

Melihat penjelasan di atas, dapat Anda lihat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat apabila kegiatan ekonomi yang baik juga meningkat. Salah satu contoh untuk menciptakan kegiatan ekonomi ini adalah dengan membangun gerai apotek melalui waralaba Apotek K-24.

Tidak hanya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan obat, dengan waralaba Apotek K-24 ini Anda juga bisa membuka kesempatan kerja baru. Alhasil, jumlah pengangguran akan menurun dan produktivitas masyarakat pun meningkat.

Maka dari itu, segera hubungi hotline waralaba Apotek K-24 di 081212012424 atau akun instagram @franchisek24 untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Anda juga bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya DI SINI. 

Related post

INFO APOTEK K-24 © 2022 PT K24 Indonesia - All Rights Reversed - Beli Obat